Rekomendasi Aplikasi Membuat Flowchart yang Populer

Aplikasi Membuat FlowchartFlowchart atau diagram alir adalah proses penggambaran dengan memakai simbol. Flowchart sangat berguna untuk menjelaskan suatu proses penyelesaian masalah hanya dengan simbol. Oleh karena itu aplikasi membuat flowchart sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Membantu mahasiswa untuk proses pembelajaran, penelitian dan merancang. Sistem. Flowchart juga sangat berguna dalam bidang pekerjaan seperti leader yang menggunakan flowchart untuk membuat alur kerja dan SOP. Dan ada banyak informasi yang ditempel di dinding yang menggunakan diagram alir.

Aplikasi Membuat Flowchart online gratis

Berikut ini rekomendasi aplikasi pembuat flowchart yang dapat digunakan:

1. Pencil Project

Pencil project merupakan aplikasi sederhana yang direkomendasikan untuk para pengguna. Aplikasi yang dapat di download ataupun digunakan melalui website ini akan sangat membantu dalam membuat flowchart.

Jika dilihat dari segi interface, tampilan dari aplikasi ini sangat sederhana. Pengguna tidak akan kesulitan dalam penggunaan aplikasi atau software ini. Selain itu, keunggulan dari pencil project ini adalah dapat beroperasi hampir di semua sistem operasi serta terintegrasi dengan Openclipart.

#TRENDING  6 Aplikasi Diet Kalori yang Ampuh untuk Lawan Kegemukan

Pencil Project akan menghasilkan flowchart dengan menarik jika dibuat untuk presentasi. Output yang dihasilkan berupa PNG, HTML, SVG dan PDF.

2. Aplikasi membuat flowchart Microsoft Visio

Aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini cukup mudah dalam penggunaannya. Microsoft Visio dapat digunakan untuk membuat  beragam desain seperti pola, grafik dan juga flowchart.

Keistimewaan lain dari aplikasi ini adalah dapat dikerjakan secara bersama-sama dengan tim. Pengguna juga bisa mengkoneksikan flowchart dengan real time sehingga setiap perubahan akan diketahui oleh anggota tim lainnya.

Kekurangan dari microsoft Visio adalah antarmuka yang kurang ramah untuk pemula. Namun menjadi sudah menjadi standar bagi para pelaku profesional.

3. yEd Graph Editor

Menyediakan 14 template diagram dan penggunaannya yang mudah adalah kelebihan dari yEd Graph Editor. Ada berbagai jenis diagram alur yang dapat digunakan, dari diagram pohon, diagram hingga grafik jaringan.

#TRENDING  7 Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark Gratis Terbaik

Bagan organisasi, mind mapping, ERD, dapat dibuat dengan aplikasi membuat flowchart ini. Aplikasi ini juga cocok untuk para profesional maupun pemula. Windows, Linux dan Mac OS adalah platform yang dapat menggunakan yEd Graph Editor.

Diagram alir yang sudah dibuat dari aplikasi ini kemudian bisa diekspor menjadi berbagai pilihan format seperti SVG, SWF, PNG, PDF hingga HTML.

4. Diagram Designer

Antarmuka yang sangat sederhana membuat diagram designer dapat digunakan oleh siapa saja. Tersedia lebih dari 25 template dan kemudahan dalam penggunaannya menjadikan aplikasi yang sudah ada sejak lama ini, tetap eksis hingga saat ini.

Di aplikasi ini pengguna tinggal mengedit tulisan saja. Namun jika pengguna kurang puas dengan hasilnya, pengguna juga dapat mengubah secara manual.

Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi bertema hitam putih ini juga dapat disimpan dengan berbagai format

5. Astah

Pelajar dan mahasiswa yang mengambil bidang komputer atau pengembang perangkat lunak akan membutuhkan aplikasi ini. Mahasiswa yang mengambil jurusan sistem informasi ataupun teknik informatika akan sangat membutuhkan aplikasi ini untuk membuat dokumen dari rancangan sistem yang sedang dibangun.

#TRENDING  Download Piano PC Windows Terbaik, Ini Daftar Aplikasinya

Kelengkapan dari aplikasi ini  membuatnya layak untuk dimiliki. Astah sangat berperan dalam merancang suatu program. Dengan adanya astah pengguna dapat membuat flowchart, mind mapping dan masih banyak lagi.

Pengguna dapat memasukkan email untuk mendapatkan astah secara gratis.

Dengan menggunakan aplikasi membuat flowchart di atas, diharapkan pengguna dapat membuat flowchart dengan lebih maksimal lagi. Pengguna dapat memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing