Cara Flash Xiaomi Redmi untuk Berbagai Macam Tipe

Cara flash Xiaomi Redmi ada berbagai macam langkah. Ketika handphone Xiaomi Redmi yang Anda miliki sedang eror, sebenarnya Anda bisa memperbaikinya sendiri, dan tidak harus pergi ke tukang service.

Ketika Xiaomi Redmi sedang eror, Anda dapat memperbaikinya dengan menggunakan flashing. Flashing merupakan kegiatan untuk penginstalan ulang sistem operasi yang berada di dalam perangkat Android.

Seringnya, flashing ini dilakukan agar dapat memperbaiki eror maupun kerusakan yang berada di dalam software handphone tersebut maupun sekedar melakukan upgrade agar nantinya handphone bisa berjalan dengan lancar dan tidak lambat.

Cara Flash Xiaomi Redmi Tanpa PC

Jika eror, eror yang dimilikinya tidak sampai layar berubah menjadi biru dan kedip-kedip, Anda dapat menggunakan langkah mudah ini. Berikut langkah melakukan flashing Xiaomi Redmi:

1. Flashing Xiaomi Redmi dengan menggunakan cara hard reset

Melakukan hard reset untuk flashing Xiaomi Redmi sebenarnya menjadi cara paling mudah. Untuk melakukannya, berikut langkah yang dapat Anda praktekkan:

  • Tekan tombol power serta volume secara bersamaan, nantinya akan muncul logo Mi di layar, nantinya secara otomatis pengguna bisa berada di menu recovery.
  • Untuk pemilihan bahasa, Anda bisa memilih bahasa Inggris yang sedikit banyak bisa dipahami, kemudian Anda dapat memilih Wipe data.
  • Anda dapat memilih Wipe All Data dan klik Yes. Tunggu sampai proses flashing ini selesai, jika sudah selesai, Anda dapat melakukan reboot handphone.
  • Cara flash Xiaomi Redmi dengan menggunakan metode menu
#TRENDING  Cara Mengubah Video Youtube Menjadi MP3

Metode menu bisa dilakukan dengan masuk ke dalam pengaturan di dalam Xiaomi Redmi. Sebelum, melakukannya, Anda harus mengetahui password akun Mi tersebut. Berikut langkahnya:

  • Masuk pada menu setting, kemudian masuk ke pilihan setelan tambahan
  • Anda dapat scroll menu hingga ke paling bawah dan pilih cadangkan setel ulang
  • Anda bisa scroll hingga ke bawah hingga menemukan menu setelan pabrik. Nantinya aka nada pilihan reset bila ingin menghapus seluruh data.
  • Logout dari akun Mid an masukkan kode kunci HP, tunggu sampai proses selesai dengan baik.
  • Flash dengan menggunakan system update

Flashing Xiaomi Redmi juga dapat dilakukan dengan system update. Jika ingin menggunakan cara ini, Anda harus mengunduh ROPM yang sesuai dengan tipe Xiaomi Redmi kemudian transfer file dengan format zip. Anda bisa langsung mengupdate dengan memilih sistem update.

#TRENDING  5 Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid di Ponsel

2. Cara Flash Xiaomi Redmi yang Terkunci

Bila Anda lupa pada password serta handphone Xiaomi Redmi tersebut dalam keadaan terkunci, Anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini:

Flash Xiaomi Redmi dengan EDL update

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah melakukan EDL update. Namun, seringnya cara ini hanya dilakukan oleh teknisi yang sudah profesional. Bila Anda ingin mencobanya, tentu tidak ada salahnya. Berikut langkahnya:

  • Masuk pada mode EDL dengan masuk menu recovery kemudian pilih download, Anda bisa menunggu sampai handphone blank, ini berarti pertanda jika Anda sudah masuk di mode EDL.
  • Nantinya akan muncul keterangan COMxx pada aplikasi MiFlash, Anda bisa mengunduh Xiaomi fastboot ROM yang sesuai dengan tipe Xiaomi.
  • Unduh MUI ROM Flashing kemudian instalk. Anda dapat menjalankankan aplikasi MiFlash di dalam tools, masukkan mode EDL dan hubungkan ke komputer dengan menggunakan USB. Klik refresh di aplikasi MiFlash.
  • Anda bisa klik select kemudian arahkan tempat dimana ekstrak fasboot ROOM, pilih centangan di opsi flash kemudian klik flash sampai selesai.
  • Melakukan flash Xiaomi Redmi dengan menggunakan ADB Driver

Jika ingin menggunakan cara ini, Anda harus memiliki PC 64 Bit, kemudian kabel data, ROM Xiaomi Redmi yang sesuai dengan tipe HP serta ADB Driver serta Mi Flash. Berikut langkah selengkapnya:

  • Instal driver, kemudian ekstrak ROM yang sudah diunduh, Anda juga harus instal ADB driver kemudian instal.
  • Anda dapat menginstal Mi Flash, kemudian sambungkan ponsel ke PC, Anda dapat masuk ke recovery mode hingga masuk ke menu recovery
  • Klik download dan tunggu sampai selesai, buka menu MiFlash kemudian klik referesh, cari file ROM yang sudah diekstrak. Klik flash dan tunggu hingga selesai, proses ini membutuhkan waktu 1 jam.
#TRENDING  Cara Mengatur Layar Hp Vivo Agar Tidak Mati Terlengkap

Baik menggunakan cara paling atas atau paling bawah, Anda hanya perlu menyesuaikan cara flash Xiaomi Redmi tersebut sesuai dengan keadaan handphone yang Anda miliki.