Cara Mengatasi Launcher Berhenti di Android Super Praktis

Cara Mengatasi Launcher Berhenti di Android – Sebagai salah satu fitur pendukung dalam perangkat Android, launcher sangat penting untuk menunjang kebutuhan pengguna sehingga tidak boleh sampai terhenti. Oleh karena itu informasi seputar cara mengatasi launcher berhenti di Android diperlukan demi mengatasi permasalahan tersebut.

Cara Mengatasi Launcher Berhenti di Android

Simak dengan jelas beberapa langkah-langkah untuk mengatasi launcher berhenti di android , di bawah ini!

1. Kurangi Menginstal Aplikasi pada Perangkat Android

Penginstalan aplikasi di sebuah perangkat Android tampaknya cukup berpengaruh pada sistem launcher. Alasan ini karena hampir semua ponsel dirancang memiliki kapasitas sehingga software dengan ukuran besar dapat mempengaruhi kinerja dari OS. Inilah mengapa banyak Android yang mengalami masalah terkait launcher tiba-tiba berhenti.

Karenanya dianjurkan untuk para pengguna, memahami terlebih dahulu perihal spesifikasi perangkat sebelum membelinya. Selain itu, ada baiknya jangan mengunduh aplikasi yang dianggap kurang penting di Android. Pilihlah software yang dapat menunjang setiap kegiatan harian terlebih pada perangkat dengan RAM kecil.

#TRENDING  Cara Mengatasi HP Samsung Lemot dan Panas

2. Bersihkan Cache atau Data pada Aplikasi yang Terpasang

Cache atau data yang terdapat pada aplikasi dalam Android juga memberikan pengaruh yang lumayan berdampak. Ini karena adanya cache tersebut membuat perangkat menjadi berat sehingga berakibat salah satunya terhentinya launcher. Bagi pemilik yang belum mengetahui bagaimana langkah dalam membersihkan data, berikut poin-poinnya:

  • Langkah awal, pergi menuju Pengaturan atau Settings yang terdapat pada perangkat Android;
  • Kemudian cari dan klik Manager Aplikasi, lalu tekan opsi tab Semua Aplikasi;
  • Selanjutnya cari launcher yang mengalami masalah atau gangguan;
  • Langkah berikutnya cari dan klik opsi Hapus Cache dan Hapus Data (secara otomatis akan terhapus seluruhnya);
  • dan terakhir keluar dari Menu Pengaturan untuk melihat apakah launcher sudah membaik atau belum.

3. Ganti Launcher Bawaan dengan Launcher Pihak Ketiga

Mungkin cara mengatasi launcher berhenti di Android berikut, terbilang cukup mudah dan direkomendasikan pengguna lain dengan masalah yang sama. Pemilik perangkat dapat menuju Google Play Store untuk mencari berbagai macam pilihan launcher yang dilengkapi tampilan menarik serta banyak fitur.

#TRENDING  Cara Menyimpan Foto dari Whatsapp Ke Galeri

Salah satu launcher yang sering direkomendasikan oleh para pengguna Android lain yaitu Nova Launcher. Namun, apabila pemilik perangkat merasa belum cocok, dapat memilih selain pilihan tersebut. Biasanya ada beberapa review dari pengguna sebelumnya terkait bagus atau tidaknya sebuah launcher.

4. Lakukan Updating pada Perangkat Android

Bagi pengguna Android atau ponsel pintar lainnya tentu tidak asing mendengar istilah updating sistem termasuk firmware. Dengan melakukan pembaruan ini, kesalahan atau bug yang mengganggu kinerja OS akan teratasi sehingga launcher bisa berjalan normal kembali.

Namun, untuk melakukan langkah ini pastikan jika baterai pada perangkat minimal 40% dan terkoneksi dengan jaringan yang stabil. Tujuannya agar seluruh proses dari updating tidak terganggu. Pengguna dapat memulai menerapkan tahapan dengan menuju Menu Pengaturan, lalu mencari opsi Pembaruan Sistem.

5. Kembalikan Perangkat Android ke Setelan Pabrik

Apabila keempat langkah yang sudah disebutkan tidak berhasil, maka pengguna dapat mencoba melakukan Factory Reset. Hal ini akan membuat sistem yang terdapat pada perangkat Android kembali seperti sediakala. Namun, pastikan pengguna telah mencadangkan semua data yang berada di File Manager.

#TRENDING  Penyebab Dan Cara Mengatasi Pengisian Baterai Hp Yang Lama

Alasannya karena, Factory Reset dapat berdampak pada terhapusnya seluruh data atau file yang dimiliki pada perangkat. Tentunya tidak ada pengguna yang ingin semua file penting hilang begitu saja. Untuk itu, perhatikan dengan setiap detail agar saat mengembalikan ke setelan pabrik terhindar dari masalah baru.

Itulah info terkait cara mengatasi launcher berhenti di Android dengan telat lagi mudah. Pengguna harus sabar apabila ingin langkah ini dapat berjalan lancar hingga perangkat bisa digunakan lagi.