7 Aplikasi Pengecil Ukuran Video

Aplikasi pengecil ukuran video sangat berguna untuk mengecilkan dan menurunkan ukuran video. Video yang diambil dengan definisi tinggi biasanya mempunyai ukuran yang tinggi  sehingga sangat membutuhkan aplikasi tersebut.

Dengan mengecilkan ukuran video maka proses pengiriman file akan semakin cepat , bisa juga saat upload video juga akan lebih mudah . tentunya sangat membantu anda , sehingga jatah kuoat internet akan semaki berkurang dan bisa mngirit kuota internet anda .

Namun terkadang mengecilkan suatu ukuran video akan mengurangi kualitas gambar , dan mungkin anda tidak menghendakinya bukan . untuk itu melalui artikel ini saya akan bagikan aplikasi yang patut anda gunakan tanpa mengurangi kualitas video anda .

7 Aplikasi pengecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas

Dibawah ini beberapa aplikasi pengecil ukran video yang mudah di gunakan tanpa mengurangi kualitas video secara online baik di android maupun di laptop . diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Aplikasi Pengecil Ukuran Video : Avidemux

Aplikasi pengecil ukuran video yang satu ini dapat digunakan siapa saja dan tanpa mengeluarkan biaya alias gratis. Aplikasi ini sering  digunakan untuk melakukan pengeditan, mulai dari mengecilkan ukuran, memotong video sampai encode video. Banyak orang sudah menggunakan aplikasi ini dan puas dengan hasil kinerja aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini terdapat pada berbagai program pc jadi tidak perlu menggunakan spesifikasi yang khusus.

Penggunaan aplikasi ini  sangat mudah. Hanya perlu memilih video yang akan dikecilkan ukurannya kemudian pilih opsi yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan, misalnya frame, bit rate, Rate, encode.

2. Video Editor – VideoPad

Fitur yang ada di aplikasi ini digunakan untuk memudahkan penggunanya melakukan pengeditan pada video yang dimilikinya sesuai keinginan. Fitur yang ada antara lain merotasi video, memotong, mengatur jarak video memperbesar suara dan zoom video. Cara menggunakan aplikasi ini juga mudah cukup memasukan video yang dimiliki ke aplikasi kemudian encode sebelum video disimpan.

3. Windows Movie Maker

Fitur yang cukup lengkap bagi pemula. Movie maker adalah aplikasi pengecil ukuran video yang sudah terkenal di berbagai kalangan. Mempunyai size yang kecil, dan user interface yang sangat mudah. Rata-rata hasilnya 80% untuk video dengan durasi 3- 4 menit, dengan kualitas yang menyesuaikan dengan adanya Interface sederhana membuat aplikasi ini mudah digunakan.

4. Aplikasi Pengecil Ukuran Video : AConvert

Aplikasi ini sangat cocok untuk melakukan pengecilan ukuran pada video. Fitur yang dimiliki cukup lengkap dan dapat digunakan untuk mengatur resolusi video, bitrate, mengubah format aspect ratio video, dan mengubah format dan FPS. Aplikasi ini berbasis web dan cara membukanya dengan browser.

5. Format Factory

Format factory memiliki banyak fitur yang dapat dipilih, sehingga dapat mudah untuk mengecilkan ukuran video di aplikasi ini. Yang terdapat di format factory diantaranya pengaturan kompres video dengan spesifik seperti resolusi, FPS, ukuran layer , dan pengaturan lainnya. Jika tidak mengerti dengan hal-hal seperti itu bisa langsung memilih kualitas dan ukuran video yang sesuai. Kelebihan dari aplikasi ini terdapat mobile jika ingin mengirim video melalui aplikasi whatsapp atau ponsel, jadi tidak perlu repot mencari persoalan teknis yang sesuai dengan video mobile.

6. Handbrake

Handbrake didesain khusus untuk encode video, aplikasi ini dapat mengubah kualitas video sesuai yang diinginkan, mengatur jenis encode serta mengatur FPS (frame rate). Aplikasi ini sangat cocok bagi yang sedang mencari fitur compress yang advance dan lebih lengkap. Format factory juga dapat mengubah ukuran,, format video, audio, dan gambar.

Aplikasi open source ini dapat dengan mudah digunakan pemula maupun profesional.Aplikasi ini dilengkapi dengan kelebihan pengaturan compress video dengan perangkat yang berbeda dan juga dapat menyeleksi bagian video melalui title dan chapter. Fitur chapter markers, subtitle, constant quality terdapat pada aplikasi handbrake.

7. Wondershare Video Converter

Wondershare video converter cukup terkenal di kalangan para editor video dari pemula hingga profesional. Aplikasi ini merupakan aplikasi khusus untuk mengurangi ukuran video, dan mengconvert ekstensi secara lengkap dengan berbagai pengeditan pada video. Di aplikasi ini juga dapat mengatur video supaya sesuai dengan DVD,  bahkan juga dapat mengubah format video biasa menjadi VR.

Itulah rekomendasi aplikasi pengecil ukuran video yang terdapat berbagai fitur lengkap dan sangat mudah digunakan, semoga penjelasan diatas mudah dimengerti serta bermanfaat.

Originally posted 2021-11-02 21:20:00.