Cara Mengatasi HP Samsung Lemot dan Panas

Cara mengatasi HP Samsung lemot dan panas ternyata sangat mudah untuk dilakukan sendiri di rumah. Keadaan yang membuat tidak nyaman para pengguna HP merek Samsung dan beragam merek lainnya ini sebenarnya adalah karena kesalahan yang dilakukan oleh para penggunanya sendiri.

Penggunaan banyak aplikasi yang memakan memori ponsel, tidak melakukan update perangkat lunak secara rutin dan berkala, serta banyak hal lagi lainnya adalah penyebab HP menjadi bekerja secara lemot dan panas.

Cara mengatasi HP Samsung lemot

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara agar ponsel merek Samsung dan lainnya tidak lemot dan panas, silahkan simak uraiannya berikut:

1. Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Seringkali seorang pemakai ponsel suka sekali melakukan penginstalan berbagai aplikasi gratis yang dianggap sangat menarik dan sepertinya dibutuhkan. Meski tidak salah dan terlihat sepele, namun apabila hal ini terus dilakukan maka banyak memakan jumlah memori yang tersedia.

#TRENDING  2 Cara Mempercantik Video Call WhatsApp Oppo dengan Mudah

Semakin banyak aplikasi yang diunduh, maka semakin banyak kapasitas RAM terpakai. Dengan melakukan langkah penghapusan beragam aplikasi yang didapat dari pihak ketiga di Google PlayStore, akan mampu untuk membuat kerja HP Samsung lebih ringan. Hal ini dapat terjadi karena kapasitas RAM menjadi meningkat.

2. Pakai Aplikasi RAM Booster

Untuk mengatasi permasalahan klasik HP lemot dan panas juga dapat dilakukan dengan pemakaian aplikasi penguat RAM. Aplikasi ini akan dapat membantu untuk melakukan penghematan RAM pada saat ponsel digunakan untuk kegiatan yang banyak menguras tenaga ponsel, semisal bermain gameplay.

3. Gunakan Aplikasi Antivirus

Menggunakan aplikasi antivirus adalah cara mengatasi HP Samsung lemot dan panas berikutnya. Meskipun di PlayStore tersedia banyak sekali antivirus gratis yang kinerjanya sangat mumpuni, namun jangan kalap untuk menginstal banyak aplikasi. Cukup pilih salah satu saja yang dirasa paling baik serta efektif kerjanya, untuk membantu mencegah virus menyerang gawai.

4. Perbarui Software Secara Berkala

Pengguna juga harus memperbarui software secara berkala. Masuklah ke menu setting HP Samsung untuk melihat aplikasi manakah yang membutuhkan pembaharuan. Dengan melakukan hal ini secara berkala, maka ponsel akan selalu mendapatkan pembenahan di banyak hal.

#TRENDING  Cara Memindahkan Data iPhone Lama ke Iphone Lain dengan Praktis

5. Bersihkan Cache

Setelah pemakaian sebuah aplikasi, maka pasti akan ada cache yang dihasilkan. Cache ini akan menumpuk menjadi sampah yang dapat berkontribusi pada lemotnya kinerja sebuah ponsel. Untuk menghindarinya, maka lakukan selalu pembersihan cache secara rutin. Caranya, masuk ke menu setting, cari menu storage kemudian langsung hapus cache.

6. Gunakan Launcher

Jika tidak ingin gawai menjadi lemot dan panas, maka salah satu cara yang disarankan adalah memasang aplikasi launcher. Dengan memakai launcher tambahan, maka konsumsi RAM saat smartphone bekerja akan dapat diminimalisir.

Khusus bagi HP Samsung, pengguna dapat mencari launcher tambahan yang direkomendasikan pada Samsung Starter. Disana rekomendasi akan diberikan atas dasar ukuran launcher yang kecil, namun antar muka penggunanya menarik.

7. Lakukan Factory Reset

Cara paling akhir yang dapat dilakukan ketika semua cara yang telah disebutkan di atas tidak juga dapat berhasil membuat HP tidak lemot dan panas adalah melakukan factory reset. Akan tetapi, yang perlu diingat jika melakukan pengaturan ulang pabrik ini maka semua data yang telah tersimpan akan dapat terhapus.

#TRENDING  Cara Menggandakan Aplikasi di HP Vivo Y91C Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Untuk mengatasinya, maka lakukan terlebih dahulu back up semua data yang dirasa penting yang tersimpan di dalam memori HP Samsung. Jika semua data penting dirasa telah aman, baru lakukanlah pengaturan ulang pabrik. Cara ini dipercaya sebagai salah satu jalan keluar paling efektif untuk meningkatkan kinerja sebuah ponsel.

Itulah uraian mengenai cara mengatasi HP Samsung lemot dan panas. Dengan menggunakan cara di atas, maka pengguna bisa mengatasi apabila HP Samsung yang dimiliki terasa panas dan lemot.