5 Cara Mengetahui iPhone Asli atau Palsu Paling Mudah

Brand iPhone atau yang disebut juga dengan Apple yang identik dengan gambar apel yang digigit sedikit terkenal dengan kualitas ponsel pintarnya. Beberapa pengguna juga menyadari bahwa kualitas dan harga perangkat dari Apple ini sangat berbanding lurus. Sayangnya ada saja produk tiruan yang membuat penggunanya harus paham cara mengetahui iPhone asli atau palsu sebelum membelinya.

Dewasa ini juga penggunaan iPhone semakin populer dan membuat banyak orang ingin menggunakan, meskipun bukan aslinya. Sebenarnya hal ini tidak boleh dilakukan. Selain akan merugikan pasar hal ini juga merugikan konsumen yang tidak tahu.

Cara mengetahui iPhone asli atau palsu

Perhatikan cara mengetahui iPhone asli atau palsu yang ada di bawah ini agar terhindar dari tindak penipuan dari harga yang murah yaitu:

1. Tulisan Perilisan Negara

Masuk pembahasan yang pertama mengenai cara mengetahui iPhone asli atau palsu adalah melakukan pengecekan negara perilisan. Pada iPhone asli yang dibuat akan ada penjelasan atau tulisan “Designed Apple California” atau didesain oleh Apple California. Selain itu perlu juga ada “Assembled in China” yang keduanya harus ada, jika tidak ada maka iPhone itu dapat dipastikan palsu.

#TRENDING  Penyebab Dan Cara Mengatasi Pengisian Baterai Hp Yang Lama

2. Rahasia dalam Nomor Model

Setiap smartphone tentu memiliki nomor model yang terdiri dari rangkaian huruf dan angka serta menggambarkan smartphone tersebut. Begitu juga dengan iPhone yang memiliki nomor model dan memiliki arti dari rangkaian nomor tersebut. Biasanya nomor model iPhone akan dimulai dengan huruf M, F, R, atau P kemudian dilanjutkan dengan kombinasi huruf dan angka lainnya.

Sebagai informasi bahwa M, F, R, dan P memberikan beberapa arti pada iPhone. Seperti M yang berarti perangkat terbaru, kemudian F yang merupakan versi refurbished. Lalu R yakni iPhone pengganti dan P yang berarti personal. Ketika iPhone tidak memiliki nomor model yang diawali dengan M, F, R, atau P maka dapat dipastikan palsu.

3. Cek Tombol Pada Fisik iPhone

Selanjutnya cara mengetahui iPhone asli atau palsu adalah dengan memperhatikan tombol timbul yang berada pada fisik iPhone. Tergantung pada jenis atau seri iPhone tertentu, tetapi umumnya seluruh iPhone memiliki tombol aktif daya di kanan atas dan volume serta switch di kiri. Berbeda dengan iPhone palsu, tombol fisiknya berada pada tempat yang aneh atau tidak wajar.

#TRENDING  5 Cara Membuat Hp Android Menjadi Webcam Dengan USB

4. Tingkat Kejernihan Layar iPhone

Berikutnya adalah tingkat kejernihan layar iPhone yang asli memiliki teknologi retina display, sehingga layarnya sangat jernih dan memiliki gambar yang jelas. Di sisi lain, pada iPhone yang palsu mungkin tidak memiliki teknologi ini sebab memang harga penciptaannya yang cukup mahal. Oleh karena itu, layarnya mungkin memiliki piksel halus yang sedikit mengganggu.

5. Cara Cek iPhone ori dengan nomor seri

Terakhir untuk membedakan iPhone palsu dan asli adalah dengan mengecek serial number atau IMEI yang tidak mungkin dapat dipalsukan. Pasalnya serial number hanya dapat dituliskan dengan menggunakan data perusahaan saja.

Untuk mengeceknya, tulis check coverage Apple pada bar pencarian kemudian klik situs tersebut yang dapat mengecek IMEI iPhone. Kemudian tuliskan IMEI yang dapat diperoleh dengan menghubungi *#06# dan salin pada situs sebelumnya. Ketika muncul hasil yang benar mengenai iPhone yang digunakan, maka dapat dipastikan bahwa iPhone yang dimiliki asli.

#TRENDING  5 Cara Membersihkan Android Dari Sampah, Dijamin Ampuh!

Itulah beberapa cara mengetahui iPhone asli atau palsu yang dapat dilakukan bagi yang ingin membeli tetapi takut mendapatkan barang yang palsu. Untuk mencegah memperoleh barang palsu, jangan tergiur atau tertarik pada iPhone yang sangat murah hingga berada di bawah pasar. Pasalnya harga yang terlalu murah mungkin barang tersebut palsu, rusak, atau tidak resmi digunakan.