Mengenal Apa Fungsi Saturation Pada Aplikasi Edit Foto

Apa fungsi saturation pada aplikasi edit foto perlu diketahui khususnya bagi para fotografer.  Fitur ini akan sangat membantu dalam memberikan sebuah hasil foto yang berkualitas.  Ini  tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap hasil jepretan foto yang dihasilkan.  

Mengenal Saturation Pada Foto 

Pada dasarnya, saat menggunakan aplikasi pengedit foto, ada berbagai macam fitur canggih yang bisa digunakan. Semuanya akan membuat hasil foto menjadi semakin berkualitas. Salah satunya adalah saturation.  

Saturation sendiri mempunyai arti sebagai derajat pencampuran warna dengan cahaya putih.  Sedangkan, saturasi dalam dunia fotografi menunjukkan intensitas warna. Jelas ini sangat berbeda.  

 Beberapa warna yang terang menandakan bahwa mempunyai derajat saturasi yang tinggi. Sementara itu, untuk warna muda atau warna pastel disebut mempunyai tingkatan saturasi yang  rendah. Untuk monochrome tidak memiliki saturasi.  

Fungsi Saturation dalam Edit Foto  

Masih banyak para fotografer yang belum terlalu paham mengenai apa fungsi saturation pada aplikasi edit foto. Saturasi memang menjadi hal yang sangat sepele bahkan kadang dilupakan. Akan tetapi, keberadaan aplikasi satu ini kadang juga sangat penting dalam fotografi.  

Ada banyak para fotografer yang cenderung menggunakan saturasi yang tinggi pada hasil jepretan fotonya. Sebenarnya, sebuah hasil foto dengan saturasi yang terlalu tinggi, malah akan membuat hasilnya terlalu mencolok dan kurang baik. Padahal ini bisa diatur sesuai dengan kebutuhan untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus.  

Penggunaan dan pengaturan aplikasi saturasi ini mempunyai peranan yang cukup penting. Berikut ini adalah penjelasannya, yaitu : 

1. Mempertajam Tampilan Foto 

Fungsi utama sebuah saturasi dalam aplikasi edit foto adalah untuk mempertajam hasil sebuah foto. Gambar yang tajam menjadi salah satu  hal yang bisa mempengaruhi hasil foto.  Ini bisa membuat gambar menjadi lebih hidup dan bisa bercerita.  

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatur saturasi. Semakin besar angkanya maka akan semakin tajam gambar yang dihasilkan. Sebaliknya, jika angka semakin kecil maka semakin kecil ketajaman gambarnya. Ini dapat disesuaikan dengan hasil yang diinginkan.  

2. Menambah Nilai Estetika  

Foto menjadi salah satu hasil karya yang harus dibuat dengan semenarik mungkin. Oleh karena itu, diperlukan berbagai teknik tertentu untuk bisa mendapatkan hasil foto terbaik. Sebuah foto yang bagus adalah sebuah foto yang mampu memberikan nilai estetika yang tinggi. Ini tentu saja akan membuat foto semakin lebih cantik.  

Cara untuk memberikan nilai estetika pada sebuah foto adalah dengan melakukan pengaturan terhadap saturasinya. Setiap tema foto biasanya menggunakan tingkat saturasi yang berbeda-beda. Semua itu tergantung pada objek yang menjadi fokus pada foto tersebut.  

3. Membuat Hasil Foto Menjadi Tampak Jelas 

Ketajaman pada sebuah foto membuatnya akan tampak semakin jelas. Ini menjadi salah satu fungsi yang terdapat dalam fitur saturasi apa aplikasi pengeditan foto. Tidak hanya memberikan efek tajam saja, fitur canggih ini akan membuat foto menjadi lebih bersih dan juga lebih berwarna. Hal ini karena adanya efek kombinasi warna-warna yang terdapat dalam fitur ini.  

4. Membantu Dalam Menentukan Titik Fokus Pada Foto

Setiap foto pasti akan mempunyai titik fokus dari objek yang akan dijepret.  Ini akan membuat hasil foto semakin lebih bagus. Untuk memberikan efek fokus pada objek foto, saturasi menjadi salah satu fitur yang dapat digunakan.   

Saturasi akan membantu untuk memberikan penekanan pada titik fokus objek yang akan foto. Dengan begitu, foto yang diambil akan sesuai dengan tema yang diinginkan. Selain itu, fitur saturasi ini akan membantu para fotografer untuk menyampaikan tujuan dari objek foto yang sudah dihasilkan.  

5. Membantu Pencahayaan Foto 

Pencahayaan merupakan hal penting dalam sebuah foto. Cahaya ini menentukan hasil foto. Setiap tema foto mempunyai pencahayaan yang berbeda. Semua tergantung dengan tema foto yang diambil.  Saturasi akan membantu di dalam mengatur cahaya di dalam foto. Cahaya tersebut bisa disesuaikan dengan tampilan foto sehingga gelap terangnya dapat diatur sedemikian rupa.  

Sekarang sudah jelas bukan mengenai apa fungsi saturation pada aplikasi edit foto, bukan? Dalam menghasilkan sebuah foto yang bagus, sebaiknya harus menggabungkan antara berbagai teknik foto dengan pengaturan saturasi. Ini akan membuat foto semakin membuat foto menjadi lebih berwarna.  

Originally posted 2021-12-09 22:43:09.