Cara Merekam Layar HP Samsung dengan Suara Mudah dan Praktis!

Rekam layar HP menggunakan suara adalah sebuah inovasi mutakhir yang diciptakan oleh pabrikan asal Korea Selatan ini. Cara merekam layar HP Samsung dengan suara juga sangat mudah dilakukan. Rekam layar atau lebih dikenal dengan nama screen recorder merupakan sebuah sistem aplikasi bawaan yang dipasang pada ponsel Galaxy dengan menggunakan program Android versi 11.

Beberapa varian HP Samsung dengan versi Android 11 yang termasuk golongan yang telah dilengkapi dengan sistem perekam layar dengan menggunakan suara adalah Galaxy Note 20, Galaxy S10, Galaxy S20. Tertarik untuk menggunakannya? Uraian di bawah ini akan menjelaskan bagaimana cara melakukannya.

Cara merekam layar HP Samsung

Di bawah ini langkah – langkah yang perlu anda lakukan agar proses perekaman layar hp samsung bisa berjalan dengan baik , yaitu sebagai berikut :

1. Bukalah Menu Quick Setting

Sebelum mulai menggunakan, perlu diketahui jika merekam layar memakai suara di HP Samsung ini tidak dapat digunakan untuk panggilan video maupun panggilan suara. Selain itu, beberapa aplikasi disebabkan oleh adanya batasan hak cipta, mungkin akan memblokir fitur keren ini.

Langkah pertama yaitu ambil HP Samsung yang ingin dihidupkan fitur perekam layar dengan suara. Kemudian pada halaman utama, usaplah layar menggunakan jari pada bagian atas ke bawah, carilah menu quick setting.

2. Temukan Menu Screen Recorder

Selanjutnya setelah masuk ke bagian menu quick setting, gulirkan layar ke arah kiri. Di halaman tersebut carilah tanda screen recorder. Apabila ternyata di halaman tersebut fitur yang dimaksud tidak tersedia, maka cari tanda pensil yang terletak di bawah sebelah pojok kiri untuk mendapatkannya.

3. Tentukanlah Jenis Pilihan Perekaman

Langkah selanjutnya adalah memilih jenis rekam layar yang diinginkan. Nantinya akan ada tiga pilihan di sini. “No Sound” jika ingin merekam tanpa ada suara, “Media Sound” jika akan melakukan perekaman dengan suara dari HP. Terakhir “Media sound and mic” untuk merekam layar dengan suara dari HP beserta mic (mirip seperti sulih suara).

4. Mulai Melakukan Perekaman

Cara merekam layar HP Samsung dengan suara berikutnya adalah sesudah pengguna menentukan pilihan jenis perekaman yang diinginkan, maka carilah tombol untuk dapat memulai perekaman layar. Dengan menekan tombol tersebut maka berarti proses perekaman layar pun mulai dilakukan.  

5. Hentikan Perekaman

Di bagian kiri sebelah atas ada sebuah tombol yang berisi pilihan untuk menghentikan perekaman. Melalui tombol kotak dengan tulisan “Tap to Stop” tersebut, pengguna HP Samsung dapat menghentikan proses perekaman jika dirasa telah cukup. Nantinya rekaman tersebut dapat dilihat di dua tempat, yaitu di dalam galeri gawai serta aplikasi Google Photos dimana hasil tersimpan.

6. Suntinglah Hasil Rekam Layar

Hasil rekam layar dengan menggunakan suara yang telah diperoleh tersebut dapat disunting oleh pengguna HP Samsung jika dirasa perlu. Hasil rekaman dapat dipotong untuk mempersingkat durasi dengan jalan memangkas di bagian-bagian yang dianggap tidak diperlukan.

Setelah selesai melakukan penyuntingan hasil perekaman, maka jika dikehendaki oleh pengguna HP Samsung. Hasilnya dapat dibagikan ke pihak lain. Platform yang digunakan untuk membagi bisa menggunakan aplikasi yang dikehendaki. Jangan lupa menu rekam layar dengan suara ini hanya tersedia pada jenis Samsung Galaxy yang telah memakai sistem Android 11.

Itulah uraian mengenai cara merekam layar HP Samsung dengan suara. Sungguh sebuah fitur yang sangat praktis disebabkan kemudahan pengaksesannya yang memungkinkan aksi dapat dilakukan langsung dari bar notifikasi. Melalui fitur baru ini, maka pengguna HP Samsung akan dapat berbagi karya dengan jauh lebih mudah. Beragam video react, rekaman gameplay hingga tangkapan layar meme dapat dibagikan.

Originally posted 2022-02-16 08:52:04.