Aplikasi Editor Video Terbaik PC

Dalam satu dekade terakhir penikmat tayangan video sangat melonjak dikarenakan mulai munculnya pekerjaan sebagai youtuber maupun content creator. Sehingga dari sektor tersebut menyumbang banyak lapangan pekerjaan sebagai editor video. Berminat menjadi youtuber juga? Pelajari aplikasi editor video terlebih dahulu.

Keahlian membuat video yang bagus dengan berkualitas menjadi kebutuhan yang meningkat saat ini . karena menjadi seorang youtuber memiliki peluang untuk menghasilkan uang yang sangat besar . namun tidak semua orang memiliki keahlian tersebut .

Untuk itu jika anda mulai melirik ke pekerjaan yang satu ini , tentunya harus menguasai ilmunya , agar video yang di hasilkan bisa memuaskan penonton dan bisa membuat video tentang hiburan , video tutorial yang bisa menjadi solusi bagi mereka yang mencari suatu pembahasan masalah dan mencari panduannya di aplikasi youtube .

7 aplikasi editor video terbaik pc bagi pemula

Di bawah ini sudah saya kumpulan beberapa aplikasi editor video terbaik pc yang bisa jadi pilihan jika anda seorang editor video , khususnya yang mau membuat channel youtube agar hasil video yang di buat menjadi menarik bagi penonton . di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Apple iMovie

Bagi para pengguna Macbook dari Apple tentunya sudah tidak asing dengan software tersebut. Karena pada dasarnya software tersebut adalah gratis maka sangat beruntung bagi para penggunanya.

Didalam iMovie terdapat berbagai fitur menarik di dalamnya meskipun tergolong software gratisan. Beberapa contoh fiturnya adalah green screen, integrasi dalam file audio serta beberapa media sosial, bisa merender video dengan kualitas tinggi.

Tapi dari software tersebut juga memiliki kekurangan seperti:

  • Hanya tersedia pada sistem operasi Mac saja.
  • Menu didalamnya tidak seperti aplikasi professional pada umumnya
  • Waktu proses editing dan render tergolong lebih lama
  • Perlu penyesuaian sebelum digunakan bagi pemula

2. Adobe Premiere Pro

Selanjutnya aplikasi editor video terbaik pc yang lainnya adalah Adobe Premiere Pro. Sebenarnya aplikasi ini sudah sangat populer sekali karena memang banyak penggunanya. Bagi pengguna sistem operasi windows maupun sistem operasi Mac, jika ingin memakainya bisa dipasang jadi sangat fleksibel.

Di Dalam software tersebut terdapat berbagai fitur yang lebih lengkap karena memang ditujukan bagi para profesional di bidang editing video. Akan tetapi bagi pemula pun juga bisa memakainya sekalipun akan terjadi beberapa kendala saat pemakaian awal.

Tapi dari sekian fitur maupun keunggulan yang ada, software tersebut juga ada kekurangannya. Beberapa kekurangannya aplikasi ini berbayar dalam artian kita harus berlangganan jika ingin mengakses secara penuh fitur yang ada.

3. Windows Movie Maker

Merupakan saingan terdekat dari aplikasi iMovie dari sistem operasi Mac, karena sama-sama software bawaan yang penggunaannya gratis. Sekalipun aplikasi gratisan tapi kualitas nya cukup bagus.

Aplikasi ini sebenarnya hanya untuk pengguna windows 7 dan versi dibawahnya, namun untuk window 8 dan 10 juga bisa. Kalian cukup mencarinya di pencarian internet dan memasangnya.

4. Sony Vegas

Aplikasi editor video terbaik pc selanjutnya, Sony Vegas yang digunakan jika mencari alternatif dari aplikasi Adobe Premiere Pro. Didalamnya terdapat berbagai fitur professional yang hampir sama dengan pesaingnya.

Apalagi saat proses export dan import yang terbilang lebih cepat karena prosesnya yang lebih ringan. Untuk tampilannya mungkin berbeda dengan pesaingnya namun jika dilihat secara kekurangan dan kelebihan yang ada hampir tidak berbeda jauh.

5. LumaFusion

Dalam deskripsi aplikasi, sebenarnya lebih ditujukan bagi para profesional untuk mengedit karya videonya. Namun secara tampilan dan penggunaan aplikasi ini masih tergolong mudah bagi para pemula yang ingin memakai.

Keunggulan aplikasi ini bisa memberikan kualitas gambar tingkat tinggi, serta opsi efek yang beragam. Selain itu para content creator pemula terbilang banyak yang memakai karena tampilan sederhana serta mudah dalam pengoperasian.

Namun untuk penggunaan untuk sekarang kebanyakan lebih kompatibel dengan iOS serta dalam pemakaian harus berlangganan karena tiap bulan harus membayar.

6. Filmora 9

Merupakan software editing video yang dibuat oleh perusahaan teknologi terkenal yaitu Wondershare. Meskipun tampilannya tergolong sederhana yang disertai fitur dasar yang biasanya ada di setiap software edit video.

Tapi kita bisa memakai fitur professional lain dengan memanfaatkan masa free trial. Selama masih gratis kita bisa memakai semua fitur professional yang ada secara penuh.

7. Final Cut Pro

Jika kalian masih perlu aplikasi editor video terbaik pc lainnya, kalian bisa memakai Final Cut Pro. Meskipun software ini hanya tersedia di sistem operasi Mac dalam bidang editing video fiturnya bisa disandingkan dengan Adobe Premiere Pro.

Meski bisa dibilang termasuk software yang berada di tingkat atas, namun masih termasuk mudah dipelajari bagi pemula. Untuk pembelian software cukup bayar sekali tidak perlu berlangganan. Jika ada update untuk file terbaru cukup mengunduh saja tanpa perlu membayar lagi kalian bisa memakai semua fiturnya. Beberapa contoh fitur menarik:

  • Metal Engine, yang berfungsi meningkatkan kualitas grafis yang ditampilkan saat menjalankan tugas
  • Smart conform, membuat video kamu secara otomatis terpotong jika ingin diunggah ke media social.
  • Workflow Extension, fungsinya sebagai penghubung bagi editor yang ingin meneruskan pekerjaan ke lain aplikasi video editor tanpa harus menutupnya.
  • Advanced Color Grading, yang memungkinkan semua alat yang digunakan untuk pewarnaan pada video biasa maupun HDR.

Apakah kalian sudah mengerti mengenai aplikasi editor video terbaik pc? Jika sudah, kalian tinggal mempraktekkan hasil membaca artikel ini. Sekalipun hanya beberapa aplikasi yang ditampilkan dalam pembahasan alangkah baiknya jika mau membaca artikel lain. Tujuannya agar menambah wawasan serta memudahkan kalian untuk memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya. 

Originally posted 2021-10-31 21:12:16.