Cara Menghemat Kuota Internet Telkomsel

Cara Menghemat Kuota Internet Telkomsel – Telkomsel adalah salah satu kartu seluler atau provider yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Sebagian besar pengguna memilih provider ini karena koneksi internet yang lancar dan bagus sehingga tidak jarang yang boros saat menggunakannya. Oleh karena itu, para pengguna perlu mengetahui cara menghemat kuota internet Telkomsel agar hemat pengeluaran.

Di era sekarang sangat penting dalam menggunakan kuota internet untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Itulah yang membuat kuota internet dari Telkomsel menjadi suatu kebutuhan namun harus dibatasi dengan menghematnya agar tidak cepat habis.

Cara Menghemat Kuota Internet Telkomsel

Berikut ini cara yang dapat digunakan untuk menghemat internet dari provider Telkomsel:

1. Membatasi Penggunaan Internet Melalui Setting

Pengguna android atau smartphone pasti mengetahui fitur pembatasan data seluler yang ada pada menu setting jaringan seluler. Dengan menggunakan fitur tersebut pengguna dapat memperoleh notifikasi berupa peringatan. Peringatan tersebut akan memberitahukan berapa banyak pengguna memakai data ketika sudah melampaui batas.

Cara pembatasan kuota internet ini termasuk cara yang ampuh untuk digunakan dalam menghemat kuota internet Telkomsel yang digunakan. Apalagi jika pengguna adalah orang yang impulsif dalam menggunakan data internet dalam hp nya.

2. Pembatasan Terhadap Aplikasi Tertentu

Pada android atau smartphone sekarang sudah ada beberapa aplikasi yang bisa menyedot kuota internet secara berlebihan. Jadi para pengguna harus melakukan identifikasi dan mengecek aplikasi apa saja yang ada didalamnya. Selanjutnya pengguna dapat melakukan uninstall terhadap aplikasi yang menyedot banyak kuota internet tersebut.

3. Memakai Data Internet Sesuai dengan Kebutuhan

Cara menghemat kuota internet Telkomsel selanjutnya adalah dengan menggunakan data internet sesuai dengan kebutuhan. Jangan menggunakan kuota secara berlebihan dan menggunakannya untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan. Cara tersebut memang cukup sulit untuk dilakukan, namun dengan cara ini kuota internet akan menjadi lebih hemat.

Dengan memperhatikan kebutuhan kuota internet ini tentu pengguna harus benar-benar mengetahui prioritasnya. Tidak menggunakan kuota internet secara asal-asalan tanpa memperhatikan kebutuhannya dalam menggunakan kuota internet tersebut

4. Nonaktifkan Fitur Auto Update Aplikasi

Cara yang paling mudah untuk dilakukan selanjutnya adalah dengan menonaktifkan fitur auto update aplikasi. Fitur tersebut adalah fitur yang dapat melakukan update secara otomatis pada aplikasi yang ada pada android. Karena terjadi secara otomatis maka jarang pengguna yang mengetahui saat terjadi update dan tiba-tiba tau bahwa kuota sudah berkurang banyak.

Jika fitur tersebut diabaikan maka kuota internet dari pengguna akan menjadi sangat boros dan cepat habis. Semisal satu aplikasi terupdate sebesar 50 MB, kemudian terdapat lima aplikasi yang auto update. Maka kuota yang akan hilang tanpa diketahui penggunanya adalah sebesar 250 MB sehingga dalam hal ini pengguna harus menonaktifkan fitur tersebut.

5. Tidak Menyalakan Fitur Auto Backup

Fitur auto backup merupakan salah satu fitur yang berjalan dalam melakukan backup data seperti foto, video, lagu dan lainnya dalam penyimpanan online. Fitur ini menjadi salah satu penyebab cepat habisnya kuota internet Telkomsel. Hal tersebut karena akan secara otomatis dapat mengunggah data-data yang ada pada smartphone atau android dari para pengguna.

Akan lebih baik jika fitur auto backup tersebut untuk dimatikan saja agar kuota internet menjadi tidak boros. Dengan begitu kuota internet Telkomsel menjadi aman dan lebih hemat serta menjadi lebih awet untuk digunakan.

Itulah 5 cara menghemat kuota internet Telkomsel yang dapat digunakan agar tidak menjadi boros. Pengguna juga harus selalu mengecek sisa kuota agar mengetahui berapa banyak sisa kuota tersebut dan agar lebih berhati-hati dalam menggunakan kuota internetnya.

Originally posted 2022-02-26 11:54:52.