Cara Mengatasi Memori Internal Oppo A3S Penuh dengan Mudah

Cara Mengatasi Memori Internal Oppo A3S Penuh – Oppo A3S merupakan salah satu ponsel yang cukup digemari karena kecanggihan kamera dan ColorOS. Akan tetapi, ponsel ini tidak luput dari masalah keterbatasan ruang penyimpanan. Atas dasar inilah informasi mengenai cara mengatasi memori internal Oppo A3S penuh sangat dibutuhkan bagi para penggemarnya. Jika mengalami masalah tersebut, berikut cara mudah mengatasinya.

Cara Mengatasi Memori Internal Oppo A3S Penuh

Beberapa cara di bawah ini adalah hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi memori internal oppo A3s penuh . yaitu :

1. Hapus Data yang Terdapat di Aplikasi

Cara mengatasi memori internal Oppo A3S penuh yang pertama adalah dengan menghapus data yang terdapat pada aplikasi. Beberapa aplikasi seperti Games, Instagram, Facebook, dan YouTube memakan penyimpanan cukup banyak sehingga ruang menjadi terbatas kemampuannya. Oleh karenanya rajin-rajinlah membersihkan berkas secara berkala.

#TRENDING  Cara Reset Hp Samsung Lupa Pin yang Mudah Dilakukan

Untuk menghapus data, pengguna hanya perlu menuju Menu Settings, lalu cari opsi Manajemen Aplikasi. Setelah itu, klik pilihan tersebut, nantinya muncul tampilan ikon aplikasi yang terdapat pada ponsel. Silahkan memilih aplikasi yang akan dihapus kemudian tekan tombol Hapus Data, otomatis akan kembali seperti semula.

2. Gunakan Memori Eksternal

Cara yang kedua yaitu menggunakan memori eksternal sebagai penyimpanan cadangan. Pengguna bisa memilih dan membelinya sesuai besaran ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan file atau berkas penting. Jadi, memori internal pada ponsel tidak akan kepenuhan, yang artinya dapat digunakan dalam mengunduh aplikasi atau media lain.

Apabila memori eksternal telah ada pada ponsel, silahkan pindahkan file atau aplikasi ke dalamnya dengan teratur lewat menu Settings. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu opsi Pindah Kartu SD telah ditemukan. Hal ini karena, kalau seandainya belum terlihat, maka berkas tidak dapat dialihkan ke memori eksternal.

3. Copot Aplikasi yang Tidak Terpakai

Cara mengatasi memori internal Oppo A3S penuh selanjutnya adalah dengan mencopot pemasangan aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Pasalnya aplikasi ini bisa membuat ruang penyimpanan menjadi terganggu. Pengguna dapat memilih aplikasi mana yang ingin di uninstall mulai dari bawaan ponsel atau yang diunduh dari platform.

Opsi uninstall aplikasi ini terdapat pada Menu Settings di ponsel pada bagian Manajemen Aplikasi. Seperti game yang sudah tidak dimainkan lagi atau aplikasi media lainnya. Untuk aplikasi bawaan dari ponsel, pengguna harus memastikan bahwa aplikasi tersebut bisa dicopot pemasangannya.

#TRENDING  Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Bisa Menerima SMS Termudah

4. Hapus Foto atau Video yang Tersimpan pada Media Sosial

Cara ini hampir mirip dengan menghapus data aplikasi sebelumnya, namun disini yang dibersihkan adalah foto atau video. Terlebih video offline yang tersimpan pada YouTube cukup banyak memakan ruang penyimpanan. Sebaiknya pengguna setelah menonton langsung menghapus video tersebut, jangan sampai mengganggu memori internal.

Selain video, foto yang tersimpan pada media sosial pun membuat memori internal menjadi terganggu. Apabila pengguna sudah tidak membutuhkannya lagi, maka mulailah menghapus satu per satu agar tidak ada yang terlewat. Pengguna juga bisa menyetel pengaturan penyimpanan pada media sosial ke memori cadangan ponsel.

5. Lakukan Reset Pabrik pada Ponsel

Cara mengatasi memori internal Oppo A3S penuh yang satu ini merupakan pilihan terakhir apabila memang opsi di atas tidak berhasil. Sebelumnya, pastikanlah bahwa semua data atau aplikasi yang dianggap penting sudah dipindahkan ke penyimpanan eksternal. Hal ini karena seperti namanya reset pabrik yang artinya kembali ke setelan awal.

#TRENDING  Penyebab dan Cara Mengembalikan Suara HP Oppo yang Hilang

Pengguna dapat menuju menu Settings lalu cari Reset Pabrik untuk mengembalikan ponsel pada setelan awal. Setelah itu, tunggu beberapa menit sampai ponsel benar-benar sudah kembali ke pengaturan semula agar dapat digunakan. Dengan begitu perangkat akan terasa seperti baru lagi tanpa ada berkas lainnya.

Sekian cara mengatasi memori internal Oppo A3S penuh yang dapat dipilih oleh pengguna dan bisa langsung dicoba. Tentu pengguna tidak perlu khawatir lagi saat ingin mengunduh aplikasi atau file karena kinerja ponsel sudah kembali optimal.