3 Cara Menghilangkan Bercak Putih pada Layar Android dengan Mudah

Panduan kali ini adalah cara menghilangkan bercak putih pada layar Android , yang mana hal ini sering terjadi pada ponsel android pengguna . tentunya jika ponsel hal semacam itu , maka akan membuat pengguna menjadi resah karena merasa takut ponsel kesayangan sudah mulai rusak .

Pengguna Android pasti pernah mengalami masalah pada ponsel yang sedang digunakannya, baik itu dari sistem atau dari segi lainnya. Masalah yang sering terjadi adalah kerusakan pada layar, salah satunya adalah terdapat bercak putih di layar.

Cara menghilangkan bercak putih pada layar Android

Cara menghilangkan bercak putih pada layar Android bisa di lakukan dengan beberapa cara yang akan saya sebutkan di bawah ini . diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Cara menghilangkan bercak putih pada layar Android dengan Metode Freezer

Cara menghilangkan bercak putih pada layar Android yang pertama dapat menggunakan metode freezer, metode ini memang belum diketahui oleh banyak orang. Akan tetapi, cara ini dinilai cukup ampuh untuk menghilangkan bercak putih tersebut. Berikut cara mudahnya:

  • Matikan terlebih dahulu ponsel yang akan dihilangkan bercak putihnya.
  • Setelah itu, lepaskan semua perangkat ponsel tersebut, mulai dari kartu SIM, kartu memori, hingga baterai jika memungkinkan.
  • Kemudian siapkan juga satu lembar plastik yang agak lebar atau bisa juga disesuaikan dengan ponsel. Hal yang terpenting ponsel harus bisa masuk ke dalam plastik tersebut.
  • Setelah ponsel dapat masuk dengan sempurna, tutuplah bagian atas plastik tersebut hingga udara tidak bisa masuk ke dalam.
  • Jika dipastikan sudah tertutup semua, masukkan kantong plastik yang berisi ponsel tadi ke dalam sebuah freezer pada lemari es.
  • Lalu diamkan saja selama 5 jam atau bisa juga lebih, setelah 5 jam keluarkan ponsel tersebut.
  • Keluarkan ponsel dari plastik, diamkan ponsel hingga suhunya berubah dan tidak dingin lagi. Setelah suhunya kembali normal, rakit kembali ponsel tersebut dan cek kembali apakah bercak putih tersebut masih ada atau tidak.

2. Metode Jarum

Cara selanjutnya ini menggunakan metode jarum, metode satu ini sering digunakan oleh tukang service untuk mengatasi masalah ini. Pengguna cukup menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan lalu tinggal mengaplikasikannya ke dalam ponsel tersebut. Agar lebih jelas bisa mengikuti arahan di bawah ini:

  • Siapkah terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan yaitu kain yang lembut, jarum atau peniti, serta obeng dengan ukuran yang disesuaikan dengan baut pada ponsel itu. Bukalah casing ponsel tersebut, lalu pasang kembali casing bagian belakang. Jadi, yang tersisa hanya baterainya saja dan ponsel akan tetap menyala dengan keadaan casing bagian depan terbuka.
  • Setelah itu, buka touchscreen ponsel tersebut, bukalah secara pelan dan hati-hati. Langkah ini diperlukan agar dapat menyentuh bagian dalam ponsel tersebut.
  • Lalu siapkan kain lembut tadi dan usap secara perlahan pada bagian bercak putih pada ponsel. Usap bagian tersebut hingga bagian bercak putih dapat bergeser ke bagian pinggir ponsel.
  • Jika sudah tergeser semua, pada bagian pinggir tersebut harus diberi sedikit penekanan. Caranya yaitu dengan menusuk dengan jarum atau peniti, tusuklah hingga ada udara yang masuk dan dapat menghilangkan bercak putih tadi.
  • Lakukan hal tersebut secara terus menerus hingga semua bercak putih dapat hilang semua. Biasanya tidak akan hilang dalam seketika dan membutuhkan waktu yang agak lama jika ingin hilang dengan sempurna.

3. Metode Tempel

Cara yang terakhir ini paling mudah dibanding dengan 2 cara di atas, untuk cara satu ini pengguna tidak perlu membuka casing atau pun membongkarnya. Tentunya hal ini akan lebih menghemat waktu dan meminimalisir kerusakan lebih dalam. Berikut ini cara yang bisa digunakan:

  • Siapkan alat serta bahan yang dibutuhkan seperti solasi bening, kain yang lembut, cairan alkohol, serta karet kop kaca.
  • Setelah itu, lepaskan TG atau TemperedGlass dengan hati-hati atau bisa jga dengan menggunak solasi bening untuk menariknya. Lakukan secara perlahan agar layar TG tidak rusak atau pecah.
  • Lalu tempelkanlah karet kop kaca pada layar ponsel yang terkena bercak putih. Tariklah dengan pelan dan lakukan hal tersebut sampai semua bercak putih hilang semua.
  • Setelah semua bercak putih hilang, bersihkan layar menggunakan kain yang lembut yang telah ditetesi cairan alkohol.
  • Pasang kembali Tempered Glass dan cek kembali apakah semua bercak putih sudah hilang semua atau belum.

Itulah 3 cara menghilangkan bercak putih pada layar Android yang sangat mudah dilakukan. Gunakan cara tersebut dengan teliti agar tidak merusak sistem lain yang ada di dalam ponsel.

Originally posted 2022-02-12 21:41:59.