Mudah! Ini Cara Membuat Startup Windows 10 Lebih Cepat

Cara Membuat Startup Windows 10 – Saat pertama kali menyalakan komputer atau laptop, pengguna harus melalui tahapan booting terlebih dahulu. Selain itu, proses startup juga diperlukan hingga perangkat benar-benar siap digunakan. Ketika startup mulai melambat pada Windows 10, cara membuat startup Windows 10 lebih cepat ini bisa segera dilakukan.

Pada dasarnya, startup berlangsung sekitar 1 hingga 5 menit. Startup yang membutuhkan waktu lebih lama menandakan terdapat masalah pada perangkat pengguna. Hal tersebut bisa jadi karena adanya virus, sistem operasi yang corrupt, hingga software atau program yang terlalu berat. Agar proses startup pada Windows 10 dapat berjalan lebih cepat.

Cara Membuat Startup Windows 10

Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan untuk membuat startup windows agar lebih cepat , tentunya akan sangat berguna bagi anda , di antaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Matikan Program Startup yang Tidak Terlalu Penting

Salah satu penyebab startup lebih lambat adalah banyak program yang berjalan saat startup berlangsung. Semakin bervariatif program yang berjalan saat startup, semakin lama pula waktu yang dibutuhkan perangkat. Oleh karena itu, mematikan atau menghapusnya adalah salah satu cara ampuh untuk membuat proses startup berjalan lebih cepat.

Tahap mematikan program yang berjalan saat startup dapat melalui pengaturan pada Task Manager. Langkanya, klik kanan pada menu Task Bar lalu tekan “Task Manager”. Pilih pada tab “Startup” dan seluruh program startup yang aktif akan dimunculkan. Temukan program yang tidak terlalu penting lalu tekan satu kali dan nonaktifkan dengan menekan tombol “Disable”.

2. Nonaktifkan Suara saat Startup Dimulai

Meski terdengar sepele, nyatanya kemunculan suara saat startup dapat memperlambat proses startup itu sendiri. Dengan mengetahui hal ini, tentu efek suara harus dimatikan jika ingin startup berjalan lebih cepat. Cara membuat startup Windows 10 lebih cepat dengan mematikan efek suara dapat melalui beberapa langkah berikut ini:

  • Masuk ke bagian Control Panel melalui menu Start.
  • Pada jendela Control Panel, temukan “Windows Sounds” dan tekan pada tab “Sound”.
  • Lihat bagian bawah layar. Pengguna akan menemukan tulisan “enable system startup sound” dan hilangkan tanda centang pada tulisan tersebut untuk mematikan efek suaranya.
  • Jika sudah, akhiri dengan menekan tombol “OK”.

3. Gunakan RAM dengan Kapasitas Lebih Besar

Bukan rahasia umum lagi bahwa kapasitas RAM yang kecil seringkali mengganggu kinerja dari sebuah perangkat. Hal ini juga akan berpengaruh pada kecepatan startup perangkat salah satunya di Windows 10. Untuk itu, melakukan upgrade pada RAM bisa menjadi pilihan yang cerdas. Terlebih jika RAM yang masih digunakan hanya memiliki kapasitas sebesar 1 GB.

4. Matikan Fitur Search Index

Sistem operasi Windows memiliki salah satu fitur yang berguna untuk memudahkan pengguna dalam mencari data pada drive hard disk. Fitur tersebut dinamakan search index. Sayangnya, keberadaan fitur ini ikut menjadikan alasan startup lebih lambat. Matikan fitur search index dengan klik kanan “My Computer” dan pilih opsi “Manage”.

Berikutnya, temukan “Service and Application” dan tekan “Services”. Klik pada “Windows Search” sebanyak dua kali agar jendela baru dapat dimunculkan. Pada jendela baru tersebut, klik tab “General” dan pilih “Disabled” pada startup type. Akhiri dengan menekan “OK” agar pengaturan tersimpan.

5. Kurangi Fitur-fitur yang Digunakan

Banyak fitur yang dihadirkan Windows 10 dan menarik untuk dicoba. Tanpa diketahui, fitur tambahan tersebut akan membuat perangkat menjadi lambat dan ikut berdampak pada proses startup pula. Untuk itu, kurangi menggunakan fitur yang tidak terlalu dibutuhkan dan segera nonaktifkan agar proses startup lebih cepat.

Itu tadi cara membuat startup Windows 10 lebih cepat dengan melakukan beberapa pengaturan pada perangkat. Jangan lupa untuk terus membersihkan perangkat secara berkala agar performanya lebih optimal. Melakukan berbagai hal pada sistem perangkat akan lebih sempurna jika kapasitas RAM ditingkatkan.

Originally posted 2022-01-11 18:17:00.