Cara Menghapus Driver Printer di Windows 10, Ternyata Penting Untuk Dilakukan

Banyak orang yang mungkin meremehkan cara menghapus driver printer di Windows 10. Padahal hal ini cukup penting untuk dilakukan oleh setiap pengguna komputer maupun laptop. Driver printer yang terlalu menumpuk di perangkat, dapat membuat pengguna bingung memilih driver printer mana yang masih aktif.

Apalagi, jika ada driver printer yang terpasang tapi memang sudah lama tidak digunakan. Tidak hanya akan membingungkan pengguna. Hal ini juga akan membebani perangkat komputer atau laptop. Jika ada terlalu banyak driver yang terpasang, pengguna juga bisa mengalami kesulitan memasang driver yang baru.

Cara menghapus driver printer di Windows 10.

Di bawah ini adalah cara untuk menghapus driver printer di Windows 10 yang bisa anda lakukan , di antaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Buka Menu Devices Pada Control Panel

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menghapus driver printer ini adalah dengan membuka menu Devices pada Control Panel. Karena pada pengaturan inilah perangkat-perangkat yang terhubung di komputer maupun laptop akan diatur.

Pada menu Device, pengguna akan melihat banyak sub menu lain sesuai dengan nama perangkat. Salah satunya, tentu saja Printers and Scanners yang ada di dalam daftar.

2. Hapus Nama Driver Printer Dalam Daftar

Ketika menekan sub menu ini, para pengguna akan ditunjukan daftar nama perangkat yang sudah didaftarkan dalam perangkat. Cara nama driver printer yang sekiranya sudah tidak digunakan lagi. Kemudian tekan delete. Maka, nama driver printer akan langsung menghilang dari daftar.

3. Uninstall Driver Printer dari Perangkat

Ternyata, menghapus nama driver dari daftar saja tidak cukup. Untuk melepaskan sambungan perangkat komputer dari printer sepenuhnya, pengguna harus melakukan uninstall terhadap driver printer. Masih dalam menu Control Panel, kali ini pengguna beralih pada menu Apps.

Pada menu Apps ini, pengguna akan ditunjukan daftar aplikasi yang terinstall di laptop. Carilah nama driver printer pada salah satu aplikasi yang dipasang kemudian pilih uninstall pada pilihan aplikasi tersebut.

4. Cari Driver Printer yang Ingin Dihapus

Cara menghapus driver printer di Windows 10 berikutnya adalah menghapus driver printer yang terpasang di komputer. Ternyata, walaupun nama driver printer sudah dihapus dan sudah di uninstall pada daftar aplikasi, namun, data dari driver printer itu sendiri masih ada di dalam komputer.

Sebenarnya tidak ada salahnya untuk menyimpan file ini. Mungkin saja pengguna ingin memasang atau menggunakan kembali perangkat printer tersebut. Namun, jika perangkat printer benar-benar tidak digunakan lagi. Lebih baik untuk segera dihapus saja. Untuk benar-benar menghapus data driver printer ini, pengguna bisa kembali ke menu Print and Scanner. Kemudian, pada bagian Related Settings pilih ‘Print Server Properties’.

5. Hapus Driver Printer

Pada menu ini, pengguna akan diperlihatkan daftar driver printer yang terpasang dan tersimpan di perangkat. Cari nama driver printer yang sesuai dengan aplikasi yang sudah di uninstall sebelumnya. Kemudian, klik pada nama driver printer tersebut.

Pilih Remove Driver and Package kemudian tekan ‘OK’. Tunggu sampai proses penghapusan selesai. Maka data dari driver printer sudah benar-benar menghilang dari perangkat komputer maupun laptop.

Jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang sudah dibuat, baru keluar dari menu Control Panel sepenuhnya. Dengan begitu driver printer sudah dihapus sepenuhnya dari perangkat dan pengguna tidak bisa menggunakannya lagi.

Itulah cara menghapus driver printer di Windows 10. Walaupun sering diremehkan ternyata penghapusan driver ini penting untuk dilakukan secara rutin. Jika pengguna sekiranya memiliki driver printer yang perangkatnya sudah tidak digunakan lagi. Lebih baik drivernya segera dihapus sepenuhnya dari perangkat agar tidak menjadi beban.

Originally posted 2022-01-13 22:25:53.