6 Cara Mengatasi WiFi Lemot di HP Oppo A3S Secara Mudah

Saat ini, semua HP Android pasti menyediakan fitur WiFi di perangkatnya. Tak terkecuali dengan HP keluaran Oppo bertipe A3S ini. Namun, ada kalanya gangguan terjadi pada saat WiFi akan digunakan. Salah satunya yaitu masalah WiFi yang lemot. Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan cara mengatasi WiFi lemot di HP Oppo A3S dengan mudah.

Pada dasarnya, solusi dari permasalahan WiFi yang lemot pada semua tipe HP Android adalah sama. Penyebab dari kelemotan ini bisa karena faktor internal maupun eksternal. Faktor internal bisa disebabkan karena kinerja ponsel yang belum bisa optimal. Sementara faktor eksternalnya bisa disebabkan oleh jaringan WiFi-nya.

Cara mengatasi WiFi lemot di HP Oppo A3S

Simak cara mengatasi WiFi lemot pada HP Oppo A3S berikut :

#TRENDING  Cara Buat Android Jadi Iphone Di Hp Xiaomi Dan Hp lainnya

1. Cek Dulu Modem Koneksi (Router)

Langkah awal yang harus dilakukan oleh pengguna Oppo A3s jika mengalami koneksi WiFi yang lemah adalah dengan memeriksa modem koneksinya. Pengguna dapat mengatur ulang atau mengubah pengaturan router koneksi WiFi sehingga sistem akan melakukan pembaruan. Hal ini dipercaya dapat membantu menyelesaikan gangguan kelemotan pada WiFi Oppo A3s.

2. Tingkatkan Kecepatan WiFi

Untuk meningkatkan kecepatan WiFi di ponsel Android, pengguna dapat menuju menu pengaturan dan memilih opsi ‘Tentang Ponsel’. Setelah itu, tekan sebanyak tiga kali pada opsi ‘Penyimpanan Internal’. Jika sudah berhasil, pilih bagian ‘Informasi WLAN’ dan lihat statusnya. Ketuk tiga kali pada opsi ‘Refresh Status’ untuk merefresh kinerja sistem WiFi di ponsel.

3. Manfaatkan Opsi Pengembang

Cara mengatasi WiFi lemot di HP Oppo A3S yang berikutnya adalah dengan opsi pengembang. Langkah awal yang harus dilakukan yaitu dengan membuka menu ‘Setting’ atau ‘pengaturan’ pada ponsel Oppo A3s. Selanjutnya, menuju ke opsi ‘About Phone’ dan ketuk versi Android untuk mengaktifkan opsi pengembang. Kemudian kembali ke menu ‘Setting’ dan pilih opsi ‘Pengembang’ yang muncul di menu.

#TRENDING  Cara Daftar Vaksin

4. Ubah Pengaturan IP WiFi

Mengatasi koneksi WiFi yang lemot juga dapat dilakukan dengan melihat pengaturan IP WiFi-nya. Sebelum itu, pastikan bahwa ponsel sudah terhubung dengan jaringan WiFi. Ketuk dan tahan ikon WiFi untuk menuju pada pengaturan WiFi. Lalu ketuk tanda seru dan pilih IP Setting untuk selanjutnya diubah menjadi statik.

Langkah selanjutnya adalah dengan mengubah alamat IP pada 2 hingga 3 digit terakhir atau tepatnya pada angka setelah titik. Misalkan, alamat IP-nya adalah 192.168.34.22, maka ubah angka 22 dengan angka lainnya. Ubahlah sesuai dengan yang dikehendaki hingga diperoleh kecepatan WiFi yang terbesar.

5. Gunakan Mode Airplane

Cara kelima yang bisa dicoba untuk mengatasi WiFi yang lemot pada HP Oppo A3s adalah dengan mengaktifkan mode airplane atau mode pesawat terbang. Hal ini sebenarnya fungsinya sama yaitu untuk merefresh jaringan sinyal WiFi pada ponsel. Mode ini dapat diaktifkan selama beberapa menit dan jika sekiranya sudah cukup bisa dimatikan dan kembali ke mode awal.

6. Aktifkan dan Nonaktifkan WiFi

Cara terakhir yang sebenarnya paling mudah dilakukan adalah dengan mencoba mengaktifkan dan menonaktifkan WiFi ponsel secara bergantian. Ini dipercaya sangat efektif dilakukan untuk mengatasi kelemotan pada koneksi WiFi, meskipun sekilas terdengar sepele. Hal ini bertujuan untuk me-refresh kemampuan perangkat dalam men-scan sinyal WiFi.

Itulah penjelasan lengkap tentang 6 cara mengatasi WiFi lemot di HP Oppo A3s dengan mudah. Perlu diingat bahwa tidak semua cara di atas dapat diterapkan oleh setiap ponsel, meskipun tipenya sama. Bisa jadi satu ponsel kompatibel dengan cara yang satu, sedangkan ponsel lain hanya bisa kompatibel dengan cara lainnya.

#TRENDING  5 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Di HP Samsung Paling Eefektif