3 Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung agar Privasi Terjaga

Mengunci aplikasi di HP Samsung menjadi sebuah kebutuhan bagi para penggunanya karena alasan untuk menjaga privasi. Dengan selalu mengunci aplikasi penting miliknya, maka berbagai kejadian yang dapat menjadi potensi merugikan bagi pemilik sebuah ponsel akan dapat diminimalisir. Cara mengunci aplikasi di HP Samsung juga sangatlah mudah dilakukan.

Dengan begitu, privasi pemilik ponsel akan lebih terjaga. Privasi adalah sebuah hal yang mutlak serta tidak dapat ditawar-tawar. Hal ini karena, keberadaan sebuah smartphone saat ini bukan saja sebagai sebuah alat komunikasi pribadi. Akan tetapi, dapat menjadi sebuah alat penyimpanan berbagai hal penting lainnya.

3 Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung

Berikut cara yang bisa dilakukan guna mengunci aplikasi di hp samsung yang perlu anda tahu . yaitu :

1. Menggunakan Kunci Bawaan Samsung

Cara ini adalah sebuah langkah yang paling mudah untuk dilakukan. Seorang pemilik HP Samsung tak perlu lagi melakukan pengunduhan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya. Akibatnya tentu saja memori internal ponsel miliknya juga tidak akan berkurang. Untuk melakukannya ikutilah urutan langkah di bawah ini:

  • Pertama masuklah ke dalam menu pengaturan, carilah fitur Lock Screen and Security.
  • Kemudian pilih menu Other Security Settings, sebelum menemukan Pin Windows.
  • Berikutnya klik tombol pengaktifan kunci aplikasi. Di tahap ini pengguna akan diminta untuk menentukan akan memakai PIN atau pola sebagai kunci. Lalu tekan Done.
  • Langkah selanjutnya pilih aplikasi mana yang kan dikunci. Jika sudah pilih Recent Applications Key, sehingga tanda ikon PIN muncul di bawahnya, tekan tombol Start sebagai tanda kunci diaktifkan.

2. Menggunakan Aplikasi LOCkit

Cara mengunci aplikasi di HP Samsung berikutnya adalah menggunakan aplikasi kunci yang bernama LOCkit. Aplikasi yang mudah dalam penggunaannya ini termasuk yang paling banyak dipakai oleh para pengguna HP Samsung. Untuk pengoperasiannya silahkan ikuti uraian berikut ini:

  • Unduh aplikasi tanpa biaya ini di Google Play Store.
  • Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut. Di halaman utama nantinya akan ada permintaan untuk memilih jenis kunci yang akan digunakan yaitu PIN atau pattern.
  • Selanjutnya, akan ada formulir yang berisi pertanyaan keamanan. Kegunaannya adalah jika andai suatu saat password yang telah dibuat itu terlupa, maka bisa dilakukan reset ulang dengan cara menjawab pertanyaan keamanan yang telah diisi tersebut.
  • Apabila proses tersebut telah komplit, maka pilihlah aplikasi mana saja yang akan diberi kunci, lalu klik tombol Protect.
  • Langkah terakhir cari menu Accessibility, kemudian ambil fitur LOCKit dan klik tanda On. Sekarang aplikasi telah aman.

3. Memakai Aplikasi Kunci Smart AppLock

Aplikasi kunci berikutnya yang patut dicoba bagi para pengguna HP Samsung adalah Smart AppLock. Aplikasi kunci ini termasuk aplikasi yang sangat dapat diandalkan untuk membantu pemilik ponsel dalam menjaga keamanan serta privasi data penting miliknya.

Hal ini dapat dibuktikan dengan telah diunduhnya aplikasi kunci Smart AppLock oleh jutaan pengguna. Berbagai fitur andalan yang disediakan oleh pihak developer dipercaya tidak akan mengecewakan. Untuk langkah-langkahnya sangat mudah, ikuti saja detailnya berikut ini:

  • Sebagaimana aplikasi gratis lainnya, unduh Smart AppLock di PlayStore.
  • Jika sudah, buka aplikasi dan pada halaman utama carilah menu pengaturan.
  • Berikutnya cari menu Password and Pattern Setting.
  • Masukkan password yang telah disiapkan, jangan lupa untuk klik Password Hint sebagai keamanan jika suatu saat lupa dengan password yang telah dibuat.
  • Jika tidak nyaman dengan model kata sandi sebagai kunci, maka pengguna juga dapat memilih untuk memakai pola yang lainnya.
  • Sekarang layar kunci telah siap digunakan.

Itulah 3 cara mengunci aplikasi di HP Samsung yang sangat mudah dilakukan. Ingatlah meski mungkin terkesan ribet, namun mengaplikasikan kunci pada berbagai sumber data penting yang ada tersimpan di dalam ponsel adalah sebuah tindakan keamanan yang bijaksana.

Originally posted 2022-02-17 11:25:04.