Cara Backup Semua Data di Hp Oppo Anti Ribet

Cara Backup Semua Data di Hp Oppo – Sebuah data di ponsel memang sebagian besar sangat penting, data-data tersebut bisa saja terhapus jika tidak dilakukan pencadangan atau backup. Padahal pencadangan merupakan hal yang sangat penting untuk meminimalisir hilangnya sebuah data.

Banyak hal yang mungkin bisa terjadi pada ponsel kita, mungkin karena kelalaian ataupun tanpa di sengaja pengguna ponsel telah menghapus data yang tersimpan pada ponselnya . bisa berupa file , gambar , video penting yang tentu saja jika file ini hilang akan membuat pemiliknya akan gundah gulana jadinya .

Cara Backup Semua Data di Hp Oppo

Pada artikel ini akan diberikan cara backup semua data di hp Oppo yang mudah dilakukan. Penjelasan lebih rincinya bisa mengikuti prosedur di bawah ini:

1. Backup Secara Otomatis

Cara backup semua data di hp Oppo yang pertama ini digunakan apabila pengguna ingin mencadangkan semua datanya secara otomatis. Jadi, pengguna tidak perlu bolak-balik mencadangkan karena semua data akan dicadangkan sendiri sewaktu-waktu. Berikut ini cara yang bisa pengguna gunakan untuk backup data secara otomatis:

  • Buka ponsel Oppo lalu cari aplikasi Google One yang biasanya sudah ada dari bawaan ponsel.
  • Bukalah aplikasi Google One, lalu pilih menu “Penyimpanan” yang terletak di atas. Setelah itu, gulirkan sampai ke bawah hingga menemukan menu “Pencadangan Perangkat”.
  • Lalu pada menu tersebut, akan muncul dua pilihan yaitu jika itu merupakan mencadangkan ponsel untuk pertama kalinya, maka klik menu “Siapkan Pencadangan Data”. Jika itu buka pencadangan yang pertama maka pilihlah menu “Lihat Detail”.
  • Selanjutnya pilihlah menu “Kelola Pencadangan”, aturlah pengaturan cadangan untuk ponsel pengguna.
  • Biasanya pada menu tersebut akan ada beberapa arahan untuk melakukan beberapa hal. Jika sudah mengikuti semua arahan maka bisa kembali lagi ke aplikasi Google One. Lalu klik menu “Berikan Izin”, pencadangan otomatis sudah aktif dan akan melakukan backup sewaktu-waktu.
#TRENDING  7 Cara Mengatasi Layar HP Vivo Bergerak Sendiri, Simpel dan Anti Ribet!

2. Backup Secara Manual

Cara yang kedua ini bisa digunakan bagi pengguna Oppo yang tidak ingin mencadangkan semua datanya secara otomatis. Cara berikut ini dapat dilakukan dengan cara manual atau dapat digunakan jika hanya ingin mencadangkan beberapa data saja. Untuk lebih lengkapnya dapat mengikuti cara di bawah ini:

  • Bukalah ponsel Oppo milik pengguna dan langsung saja menuju menu pengaturan yang ada di ponsel.
  • Lalu pilihlah menu “Sistem” dan pilih juga menu “Cadangan” untuk mencadangkan data secara manual.
  • Di dalam menu tersebut akan muncul dua pilihan yaitu melalui Oppo Cloud atau melalui Server Google.
  • Pengguna bisa memilih salah satu fitur tersebut tergantung akan menyimpan data pada fitur yang mana.
  • Kemudian langsung saja klik menu “Cadangkan Sekarang” lalu pilih “Lanjutkan”. Proses pencadangan data pada hari itu akan segera berlangsung, jadi tidak semua data akan masuk ke dalam backup.

3. Backup Secara Online

Cara selanjutnya ini dapat dilakukan dengan online, metode ini dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi bawaan dari ponsel Oppo. Jika menggunakan cara ini, maka ponsel harus terhubung dengan jaringan yang lancar serta stabil agar proses backup dapat berjalan dengan nyaman. Berikut langkah yang bisa dilakukan:

  • Pada ponsel bukalah aplikasi O-Cloud yang merupakan aplikasi bawaan. Jadi, sudah dapat dipastikan aplikasi tersebut akan selalu ada di ponsel Oppo.
  • Setelah itu, masuklah menggunakan akun O-Cloud, jika belum punya maka bisa mendaftarnya terlebih dahulu. Jika sudah terdaftar maka bisa langsung masuk saja, gunakan username serta kata sandi dengan benar.
  • Pengguna bisa melakukan backup pada data yang diinginkan, pada aplikasi tersebut akan dimunculkan beberapa pilihan data yang akan di-backup.
  • Setelah memilih data yang akan dicadangkan, maka klik menu “Cadangkan Ke Cloud” untuk melakukan proses backup.
  • Data yang dipilih sudah tersimpan pada aplikasi tersebut dan bisa dibuka kembali jika pengguna membutuhkan. Di dalam aplikasi tersebut juga terdapat fitur “Restore” yang bisa digunakan untuk memulihkan data yang sudah dicadangkan tadi.
#TRENDING  Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Bisa Menerima SMS Termudah

Jadi, itulah cara backup semua data di hp Oppo dengan menggunakan berbagai metode. Pengguna bisa menggunakan salah satu cara yang paling mudah serta sesuai dengan kemampuan ponselnya.