Daftar 5 Aplikasi Absensi Siswa Online Gratis Wajib Dicoba

Aplikasi Absensi Siswa Online – Absensi merupakan hal yang penting sebagai indikator penilaian performa siswa dalam menjalani proses belajar mengajar. Hal tersebut, kini semakin praktis untuk dilakukan dengan memanfaatkan berbagai macam layanan aplikasi absensi siswa Online gratis yang tersedia di Play Store. Ingin tahu, aplikasi apa sajakah itu? Simak uraian lebih detailnya di artikel ini .

Aplikasi Absensi Siswa Online sekarang ini semakin banyak di gunakan oleh sekolah karena memang lebih mudah dan simple . tidak memerlukan alat khusus seperti sebelumnya misalnya dengan menggunakan alat sidik jari yang biasa di gunakan .

 Aplikasi Absensi Siswa Online
Aplikasi Absensi Siswa Online

Dan juga menggunakan absensi manual pada zaman dahulu karena dengan berkembangnya teknologi , hal tersebut bisa di lakukan dengan menggunakan aplikasi absensi siswa online .

Aplikasi Absensi Siswa Online gratis

Ada beberapa aplikasi siswa online gratis yang bisa di gunakan diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Absensi Siswa

Aplikasi pertama yang akan dibahas adalah software besutan dari High Air. Ada berbagai fitur yang tersedia dalam aplikasi ini. Semisal, setiap absensi yang dilakukan, akan masuk ke dalam database pengguna. Kemudian, ada kategori database yang dapat dibedakan menurut sekolah hingga menurut kelas. Selanjutnya, masing-masing kelas akan ditampilkan diagramnya pada halaman absensi.

#TRENDING  5 Aplikasi Blokir Nomor Tidak Dikenal Di Android

Pengguna juga dapat melakukan export data dari absensi yang telah dimasukkan ke dalam database. Nantinya data yang di export akan ditampilkan dalam bentuk file excel yang mudah diakses. Namun asyiknya, tidak hanya export data saja, pengguna bahkan juga dapat melakukan import data excel ke dalam aplikasi, untuk memudahkan rekap data absensi siswa.

2. FEdu.iO: Fingerspot Education

Selanjutnya, akan dibahas mengenai aplikasi FEdu.iO: Fingerspot Education. Fitur-fitur yang ada pada aplikasi ini tidak hanya terbatas pada fitur kehadiran siswa, namun dalam lingkup fungsional yang lebih luas. Yaitu mencakup manajemen sekolah online. Berbagai fitur mulai dari absensi untuk siswa hingga akses materi belajar dapat ditemukan di sini.

Sejak peluncurannya di Juli 2021 lalu, Fingerspot sebagai pengembang aplikasi sudah melakukan beberapa pembaharuan hingga masuk ke dalam versi 1.0.8. Terkait ukurannya, aplikasi ini juga relatif kecil yaitu hanya 29 MB saja. Sehingga sangat tepat untuk dipilih pengguna yang memiliki kapasitas penyimpanan perangkat terbatas.

#TRENDING  Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun Online

3. Jeclock – Aplikasi Absensi Online

Aplikasi Absensi Siswa Online gratis yang dapat dicoba selanjutnya adalah Jeclock – Aplikasi Absensi Online. Kehadiran aplikasi ini memudahkan monitoring kehadiran siswa melalui absensi yang berbasis Geo Tag. Adanya fitur Geo Tag tidak hanya mampu membuat catatan absensi saja, namun lokasi absensi juga akan tercatat dalam database.

Di samping itu, aplikasi ini juga menyediakan absen dengan fitur Face Recognition yang memungkinkan penggunanya melakukan absensi dengan menggunakan deteksi wajah. Selain juga terdapat fitur izin serta cuti yang dapat digunakan oleh siswa yang berhalangan.

4. Edupongo Siswa

Berbicara tentang aplikasi absensi, rasanya tidak lengkap tanpa Edupongo Siswa. Karena selain fitur absensi siswa, aplikasi ini juga menyediakan fitur informasi kegiatan siswa selama masa belajar mengajar. Di mana, melalui fitur tersebut, informasi terkait penilaian hasil belajar siswa dapat dilakukan.

Lebih lanjut lagi, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur tugas, untuk melihat informasi mengenai tugas-tugas yang diberikan pihak sekolah. Bila tertarik memakainya, memori yang dibutuhkan untuk mengunduh  cukup kecil yaitu hanya 4,3 MB saja. Jadi, dipastikan tidak akan menguras tenaga perangkat yang digunakan.

5. KertasGuru: Absensi, Ujian dan Forum Kelas

Kehadiran aplikasi KertasGuru: Absensi, Ujian dan Forum Kelas memungkinkan pengguna untuk melakukan monitoring absensi siswa dalam kegiatan belajar mengajar daring. Fitur absensi yang ada di dalamnya, memungkinkan guru melihat prosentasi kehadiran murid yang sakit, izin, telat hingga hadir.

#TRENDING  Apakah Social Spy Whatsapp Berhasil

Setiap database absensi yang ada akan otomatis dimasukkan ke laporan absensi. Nantinya laporan tersebut dapat diunduh dalam format excel. Terakhir, pengguna juga tidak perlu khawatir datanya akan terhapus karena database absensi akan disimpan secara online, sehingga meminimalisir potensi data hilang.

Kelima Aplikasi Absensi Siswa Online gratis di atas, dapat menjadi rujukan bagi pihak sekolah. Khususnya, yang ingin melakukan monitoring absensi siswa dalam kegiatan belajar daring. Berbagai fitur yang tersedia seperti fitur tugas, izin, hingga fitur laporan kegiatan siswa juga dapat dimanfaatkan. Supaya kegiatan belajar mengajar yang dilakukan semakin optimal!