Cara Flash Hp Samsung dengan Mudah dan Cepat

Cara flash HP Samsung sebenarnya dapat dilakukan sendiri dirumah jika Anda tahu caranya. Hal ini bisa menjadi pilihan yang baik daripada Anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit ketika melakukan flash pada tukang servis.

Beberapa masalah yang terjadi pada apa yang mungkin mengharuskan Anda melakukan Flash. Flash sendiri memang mampu memperbaiki berbagai macam masalah yang terjadi akibat error pada software.

Salah Satunya yaitu adalah ketika HP bootloop atau gagal booting. Beberapa orang juga ingin melakukan update secara manual sehingga melakukan flash pada HP.

Sebelum melakukan flash ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Hal ini dikarenakan karena seluruh aplikasi nantinya akan hilang dan beberapa data juga akan ikut terhapus.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan backup data-data penting terlebih dahulu.

Manfaat Melakukan Flash Pada HP

Melakukan flash pada HP bisa memberikan beberapa manfaat. Ini merupakan sebuah proses yang bisa dilakukan untuk mengatasi beberapa masalah yang sering dihadapi oleh para pengguna ponsel.

1. Mengembalikan kinerja HP

Manfaat pertama yaitu adalah bisa mengembalikan performa HP seperti saat pertama kali dibeli. Tentunya ketika sudah lama digunakan biasanya performa HP akan menurun akibat banyaknya saja atau file sampah.

2. Memperbaiki berbagai macam error

HP Merupakan salah satu alat elektronik yang cukup sering mengalami masalah. Beberapa error biasanya akan membuat HP mati sendiri restart sendiri ketika digunakan.

Hal seperti itu tentunya akan sangat menjengkelkan jika terjadi pada saat-saat penting. Dengan melakukan flash sistem akan dikembalikan seperti awal dan mungkin beberapa error yang terjadi akan teratasi.

3. Menghemat biaya

Ketika bisa melakukan flash diri tentunya Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar tukang service. Itu artinya Anda bisa menghemat dan uang Anda bisa digunakan untuk hal lain yang mungkin lebih berguna.

Cara Flash HP Samsung Dengan Odin

Bagi Anda yang masih pemula, melakukan flash dengan Odin bisa menjadi pilihan terbaik. Ini akan membantu Anda untuk bisa melakukan flash pada hp Samsung dengan mudah. Berikut langkah-langkah dalam melakukan flash pada HP Samsung menggunakan Odin.

1. Menyiapkan firmware yang cocok

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu adalah menyiapkan freeware yang cocok sesuai dengan HP Samsung anda. Karena setiap tiba memiliki firmware yang berbeda-beda dan harus diselesaikan jenisnya.

Untuk itu Anda perlu melakukan pengecekan tipe HP Samsung yang Anda miliki. Setelah itu Anda bisa mencari di Google mengenai firmware yang cocok dan terbaru dari HP Samsung yang ada .

2. Unduh aplikasi Odin

Odin Adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan flash pada HP Samsung. Disarankan untuk mengunduh aplikasi Odin terbaru agar Anda bisa mendapatkan fitur yang lengkap.

Cara mendapatkan aplikasi satu ini dengan sangat mudah melalui internet. Sudah tersedia berbagai macam website yang menyediakan link download aplikasi Odin.

3. Install USB driver Samsung dan siapkan kabel USB

Langkah selanjutnya yaitu adalah Anda perlu menginstal USB driver Samsung dan juga kabel USB. Nantinya kabel USB akan digunakan untuk menghubungkan PC yang Anda gunakan dengan HP Samsung yang akan di flash.

4. Melakukan Backup data

Cara flash HP Samsung selanjutnya melakukan backup data. Usahakan semua data penting di backup, agar nantinya Anda tidak kehilangan data-data yang mungkin akan dibutuhkan kembali.

5. Masuk ke mode download

Untuk masuk ke mode download Anda bisa menekan tombol power, tombol home, dan volume bawah. Tekan secara bersamaan dalam waktu beberapa detik hingga nantinya Anda Akan melihat tulisan warning.

Setelah tulisan warning keluar, Anda perlu menekan tombol apakah nantinya proses dilanjutkan ke mode download.

6. Hubungkan HP ke PC dengan menggunakan kabel USB

Cara flash HP Samsung selanjutnya yaitu adalah hubungkan HP ke PC dengan menggunakan kabel USB yang telah disiapkan sebelumnya.

7. Membuka software Odin

Jika hp sudah dihubungkan menggunakan kabel USB Anda perlu membuka software Odin untuk memastikan jika sudah terjadi koneksi. Untuk melihat sudah terkoneksi atau belum,Anda bisa melihat pada bagian id:com.

Setelah itu Anda perlu masuk ke menu option. Pastikan jika hanya ada dua yang dicentang pada bagian tersebut yaitu Auto Reboot dan F. Reset Time.

8. Masukkan firmware ke Odin

Jika Beberapa pengaturan sebelumnya sudah dilakukan maka selanjutnya yaitu adalah memasukkan firmware ke Odin. Jika Anda menggunakan Freeman One Piece maka bisa mencentang AP atau PDA, kemudian cari firmware yang telah Anda siapkan tadi.

9. Tekan tombol start

Langkah terakhir yaitu adalah mengklik tombol Start yang terdapat pada bagian bawah aplikasi Odin.

Cara flash HP sebenarnya dapat dilakukan dengan cukup mudah oleh siapa saja. Tutorial mengenai cara flash HP Samsung dengan menggunakan odin di atas semoga bermanfaat sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar tukang service.

Originally posted 2022-01-29 09:49:00.