5 Aplikasi Scanner PDF Android Wajib Dicoba

Aplikasi Scanner PDF – Tidak hanya berguna untuk saling bertukar pesan atau bersenang-senang dengan bermain game, handphone kini dapat juga digunakan untuk membantu pekerjaan. Contohnya adalah hadirnya berbagai aplikasi yang dapat mempermudah dalam hal melakukan scan atau pemindaian dokumen bahkan hingga merubahnya menjadi PDF.

File berextensi pdf banyak di gunakan untuk menyimpan dokumen tertentu , sehingga pengguna bisa mentrasnfernya ke perangkat lain dengan mudah salah satunya adalah smartphone . namun tanpa bantuan aplikasi yang saya bagikan di bawah ini .

Perangkat terkadang tidak bisa membuka file pdf ini . untuk itu aplikasi scanner pdf android ini sangat penting dan berguna sekali karenanya .  

5 Aplikasi Scanner PDF Android

Berikut adalah 5 aplikasi scanner PDF, mari simak baik-baik penjelasannya.

1. CamScanner

Aplikasi ini telah mengudara sejak akhir Oktober tahun 2010 dan dapat diunduh pada Google Playstore. CamScanner berhasil memperoleh begitu banyak pengguna, bahkan hingga terhitung telah diunduh sebanyak 100 juta. Hebatnya lagi, aplikasi ini telah terhitung digunakan di 200 negara dan diakses lebih dari 360 juta handphone. Keren sekali, ya.

Cara penggunaan aplikasi ini pun terbilang mudah, yakni hanya perlu menggunakan kamera handphone untuk melakukan scan. Kemudian, dokumen yang selesai di-scan dapat dipilih ingin disimpan ke dalam format JPEG atau PDF. Adapun berbagai fitur canggih dan menarik lainnya, yang dapat digunakan jika pengguna melakukan pembayaran upgrade ke versi premium.

2. Adobe Scan

Merupakan salah satu dari sekian aplikasi scanner PDF yang baru mengudara sejak akhir Mei tahun 2017 dan terhitung telah diunduh lebih dari 10 juta. Dengan aplikasi ini, dapat dilakukan scanning pada semua jenis dokumen. Ketika proses scan selesai, hasilnya dapat disimpan kedalam format PDF.

Pada aplikasi ini, ada juga kemampuan untuk memindai teks. Jadi dapat ditandai yang mana saja data-data penting ketika memindai dokumen khusus hingga kwitansi. Hal ini akan membuat dokumen-dokumen yang diperlukan jadi mudah dibaca. Hasilnya pun dapat dikirim dengan mudah lewat email atau melakukan back-up lewat Cloud.

Aplikasi ini dapat diunduh lewat Google Playstore atau juga AppStore. Adobe Scan ini juga mampu memindahkan berbagai jenis dokumen apa pun. Tapi, tentu saja terdapat juga kelemahannya, yakni termasuk aplikasi berat dan beberapa tools yang mungkin saja sulit digunakan.

3. Easy Scanner

Aplikasi ini dapat diunduh dengan ukuran kurang lebih 25 MB dan terhitung telah diunduh oleh 500 ribu pemilik handphone jenis Android. Kemudian, hasil dokumen yang telah selesai dilakukan scan dapat tersimpan dalam bentuk JPEG atau PDF. Dengan aplikasi yang termasuk ringan, hebatnya hasil scan di sini tetap jelas dan tajam.

Kelemahan aplikasi ini adalah dapat mudah mengalami ngelag jika terlalu banyak melakukan scan atau pemindaian. Jadi, harap bersabar jika menggunakan aplikasi ini ketika kebetulan sedang ngelag.

4. ScanPro App – PDF Document Scanner

Aplikasi ini dapat diunduh dengan ukuran kurang lebih sebesar 23 MB. Telah terhitung bahwa ada lebih dari 1 juta kali diunduh. Mirip dengan aplikasi scanner PDF lainnya, aplikasi ini juga memberikan hasil berupa JPG atau PDF. Di sini, juga dapat melakukan kegiatan mengedit teks secara langsung.

Memiliki ukuran yang terbilang ringan dan mengedit teks secara langsung adalah kelebihan aplikasi ini. Kelemahannya adalah belum dapat mendukung semua jenis format gambar dan terkadang kinerjanya mengalami ngelag. Aplikasi ini dapat diunduh lewat Google Play Store.

5. Office Lens

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berasal dari Microsoft khusus untuk melakukan scan atau pemindaian dokumen. Karena itu, Office Lens ini dapat digunakan untuk kebutuhan belajar sekolah hingga pekerjaan. Kualitas hasil yang ditawarkan baik hingga cocok digunakan untuk scan sketsa, kwitansi, kartu nama, catatan, dan lainnya.

Dan lebih hebatnya lagi adalah aplikasi ini menyediakan tampilan dengan bahasa Inggris, bahasa China, bahasa Jerman dan bahasa Spanyol. Kekurangan dari aplikasi ini adalah memiliki ukuran yang begitu besar hingga kurang disarankan untuk pengguna handphone dengan tipe menengah ke bawah.

Itulah lima aplikasi scanner PDF yang direkomendasikan karena cukup bagus dan baik untuk digunakan. Tentunya masing-masing memiliki berbagai kegunaan dan kelemahannya sendiri, jadi silahkan memilih sesuai dengan yang paling dibutuhkan.

Originally posted 2021-11-23 09:09:10.