3 Cara Kembali ke Pengaturan Pabrik HP Samsung Praktis dan Mudah!

Ada beberapa cara kembali ke pengaturan pabrik HP Samsung yang mudah dilakukan. Bisa melakukannya melalui menu pengaturan, menggunakan tombol kombinasi atau memakai kode reset. Mengembalikan keadaan HP Samsung kembali ke pengaturan awal ini dapat dilakukan ketika kinerja HP tiba-tiba menjadi lemot, panas, atau lupa password.

Jika anda masih bingung bagaimana cara melakukannya silahkan lakukan langkah-langkah yang telah saya tuliskan di bawah ini .

Cara kembali ke pengaturan pabrik HP Samsung

Berikut cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengembalikan ponsel ke setingan defaultnya agar kinerja ponsel seperti semula . yaitu sebagai berikut ini :

1. Melalui Menu Setting

Mengembalikan pengaturan HP Samsung ke kondisi awal yang pertama adalah menggunakan menu pengaturan (setting). Cara ini terbilang sebagai sebuah cara yang paling sederhana dan mudah karena untuk melakukannya tidak memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga. Di bawah ini adalah uraian mengenai langkah-langkahnya:

  • Masuklah pada bagian pengaturan dari HP Samsung yang ingin dilakukan reset factory.
  • Scroll terus kebawah hingga menemukan bagian general management, selanjutnya tekan tombol reset.
  • Berikutnya pilih pada bagian factory data reset untuk dapat melakukan pengaturan pabrik.
  • Scroll lagi ke bawah, klik bagian yang akan di reset dan proses reset pun dimulai. Tunggulah proses ini hingga selesai tanpa mengutak-atik gawai tersebut. Durasi proses factory reset tergantung pada seberapa besar file yang ada di dalam smartphone.
  • Setelah proses berhenti, maka berarti proses reset telah selesai. Pengguna bisa melakukan restart HP setelahnya, dan semua pengaturan telah kembali ke keadaan awal.

2. Menggunakan Tombol Kombinasi

Cara kedua untuk melakukan pengaturan awal HP Samsung adalah memanfaatkan tombol kombinasi. Jika menggunakan cara ini maka kondisikan HP Samsung yang akan di reset pengaturannya tersebut berada dalam kapasitas baterai minimal 60%.  Selain itu, pastikan juga jika semua tombol gawai masih dalam keadaan prima. Berikut adalah cara reset dengan tombol kombinasi:

  • Sebelum memulai proses, matikanlah HP Samsung. Selanjutnya tekan lalu tahan tombol untuk pengaturan volume suara dengan tombol power serta tombol home secara berbarengan.
  • Berikutnya diamkan saja dan tunggu sampai HP Samsung kembali menyala. Langkah selanjutnya masuklah ke fitur recovery mode.
  • Jika sudah, cari dan pilihlah menu factory reset atau bisa juga dengan cara wipe data, klik tombol OK dan segera memulai proses reset. Sebagaimana melakukan reset melalui menu setting, jangka waktu proses tidak dapat ditentukan. Semua tergantung pada jumlah file yang tersimpan pada smartphone.
  • Setelah proses reset untuk kembali ke pengaturan pabrik telah usai, maka lakukanlah reboot system agar HP Samsung dapat melakukan restart secara otomatis sesudahnya.
  • Sabar dan tunggu hingga HP Samsung kembali menyala sendiri.

3. Menggunakan Kode Reset

Cara kembali ke pengaturan pabrik HP Samsung yang ketiga adalah dengan memanfaatkan keberadaan kode reset. Caranya sangat mudah, pengguna tinggal  menginput sebuah kode USSD atau Unstructured supplementary service data Samsung. Agar lebih jelas, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Nyalakan HP Samsung kemudian masuk pada menu.
  • Selanjutnya ketikkan barisan kode berikut [b/]* 2767 *3855#[b/]. Pastikan kode itu ditulis dengan benar.
  • Lalu pencet tombol panggil (call).
  • Dengan melakukan proses tersebut di atas maka HP Samsung secara otomatis melakukan reset factory.

Meski langkah untuk mengembalikan pengaturan HP Samsung ke keadaan semula ini bisa dikatakan mudah, akan tetapi ada hal-hal yang menjadi perhatian khusus dan seksama. Hal tersebut adalah sebelum memulai prosesnya, simpanlah semua data penting yang ada di dalam HP Samsung. Pencadangan data dan file penting ini bisa memanfaatkan keberadaan media penyimpanan lain semisal flashdisk, memori eksternal atau memasukkannya ke Google Drive.

Demikianlah uraian petunjuk mengenai cara kembali ke pengaturan pabrik HP Samsung melalui 3 cara yang mudah dan praktis.  Selain data dan file, jangan lupa cadangkan juga kontak serta nomor telepon sebelum melakukan reset.

Originally posted 2022-02-15 18:31:00.