Mencari Tahu Kode MMI Tidak Valid Artinya Apa

Pernahkah Anda menerima notifikasi kode MMI, lalu apakah Anda tahu kode MMI tidak valid artinya itu apa? Biasanya, kita mendapatkan notifikasi ini ketika hendak mengecek pulsa atau kuota. Anda juga bisa mendapatkan notifikasi ini saat melakukan dial-up ke operator.

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai pengertian tentang kode MMI yang mungkin seringkali kita jumpai. Selain itu, kami juga akan membahas mengenai cara mengatasi kode MMI tidak valid ini. Maka dari itu, Anda bisa simak artikel berikut ini sampai akhir ya!

Kode MMI Tidak Valid Artinya Apa?

Kode MMI merupakan sebuah kode perintah yang meliputi kombinasi angka dan juga karakter, baik itu simbol bintang (*) maupun pagar (#). Adapun contoh dari kode MMI ini ialah *123#, *888#, dan lainnya.

Kode MMI ini sendiri adalah singkatan dari Man Machine Interface. Adapun kode ini biasanya dipakai untuk melakukan pengecekan kuota, pulsa, IMEI hp, dan lain sebagainya. Tidak jarang juga, Anda akan mengalami error saat menghubungi kode ini.

#TRENDING  Cara Daftar Shopee Affiliate Tanpa Minimal Followers Bisa Mengumpulkan Rupiah

Perlu Anda ketahui bahwa kode MMI Android yang kerap bermasalah cenderung dapat dialami oleh berbagai jenis operator seluler. Maka dari itulah, Anda bisa seringkali menjumpai para pengguna yang mengeluh karena kode MMI tidak valid atau bermasalah.

Bagaimana Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid?

Setelah mengetahui maksud dari kode MMI tidak valid artinya apa, mari kita atasi agar kode MMI tersebut tidak menghalangi pencarian informasi kartu SIM. Berikut adalah cara efektif untuk memecahkan masalah jika kode MMI Anda tidak valid.

1. Pastikan Jika Kode Sudah Benar

Jika Anda memasukkan kode USSD atau UMB dan Anda masih menerima pemberitahuan yang tidak valid, nomor atau huruf yang Anda masukkan mungkin salah atau tidak valid lagi. Jadi selalu pastikan bahwa kode yang Anda masukkan valid untuk layanan tersebut (misalnya di situs web resmi operator Anda).

2. Nyalakan Mode Pesawat Beberapa Saat

Cara ini biasa digunakan untuk mengatasi masalah koneksi internet yang bermasalah di Android, namun bisa juga digunakan untuk mengatasi masalah kode MMI dari Telkomsel, AXIS, dan provider lainnya. Yang harus Anda lakukan adalah mengaktifkan mode Pesawat sementara di ponsel Anda dan kemudian menyalakannya kembali.

#TRENDING  Cara Menghentikan HP Disadap Jarak Jauh

3. Nonaktifkan Kartu SIM

Cara selanjutnya, Anda cukup buka menu pengaturan dan masuk ke menu kartu SIM. Jika Anda menggunakan ponsel dual-SIM, harap putuskan atau putuskan sambungan SIM yang bermasalah saat memeriksa kode MMI. Setelah beberapa saat, hidupkan kembali dan tunggu kartu SIM terhubung ke jaringan, lalu coba masukkan kembali kode USSD.

4. Restart HP

Masalah kode MMI ponsel juga dapat diselesaikan dengan memulai ulang ponsel cerdas dan memperbarui aplikasi dan sistem operasi di ponsel. Cara ini bisa Anda lakukan ketika timbul masalah kode MMI.

Itulah mengapa penting mengetahui kode MMI tidak valid artinya itu apa, sehingga Anda bisa tahu Langkah seperti apa yang perlu dilakukan.

5. Membersihkan Junk Files

Untuk mengatasi masalah kode MMI yang tidak valid, Anda mungkin perlu menghapus file sampah atau sampah yang tersimpan di memori internal ponsel Anda. Dalam hal ini, Anda perlu menghapus Recycle Bin, terutama di area aplikasi ponsel, untuk menghindari masalah.

  • Buka menu Pengaturan
  • Klik menu Application Manager
  • Pilih aplikasi telepon, lalu klik
  • Tekan tombol untuk menghapus data. Cara ini memungkinkan Anda menerima peringatan sebelum hendak menghapus data. Kemudian, silakan pilih OK supaya proses penghapusan data dapat dilanjutkan.
  • Ubah ke Jaringan 3G

Jaringan 4G memang jagonya akses internet, tapi sayangnya jaringan 4G sering gagal saat mengirim SMS atau melakukan panggilan biasa. Jadi untuk sementara ubah jaringan dari 4G ke 3G untuk memperbaiki kode MMI yang salah. Untuk mengganti jaringan ke 3G, lakukan :

  • Buka menu Pengaturan
  • Buka menu setting jaringan
  • Silakan ubah jaringan Anda ke 4G/3G/2G atau 3G saja
#TRENDING  2 Cara Membuka File Heic Di Hp Android dengan Mudah

Jika Anda melakukannya langkah demi langkah, petunjuknya mungkin berbeda tergantung pada ponsel yang Anda gunakan, geng. Jika Anda menggunakan smartphone yang mendukung jaringan VoLTE, Anda hanya perlu mengaktifkan jaringan VoLTE.

Pembahasan mengenai kode MMI tidak valid artinya apa, berdasarkan penjelasan di atas, diharapkan dapat menjadi referensi bagi Anda sekaligus menambah informasi yang bermanfaat.