Cara Mengatasi WiFi Menolak Akses Di HP Oppo

Permasalahan terkait kegagalan masuk jaringan WiFi pada ponsel pintar tampaknya sudah sering terjadi termasuk pada perangkat Oppo. Tentu hal ini tidak boleh dibiarkan terus berlarut-larut karena dapat menghambat setiap pekerjaan yang membutuhkan koneksi internet.

Cara mengatasi WiFi menolak akses di HP Oppo

Di bawah ini akan dibahas cara mengatasi WiFi menolak akses di HP Oppo khusus buat para penggunanya:

1. Lakukan Pengecekan WiFi pada Perangkat   

Cara mengatasi WiFi menolak akses di HP Oppo yang pertama adalah mengecek apakah jaringan sudah tertaut secara tepat pada perangkat atau belum. Salah satunya dengan melihat pengguna ponsel di sekitar, jika baik-baik saja maka kemungkinan gangguannya berada di HP Oppo milik pribadi.

Coba untuk mengulang kembali memasukkan username dan password WiFi dengan benar pada HP Oppo. Pastikan tidak ada yang keliru karena kebanyakan pengguna kurang tepat saat menginput kombinasi Router akses internet sehingga koneksi tidak tersambung.

#TRENDING  Cara Menginstal Ulang Ponsel Realme C11

2. Lakukan Restart atau Mulai Ulang pada Perangkat

Apabila langkah pertama belum bisa membuat koneksi berjalan dengan lancar, maka kemungkinan HP Oppo butuh untuk dilakukan mulai ulang. Pengguna dapat me-restart melalui tombol power yang terletak pada sisi perangkat. Setelah selesai prosesnya, tunggu beberapa menit sampai HP Oppo benar-benar sudah kembali normal

Kemudian pengguna dapat langsung menghubungkan WiFi yang diinginkan dengan HP Oppo milik pribadi. Hanya saja, jika belum berhasil menyambungkan jaringan, maka bisa saja terjadi kendala pada Router penyedia akses internet.

3. Lakukan Restart pada Router

Jika HP Oppo belum dapat tersambung internet padahal sudah melakukan mulai ulang OS, maka jangan panik. Cara mengatasi WiFi menolak akses di HP Oppo berikut ini cukup mudah dilakukan. Pengguna hanya perlu me-restart Router dengan mematikannya terlebih dahulu. Pastikan juga lampu indikator sudah menyala secara normal atau belum.

Lampu indikator ini merupakan tanda dari Router apakah dalam kondisi yang baik atau tidak. Masalah yang terjadi biasanya disebabkan oleh gangguan jaringan internet sendiri atau kabel yang putus. Segera hubungi operator penyedia jika kendala seperti yang telah disebutkan.

#TRENDING  Cara Menginstal Ulang HP Xiaomi 6a Dengan Metode Hard Reset

4. Lakukan Reset pada Pengaturan WiFi

Apakah HP Oppo sudah berhasil terhubung dengan internet setelah dilakukan restart pada Router? Jika belum, jangan khawatir karena mungkin saja kendalanya terdapat pada pengaturan WiFi di perangkat. Pengguna bisa menuju menu Settings lalu cari App Management, kemudian tekan opsi All.

Setelah itu, pilih WiFi Settings kemudian klik ikon Clear dan Cache nantinya kalau berhasil jaringan internet bisa langsung tersambung. Mungkin tidak semua HP Oppo memiliki pengaturan yang sama, namun pengguna tetap dapat melakukan kustomisasi pada WiFi Settings. Oleh karena itu, sebaiknya setiap pemilik ponsel harus mengetahui letak dari menu-menu penting.

5. Lakukan Pengecekan Jumlah Orang yang Memakai WiFi

Cara mengatasi WiFi menolak akses di HP Oppo yang terakhir ini terbilang cukup mudah dilakukan. Pasalnya pemilik jaringan dapat dengan gampang mengecek jumlah pengguna yang sedang memanfaatkan WiFi. Alasan hal ini dilakukan karena ada sebagian dari provider yang membatasi penggunaan akses internet sehingga koneksi tidak bisa tersambung.

#TRENDING  Cara Backup Semua Data di Hp Oppo Anti Ribet

Pemilik dapat mengatur IP per perangkat atau mematikannya sesuai keinginan, dengan begitu koneksi internet akan kembali stabil. Jika memang pengguna lain sangat membutuhkan akses, mungkin pemilik bisa menunggu terlebih dahulu sampai selesai.

Itulah beberapa cara mengatasi WiFi menolak akses di HP Oppo yang tidak terlalu sulit untuk diterapkan oleh pengguna. Tentu dengan jaringan yang dapat tersambung secara lancar akan lebih nyaman dalam browsing, streaming, chatting, atau bermain game.