6 Cara Mengatasi WiFi HP Samsung yang Tidak Bisa Connect

Penting sekali bagi semua pengguna untuk mengetahui cara mengatasi WiFi HP Samsung yang tidak bisa connect berikut. Karena jika permasalahan itu terjadi, tentu akan sangat merepotkan. Apalagi saat ada tugas penting dan memerlukan jaringan internet. Masalah WiFi tidak tersambung biasanya disebabkan karena kesalahan, baik pada router ataupun perangkat.

Cara mengatasi WiFi HP Samsung yang tidak bisa connect

Adapun langkah dalam mengatasi wifi hp samsung yang tidak bisa connect adalah sebagai berikut ini :

1. Memastikan Router Tersedia

Ketika WiFi tidak dapat connect di smartphone Samsung, coba terlebih dahulu memeriksa router-nya. Pastikan apakah sudah bekerja dengan baik atau belum. Beberapa indikator yang perlu diperiksa adalah router dalam keadaan menyala. Selain itu, memastikan pula bahwa telah tersambung ke internet. Jangan sampai ponsel berada di luar radar WiFi router.

Jika WiFi tersebut milik pribadi, maka pengguna bisa melakukan reset pada router-nya. Cara ini dipercaya mampu membuat perangkat bisa mendeteksi jaringan tersebut. Tapi apabila sedang menggunakan WiFi di cafe atau tempat umum, bisa tanyakan kepada petugas. Karena semakin banyak perangkat, mungkin saja jaringan tidak connect.

2. Me-restart HP Samsung

Ketika sudah mencoba reset router tapi HP Samsung masih tidak bisa connect dengan jaringan WiFi, maka bisa melakukan cara ini. Restart memang diklaim dapat mengatasi segala masalah. Jadi tidak ada salahnya untuk menjajalnya. Caranya yaitu dengan membuka Panel Cepat dan mengklik ikon Daya. Setelah itu, bisa langsung memilih menu Reset.

3. Me-reset Pengaturan Jaringan

Cara mengatasi WiFi HP Samsung yang tidak bisa connect berikutnya yaitu dengan melakukan reset pada pengaturan jaringan. Karena saat berada di lokasi umum, secara otomatis perangkat akan menyimpan sinyal WiFi yang ditangkap. Jika terlalu banyak, mungkin saja jaringan yang baru masuk tidak dapat connect.

Untuk memperbaiki masalah tersebut, bisa mengikuti panduan berikut:

  • Bukalah menu Settings dan cari pilihan General Management.
  • Selanjutnya carilah menu Reset Network Settings.
  • Setelah itu, klik pilihan Reset Settings.
  • Setujui semua prosesnya dengan menekan Reset.
  • Secara otomatis data tentang WiFi, mobile data, dan bluetooth akan diatur ulang.

4. Memulai HP Samsung di Safe Mode

Atasi masalah pada HP Samsung ini dengan cara masuk ke Safe Mode. Dalam mode tersebut, pengguna perlu untuk menjajal jaringan WiFi-nya. Jika connect, maka bisa dipastikan ada aplikasi penyebab galat yang harus dihapus. Untuk masuk ke Mode Aman, ikutilah langkahnya di bawah:

  • Bukalah Pengaturan Cepat dan klik ikon Daya.
  • Sentuhlah ikon tersebut dan tahan hingga muncul Mode Aman.
  • Jika berhasil masuk, ditandai dengan tulisan Safe Mode di sudut bawah bagian kiri.

5. Memastikan Password Sudah Benar

Ketika memeriksa sambungan WiFi dan ada ikon gembok di sebelahnya, itu berarti ada kata sandi yang melindungi. Saat mencoba memulai koneksi, maka berhati-hatilah untuk memasukkan password. Pengguna perlu memastikannya benar dan sesuai. Sebab password dari jaringan WiFi sangat sensitif terhadap penggunaan huruf kapital.

6. Me-reset HP Samsung

Berbeda dari restart, proses reset akan menghilangkan semua data yang tersimpan dalam perangkat. Jadi sebelumnya pastikan bahwa berkas telah diamankan. Cara melakukan reset HP Samsung adalah:

  • Bukalah Pengaturan dan carilah Manajemen Umum.
  • Selanjutnya, klik pada menu Reset Data Pabrik.
  • Temukan tombol Reset dengan menggulir layar ke bawah.
  • Tinggal tekan Hapus Semua untuk memulainya.

Itulah penjelasan tentang cara mengatasi WiFi HP Samsung yang tidak bisa connect dengan mudah. Para pengguna tidak perlu panik jika suatu saat tidak dapat tersambung ke jaringan WiFi. Sebaiknya periksa dulu apakah perangkat lain mengalami masalah tersebut. Jika tidak, maka cara-cara di atas sangat layak dilakukan untuk mengatasinya.