Penyebab dan Cara Mengatasi HP Samsung Mati Hidup Sendiri

Bagi pengguna Samsung mungkin pernah atau bahkan sering mengalami handphone yang tiba-tiba mati sendiri. Keadaan ini cukup menjengkelkan apalagi saat handphone sedang digunakan. Masalah ini dapat disebabkan karena beberapa hal. Adapun mengenai penyebab dan cara mengatasi HP Samsung mati hidup sendiri akan dibahas pada artikel berikut.

Penyebab HP Samsung Mati dan Hidup Sendiri

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan HP Samsung sering mati dan hidup sendiri. Keadaan ini tentunya sangat mengganggu aktivitas pengguna. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Penyetelan Ulang Perangkat Internal

Saat handphone telah digunakan terlalu lama, maka dapat dengan sendirinya melakukan penyetelan ulang perangkat internal. Handphone akan mereset ulang perangkat internal untuk memuat ulang memorinya. Hal ini cukup normal dan tidak membahayakan ponsel. Namun sebaiknya lakukan reset pada handphone sendiri agar perangkat dapat berjalan lancar dan menghapus cache.

2. Baterai Rusak

Penyebab lain selain penyetelan ulang yaitu baterai handphone yang sudah rusak. Baterai handphone yang tidak mencukupi untuk menghantarkan arus listrik dapat membuat perangkat kerap mati hidup sendiri. Oleh karenanya, penting untuk membiarkan handphone tidak bekerja saat mengecas agar pengisian daya dapat optimal dan tidak merusak baterai.

3. Penggunaan CPU yang Tinggi

CPU ponsel bekerja untuk menjalankan beberapa aplikasi pada latar belakang. Terlalu banyak aplikasi di latar belakang dapat membuat kinerja CPU lebih keras. Alhasil CPU tidak dapat bekerja optimal dan akan membuat handphone mati secara otomatis. Jika mengalami hal ini maka sebaiknya bekukan beberapa aplikasi dan reset handphone agar kembali normal.

4. Tombol Power Rusak

Penyebab handphone Samsung sering mati hidup sendiri bisa saja disebabkan karena hal sepele seperti tombol power yang rusak. Jika tombol yang digunakan untuk menghidupkan dan mematikan handphone rusak, maka dapat menyebabkan handphone mati hidup sendiri. Jika mengalami hal ini maka sebaiknya perbaiki tombol pada layanan service handphone.

5. Bug pada Firmware

Sering kali produsen handphone melakukan bug pada firmware untuk memperbaiki perangkat yang berjalan lambat dan menyebabkan ketidakstabilan pada sistem. Oleh karenanya, pada perangkat sering muncul notifikasi untuk memperbarui sistem. Semakin update sistem pada handphone, maka kemungkinan handphone mati dan hidup sendiri semakin kecil.

Cara Mengatasi Hp Samsung Mati Hidup Sendiri

Setelah mengetahui penyebab mengapa handphone sering mati dan hidup sendiri, pengguna juga perlu mengetahui cara mengatasinya. Berikut cara mengatasi hp samsung mati hidup sendiri:

1. Menghapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Terlalu banyak menyimpan aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan dapat membuat memori HP penuh. Hal ini akan berakibat pada kinerja ponsel yang berat. Untuk itu, hapus aplikasi yang tidak terlalu penting untuk menghindari kerusakan pada perangkat.

2. Mendinginkan Handphone

Selain cara diatas, pengguna dapat mendinginkan handphone beberapa saat agar CPU tidak terlalu panas. Handphone yang terus menerus digunakan dalam waktu yang lama membuat overheat dan menyebabkan kerusakan pada komponen. Untuk mencegah kerusakan ini beri waktu istirahat untuk handphone 30-60 menit.

3. Melakukan Flash

Cara mengatasi HP Samsung mati hidup selain menggunakan cara di atas yaitu dengan melakukan flash. Flashing HP akan membuang semua data-data pada ponsel, sehingga membuatnya menjadi tampilan default seperti semula. Sebelum melakukan flash, lebih baik backup data-data penting terlebih dahulu untuk menghindari kehilangan data.

4. Bawa ke Service Samsung

Jika cara-cara di atas tidak bekerja, maka sudah saatnya pengguna membawa ponsel ke service center untuk melihat kerusakan yang terjadi. Pelayanan di service center akan memungkinkan pengguna mengetahui kerusakannya dan dapat ditangani oleh ahlinya.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi HP Samsung mati hidup sendiri yang dapat dilakukan sebelum kerusakan semakin parah. Untuk menghindari hal di atas sangat penting untuk memahami perawatan handphone agar tidak mudah rusak.

Originally posted 2022-02-16 20:16:00.