Cara Mengatasi Memori Penuh

kromo

Ketika ponsel kesayangan Anda semakin melambat, maka tahu cara mengatasi memori penuh bisa menjadi salah satunya. Cukup mengesalkan kadang ketika ponsel kepenuhan, karena beberapa fungsinya jadi kurang optimal.

Sudah menjadi kejadian umum bahwa seiring bertambahnya lama pemakaian, maka ukuran data dan dokumen yang tersimpan di iPhone akan bertambah banyak. Setiap aplikasi dapat menghabiskan ruang sangat besar meskipun ukuran aplikasi kecil.

Setiap aktivitas yang Anda lakukan pada smarthphone tersebut, itu akan meninggalkan data dan bisa tersimpan di memori ponsel sehingga semakin lama akan menumpuk kemudian menghabiskan ruang penyimpanan.

Pemilik harus rutin membersihkan data atau dokumen tidak penting, menghapus sejumlah file untuk menjaga ruang penyimpanan tetap tersedia. Terlebih performa iPhone akan semakin lambat jika itu tidak dibersihkan, Anda tentu tidak nyaman menggunakannya lagi.

Cara Mengatasi Memori Penuh di IPhone dengan Mudah

Kepenuhan memori di iPhone pada beberapa titik mungkin pernah dialami setiap pengguna, itu bisa terjadi karena beberapa alasan. Tetapi yang pasti memori habis akan membuat pemakaian ponsel tidak maksimal dan cukup mengganggu.

#TRENDING  4 Cara Mengganti Background Foto di HP Xiaomi dengan Mudah

Bayangkan saat momen penting, Anda harus menyimpan dokumen atau ada kejadian yang harus diabadikan dengan video atau gambar tetapi ponsel tidak ada ruang penyimpanan, rasanya ingin marah saja.

Itu sepertinya terjadi hampir pada semua perangkat termasuk iOS berharga selangit. Terlebih iPhone yang sedikit rumit di mana Anda tidak bisa menambah memori seperti Android, beberapa cara berikut bisa dilakukan untuk mengatasi ruang penyimpanan penuh.

1. Memanfaatkan Penyimpanan Cloud

Sebanyak apapun kapasitas iPhone, kadang itu masih kurang besar untuk menyimpan semua data dan dokumen pemiliknya. Di sini, mungkin cara mengatasi memori penuh Anda sepertinya lebih membutuhkan tambahan ruang penyimpanan.

Perangkat iOS dapat memanfaatkan penyimpanan Cloud untuk menyimpan file penting tanpa membebani memori internal iPhone. Anda bisa memilih Google Drive, DropBox, Amazon Cloud Drive, maupun iCLoud bawaan iOS.

#TRENDING  Cara Menghilangkan Sinar Inframerah di HP Vivo yang Terhalangi

Penyimpanan Cloud ini dapat menampung data hingga beberapa Giga, dan bahkan penyedia berlangganan dapat menyimpan lebih banyak file. Untuk iCloud, itu merupakan pilihan bagus untuk membersihkan memori dari koleksi foto Anda.

Fitur iCloud Photo Library sebutannya, Anda dapat memanfaatkan ini untuk menyimpan foto daripada harus di memori ponsel, dan itu akan menghemat cukup banyak ruang. Berikut cara untuk mengaktifkannya.

1.  Masuk ke menu Setting

2.  Pilih dan klik Photos & Camera

3.  Kemudian aktifkan iCloud Photo Library dengan memilih turn on

2.  Mengosongkan Memori Internal

Jika Anda terganggu dengan ruang penyimpanan, maka cara mengatasi memori penuh paling mudah adalah menghapus data serta file yang tersimpan di dalamnya. Langkah pembersihan ini dapat dimulai dengan cara berikut.

1.  Menghapus Backup iPhone, karena pengguna biasanya mempertahankan sejumlah backupan dan itu akan memakan memori banyak. Anda bisa menghapusnya jika sudah tidak diperlukan, caranya mudah seperti berikut:

  • Masuk ke Settings, lalu klik General
  • Klik Storage & iCloud Usage
  • Klik Manage Storage
  • Kemudian pilih backup iPhone, lalu pilih Delete Backup dan klik Turn Off & Delete
#TRENDING  Cara Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam, Berikut Langkahnya

2.  Menghapus aplikasi yang sudah tidak diperlukan atau jarang dibuka. Untuk memeriksanya, Anda bisa masuk ke menu Settings, dan memilih Manage Storage, dari daftar tersebut maka pilih dan klik Hapus Aplikasi.

Penyebab memori iPhone terkuras bisa jadi karena ada aplikasi tidak penting dan Anda biarkan tetap terpasang. Demi mendapat performa terbaik dari perangkat, sudah seharusnya membiarkan penyimpanan longgar.

Anda akan leluasa jika membutuhkan menyimpan data/file maupun merekam dan memotret setiap kejadian yang berharga. Perlu juga rutin memeriksa penyimpanan iPhone untuk mengetahui space memori sehingga tahu cara mengatasi memori penuh secepatnya.

Tags

Related Post

Ads - Before Footer