Cara Ekstrak File Part agar Menjadi 1 Folder

Jika ingin data file di PC lebih rapi, maka Anda harus tahu bagaimana cara ekstrak file part agar menjadi 1 folder, itu bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi dan metode ini akan membantu menghemat waktu maupun tenaga. Beberapa part file akan digabung jadi satu.

Langkah ini dibutuhkan karena dalam berbagi file yang berukuran besar, seperti game misalnya, membaginya ke dalam beberapa part kompres lebih mudah untuk dikirim. Jika umumnya mengekstrak berarti menyalinnya ke beberapa file lebih kecil, teknik satu ini beda.

Anda malah menyatukan beberapa part compress yang terpisah ke dalam satu file, ini tentu lebih besar ukurannya namun jadi mudah mengaturnya. Tidak ada data yang tercecer, sehingga cepat menemukan dokumen saat diperlukan.

File yang akan diekstrak biasanya dalam bentuk RAR, yakni jenis file paling populer dan paling banyak digunakan di PC, sehingga Anda akan sering menemukannya. Tahu cara membuat, mengekstraknya, dan kebutuhannya lainnya akan membuat pekerjaan lebih efektif.

Kerja Efektif Cara Ekstrak File Part agar Menjadi 1 Folder

Anda akan menggunakan teknik ini cukup sering di PC untuk menyelesaikan beberapa tugas atau kerjaan. Keberadaan file RAR yang digunakan untuk menyimpan file lebih besar dalam arsip, dibutuhkan aplikasi lain untuk membuat maupun mengekstraknya.

WinZip adalah salah satu aplikasi paling umum digunakan di PC untuk kebutuhan mengelola RAR file. Secara khusus jika Anda membutuhkan cara mudah mengekstrak RAR dalam beberapa part menjadi 1 folder, simak penjelasannya berikut.

  • 1. Terlebih dahulu pasang WinZip di komputer Anda, ini bisa diunduh gratis melalui situsnya winzip.com.
  • 2. Selanjutnya buka arsip WinZip tempat Anda ingin mengekstrak file tersebut dan pilih semua file RAR yang perlu di ekstrak. Gunakan bantuan CRTL untuk memilih file bersamaan
  • 3. Terakhir klik kanan dan tekan ekstrak

Selain WinZip, pilihan aplikasi lain yang banyak digunakan membuat dan mengekstrak RAR di PC ada WinRAR dan 7z. Cara ekstrak beberapa part RAR file menjadi satu folder menggunakan aplikasi ini bisa Anda ikuti berikut.

1. Menggunakan WinRAR

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah memastikan WinRAR sudah terpasang di komputer, itu bisa diunduh secara online gratis. Setelah terinstal, maka cara ekstrak file part agar menjadi 1 folder bisa dilakukan sesuai tahapan berikut:

1. Membukan file yang perlu untuk diekstrak, Anda bisa masuk ke File Explorer.
2. Kemudian satukan beberapa part file rar yang ingin diekstrak menjadi satu folder penyimpanan
3. Blok semua part file rar dalam satu folder tadi, lalu klik kanan dan tekan Extract Here
4. Itu membutuhkan beberapa saat hingga file Anda selesai di ekstrak, jika sudah berakhir maka folder akan muncul

2. Menggunakan 7z

Dengan 7z, Anda juga bisa mengekstrak file dengan banyak part menjadi satu folder saja. Hasil ekstrak akan kembali menjadi satu folder dan itu tentu membuat pekerjaan atau tugas semakin efisien. Tahapannya mudah seperti berikut ini:

1. Memindahkan semua part file rar ke dalam folder yang sama
2. Kemudian pilih semua file, Anda bisa blok bersamaan dengan tekan CTRL+A di keyboard
3. Tekan klik kanan kemudian masuk ke 7-Zip
4. Lanjut ke Extract the files untuk memilih tempat Anda akan menyimpan hasil ekstraksi nantinya
5. Tentukan di mana lokasinya dan pilih OK untuk mengakhiri proses ekstraksi
6. Setelah beberapa momen, Anda akan mendapatkan satu folder baru yang berisi semua part file rar sebelumnya.

Dari semua aplikasi ini, beberapa part file rar akan mudah dan sukses diekstrak ke dalam satu folder. Mengingat bahwa metode ini akan mempermudah alur kerja jadi kian efektif, jadi lebih baik manfaatkan saja cara ekstrak file part agar menjadi 1 folder dengan app pilihan.

Originally posted 2021-10-08 10:27:59.