Cara Merawat Baterai Iphone Agar Tidak Kembung dan Stabil

Baterai merupakan salah satu aspek di iPhone yang sering membuat penggunanya dilema. Karena baterai iPhone termasuk mudah kembung apalagi jika digunakan secara berlebihan. Namun, ternyata ada cara merawat baterai iPhone agar tidak kembung dan tetap stabil. Caranya pun sebenarnya sangat mudah untuk diterapkan.

Baterai iPhone ternyata bisa cukup awet jika digunakan dengan benar. Bahkan baterai health atau presentasi kesehatan baterainya bisa bertahan lama dengan cara-cara yang akan diulas di bawah ini.

Cara Merawat Baterai Iphone

Langsung saja, berikut cara untuk merawat baterai iPhone agar tidak kembung. Selain itu, untuk menjaga kesehatan baterainya agar tetap stabil.

1. Menghindari Suhu Tinggi Saat Penggunaan

Hal pertama yang harus diperhatikan pengguna iPhone adalah suhu saat penggunaan perangkat. Usahakan untuk tidak menggunakan perangkat iPhone ketika berada di lingkungan dengan suhu yang tinggi atau terlalu panas. Pada website resminya sendiri, pihak iPhone sudah menjelaskan bahwa iPhone tidak diperuntukan untuk penggunaan di lingkungan yang panas.

Iphone memang didesain agar bekerja dengan baik di suhu ruangan yaitu pada kisaran 16 derajat celcius hingga 22 derajat celcius saja. Penting bagi pengguna untuk menghindari lingkungan atau ruangan dengan temperatur yang tinggi, terutama lingkungan dan ruangan yang suhunya di atas 35 derajat celcius. Pada suhu ini, baterai bisa cepat kembung dan kesehatannya menurun.

2. Melepas Case Saat Di Charge

Menggunakan case pelindung adalah hal umum yang dilakukan para pengguna iPhone. Namun, demi menjaga kestabilan baterai. Lebih baik case ini dilepas ketika iPhone sedang diisi ulang dayanya. Masih berhubungan dengan cara yang pertama. Menggunakan case saat charger iPhone bisa menambah suhu dan panas pada perangkat iPhone.

Hal ini karena iPhone kekurangan ruang untuk melepaskan panas dari proses pengisian daya. Karena itu, sangat disarankan untuk melepaskan case pelindung ketika pengguna mengisi ulang daya iPhone.

3. Charger dengan Charger Original

Cara merawat baterai iPhone agar tidak kembung selanjutnya adalah menggunakan charger original ketika  mengisi ulang daya. Hal ini sebenarnya tidak hanya berlaku pada perangkat Apple saja, namun juga perangkat dari brand dan tipe lain juga.

Jika pengguna ingin baterainya tidak cepat kembung dan stabil baterainya. Sangat disarankan untuk menggunakan charger original yang memang diperuntukan untuk tipe smartphone tersebut. Charger original sudah disesuaikan daya dan kecepatan isinya dengan perangkat smartphone.

Dengan begitu, baterai tidak akan kelebihan daya atau ketidaksesuaian saat pengisian. Hal ini tentu saja membuat kondisi baterai lebih terjaga dan tidak mudah menjadi kembung.

4. Mengaktifkan FItur Optimized Battery Charging

Fitur Optimized Battery Charging adalah salah satu fitur pengisian baterai yang ada di perangkat iPhone. Fitur ini akan secara otomatis menghentikan pengisian baterai ketika baterai sudah terisi penuh. Bahkan, fitur ini bisa melambatkan pengisian baterai ketika sudah mencapai 80 persen.

Fitur ini mencegah baterai iPhone menjadi overcharged apalagi mengisi charger dalam waktu lama bisa mengakibatkan baterai iPhone menjadi panas dan tentu saja menjadi lebih mudah kembung.

5.  Menggunakan Low Power Mode Saat Dibutuhkan

Ketika baterai iPhone sudah hampir habis, jangan paksakan baterai untuk bekerja dalam mode yang maksimal. Aktifkan fitur Low Power Mode untuk mengurangi kinerja baterai. Fitur ini selain membuat baterai iPhone bisa bertahan lebih lama. Dapat mengurangi kinerja baterai juga, karena kinerjanya lebih ringan tentu saja baterai lebih stabil.

Itulah cara merawat baterai iPhone agar tidak kembung dan tetap stabil. Dengan melakukan cara-cara di atas, baterai iPhone dapat bertahan lebih lama, tidak mudah kembung, dan tidak merusak perangkat iPhone juga.

Originally posted 2022-02-05 18:37:00.