Cara Menambah Penyimpanan iPhone Agar Ponsel Lebih Lega

Cara menambah penyimpanan iPhone – iPhone sudah menjadi salah satu primadona dalam dunia per ponselan. Keunggulan iPhone sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun yang juga banyak orang tahu, kelemahan iPhone adalah bagian penyimpanannya karena tidak bisa menambah kartu SD. Tapi, apakah ada cara menambah penyimpanan iPhone? Tentu ada dan akan dibahas dalam artikel ini.

Cara menambah penyimpanan iPhone

Untuk menambah penyimpanan iphone , ada beberapa cara yang perlu di lakukan dan tentu saja akan melonggarkan memori internal ponsel iphone anda . adapun caranya adalah sebagai berikut ini :

1. Membeli Storage iCloud

Pada iPhone dan seluruh produk Apple, tersedia layanan bernama iCloud. iCloud adalah penyimpanan yang berbasis online sehingga tidak memakan memori. Namun iCloud tipe biasa memiliki batas penyimpanan. Untuk itu, perlu dilakukan upgrade iCloud menjadi iCloud + untuk bisa mendapatkan sejumlah memori tambahan dengan membayar sejumlah uang.

Namun disini tentu saja penggunaan iCloud memiliki beberapa kerugian. Salah satunya adalah akun iCloud akan terhubung ke semua perangkat Apple yang dimiliki. Memang hal ini bermanfaat untuk pengguna multi-perangkat. Tapi, sistem kerja seperti ini akan memberatkan untuk perangkat yang penyimpanannya lebih kecil.

2. Menggunakan Memory Case

Alternatif kedua adalah menggunakan memori tambahan dalam bentuk casing. Casing seperti ini memiliki memori serupa hard disk di bagian belakangnya. Tinggal hubungkan saja dengan perangkat iPhone dan ruang memori pada iPhone akan bertambah.

Namun sayangnya, tidak semua ponsel iPhone bisa menerima keberadaan penyimpanan tambahan. Seperti yang sudah diketahui bahwa ponsel iPhone sulit menerima penghubungan dengan perangkat lain. Selain itu, dari segi bentuk, casing jenis ini membuat iPhone menjadi terlihat sangat besar dan terkesan tidak handy.

3. Membeli Flash Drive

Hampir sama seperti memory case, disini pengguna harus melakukan pembelian perangkat Flash Drive. Bedanya, jika pada nomor 2 perangkat akan menempel di tubuh iPhone, Flash Drive tidak begitu. Flash Drive akan dimasukkan melalui lubang cas dan akan bertugas menjadi perangkat penyimpanan tambahan seperti halnya flash disk.

Atau jika tidak ingin ada perangkat tambahan yang mengganggu tampilan dan penggunaan iPhone, flash drive nirkabel bisa dicoba. Flash drive ini akan terhubung dengan iPhone melalui jaringan Wi-Fi. Dengan begitu, flash drive nirkabel ini bisa ditaruh saja dalam tas atau diletakkan di meja tanpa harus menempel langsung pada iPhone.

4.  Buang File yang Tidak Perlu

Jika tiga cara menambah penyimpanan iPhone di atas akan membutuhkan sejumlah biaya, cara yang ini bisa dicoba secara gratis. Coba periksa galeri foto yang ada pada iPhone. Bagi penggemar fotografi atau sekedar selfie pasti masalah besarnya ada di sini. Hapus foto yang tidak berguna atau foto duplikat yang banyak tersimpan di galeri.

Selain itu pengguna juga bisa mengirimkan file-file tersebut ke perangkat lain seperti laptop. Terlebih lagi apabila iPhone digunakan untuk bekerja atau belajar, pasti file surat, file kantor, hingga file pelajaran akan memenuhi penyimpanan iPhone. Jika file dirasa terlalu penting untuk dihapus, pindahkan saja ke laptop, komputer, atau hard disk.

5. Bersihkan Penyimpanan Secara Rutin

Cara yang terakhir adalah melakukan pembersihan iPhone secara rutin. Pembersihan bisa dilakukan dengan menghapus file yang tidak diperlukan juga aplikasi yang sudah digunakan. Pengguna juga bisa membersihkan cache dari direktori file dan aplikasi-aplikasi yang terpasang pada iPhone.

iPhone juga menyediakan layanan pembersihan ponsel. Biasanya aplikasinya akan terpasang sebagai aplikasi bawaan. Jika tidak ada, pengguna juga bisa memasang aplikasi pembersih tambahan. Dengan aplikasi semacam ini pengguna bisa melakukan pembersihan penyimpanan secara cepat.

Salah satu cara menambah penyimpanan iPhone di atas bisa dicoba ketika penyimpanan iPhone sudah mulai penuh. Mulai saja dari yang tidak memerlukan biasa. Jika dirasa kurang, alternatif cara yang lainnya juga bisa dicoba. Dengan penyimpanan yang semakin besar, iPhone akan semakin lega dan kinerjanya akan lebih prima.

Originally posted 2022-01-15 18:46:00.