Begini Cara Mengembalikan Suara Di Laptop Yang Tiba Tiba Hilang Supaya Kembali Normal

Dengan menggunakan laptop, pengguna dapat melakukan berbagai hal, baik menikmati sajian visual dari layar maupun audio yang melengkapi perangkat ini. Tak jarang beberapa pengguna sering mendapati kendala pada fitur ini.

Tentunya bagi mereka yang baru menggunakan laptop akan bingung bagaimana cara memperbaikinya . jangankan yang masih baru , pengguna laptop yang sudah lamapun masih banyak yang belum tahu untuk mengatasi masalah tersebut .

Untuk itu melalui artikel ini kami akan membagikan panduan dan hal apa yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah pada laptop anda tersebut .

Cara Mengembalikan Suara Di Laptop Yang Tiba Tiba Hilang

Adapun cara mengembalikan suara di laptop yang tiba tiba hilang di bawah ini akan membantu pengguna untuk mengatasinya:

1. Pastikan Fitur Mute Dalam Keadaan Off

Adanya pengaktifan fitur mute pada laptop dapat membuat audio dan sound tidak menghasilkan suara. Pengguna tidak akan mendengar suara setelah menjalankan dan memainkan media seperti video dan musik pada laptop. Apabila pengguna mengalami hal tersebut, maka cara mengembalikan suara di laptop yang tiba tiba hilang adalah dengan memastikan fitur mute perangkat dalam keadaan off.

Pengguna dapat memperbaiki kendala seperti ini dengan mudah. Apabila pengguna menambah volume speaker pada perangkat, fitur mute akan hilang secara otomatis. Pengguna akan mendengar kembali audio dari media yang dimainkan pada perangkat. Hal seperti ini biasanya dapat terjadi secara tidak sengaja dimana pengguna dapat menurunkan volume hingga paling rendah sehingga mode mute pun menyala.

#TRENDING  5 Cara Mengatasi System Launcher Tidak Menanggapi Pada Xiaomi

2. Gunakan Fitur Troubleshooter

Adapun cara mengembalikan suara di laptop yang tiba tiba hilang paling ampuh adalah dengan menggunakan fitur troubleshooter yang tersedia pada perangkat yang digunakan. Fitur seperti troubleshooter ini memiliki peran penting dalam memperbaiki kendala yang terjadi pada perangkat.

Troubleshooter akan bekerja dengan mendeteksi kendala yang terjadi pada sebuah fitur, seperti audio dan sound, dengan memberikan solusi untuk memperbaiki kendala tersebut. Bagi pengguna yang ingin mengakses pendeteksi kendala seperti troubleshooter, cukup dengan menekan tombol kanan pada speaker yang tampil pada layar.

Nantinya akan ada beberapa opsi dan pengguna dapat memilih bagian troubleshoot sound problems. Dalam beberapa saat akan muncul penjelasan mengenai kendala yang terjadi pada sound perangkat dan pengguna dapat mengikuti tahapan yang diberikan untuk memperbaiki problem yang terjadi.

#TRENDING  Cara Menghapus Akun Google di HP Xiaomi Paling Simple

3. Periksa Bagian Default Speaker

Apabila beberapa cara telah diterapkan untuk mengatasi kendala, pengguna dapat melakukan pengubahan pengaturan yang ada pada bagian default speaker. Pada bagian ini nantinya pengguna dapat mengubah dan mengatur ulang kembali bagian sound seperti dalam keadaan default.

Tahapan ini dapat dilakukan dengan mengakses pengaturan sound yang tersedia dan pengguna dapat langsung memilih untuk mengembalikan pengaturan tersebut seperti keadaan awal.

4. Ubah Pengaturan Control Panel

Di bagian control panel pada perangkat seperti laptop, pengguna dapat menyesuaikan berbagai pengaturan mengenai fitur yang disediakan. Dari control panel ini pula dapat menjadi media untuk mengatasi kendala yang muncul pada perangkat. Seperti audio yang tidak terdengar saat memainkan player musik maupun video. Pengguna dapat langsung memilih opsi sound dan audio yang tersedia, dan mengubah pengaturan yang disediakan.

5. Meng-Install Kembali Di Bagian Driver Audio

Fitur sound pada perangkat yang tidak menghasilkan suara saat memainkan media dapat terjadi ketika pengguna tidak melakukan update pada bagian driver perangkat. Hal ini perlu diketahui karena apabila pengguna belum meng-update bagian ini nantinya sistem tidak dapat mendeteksi sound.

Ini karena tidak didukung oleh driver perangkat. Apabila masalah audio seperti ini muncul, pengguna dapat secara langsung melakukan update dan install kembali bagian audio melalui driver.

Itulah beberapa pilihan terkait cara mengembalikan suara di laptop yang tiba tiba hilang sebagai referensi untuk memperbaiki fitur tersebut. Pengguna hendaknya mengetahui terlebih dahulu penyebab dari kendala yang terjadi pada laptop yang digunakan. Dengan mengetahui hal yang menyebabkan munculnya kendala tersebut, pengguna dapat memilih solusi terbaik sehingga masalah pada laptop dapat teratasi dengan tepat.

#TRENDING  Mengetahui Fungsi dan Cara Kalibrasi Baterai Samsung