6 Cara Mengatasi WiFi Lemot di HP Realme C2 Dengan Mudah

Cara Mengatasi WiFi Lemot di HP Realme C2 – Keadaan pandemi membuat hampir semua orang membutuhkan jaringan internet atau WiFi karena perlu bekerja dan belajar dari jarak jauh. Tentu agar tetap bisa terkoneksi dengan segala hal, jaringan internet yang dimiliki harus prima. Namun tak jarang jaringan menjadi lemot, tak terkecuali di HP Realme C2. Bagaimanakah cara mengatasi WiFi lemot di HP Realme C2 ini?

Cara Mengatasi WiFi Lemot di HP Realme C2

Tentu berbagai cara bisa dilakukan untuk mengatasinya. Mulai dari pengecekan dari HP itu sendiri hingga pengecekan pada modem. Untuk lebih jelas, yuk simak ulasannya berikut ini agar WiFi di Realme C2 bisa lancar kembali!

1. Mengatur Jaringan Melalui Opsi Pengembang

Cara mengatasi WiFi lemot di HP Realme C2 yang pertama adalah dengan mengatur jaringan di menu Opsi Pengembang. Pertama-tama pengguna masuk ke pengaturan handphone. Kemudian pilih setelan tambahan, lalu tekan opsi pengembang.

#TRENDING  Cara Daftar Vaksin

Apabila sudah masuk ke menu tersebut, pengguna perlu menggeser tombol pada pilihan opsi pengembang hingga menyala. Selanjutnya scroll kebawah hingga ke pilihan jaringan lalu tekan aktifkan logging WiFi. Opsi ini bisa berfungsi untuk mempercepat jaringan WiFi yang ditangkap.

2. Menghilangkan Cache di Memori HP

Cara kedua adalah dengan menghilangkan cache dan hapus data di memori HP. Cache dapat membuat jaringan bahkan performa HP lemot karena terjadi penumpukan yang membuat memori penuh. Untuk membersihkannya, pengguna bisa membuka file manager dan memindai file cache. Setelah selesai, pengguna perlu me-restart ulang HP agar seluruh program ter-reset.

3. Melakukan Pengaturan IP di Sambungan WiFi

Cara lain yang bisa dilakukan agar jaringan tidak lemot adalah dengan mengatur IP di sambungan WiFi. Pengguna bisa mengubah nomor IP agar jaringan yang dimiliki lebih cepat. Langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah memastikan bahwa HP sudah tersambung dengan WiFi. Kemudian pilih icon WiFi pada menu bar dan tekan yang lama.

Setelah berhasil masuk ke menu WiFi, tekan tanda yang berada di samping WiFi tersambung. Lalu nyalakan opsi IP Statis. Setelah menyala, pengguna bisa mengubah alamat IP yang tersedia. Cara mengubahnya adalah hanya dengan mengubah 2 atau 3 angka terakhir hingga jaringan menjadi lebih stabil.

#TRENDING  7 Aplikasi Cek Kesehatan Baterai Android Terbaik agar Baterai Awet

4. Memeriksa Router WiFi

Jika 3 cara sebelumnya telah dilakukan namun WiFi masih lemot, perlu memeriksa router WiFi. Pada router akan terlihat sekuat apa sinyal yang diberikan. Bisa juga karena jarak HP dan router yang terlalu jauh menyebabkan jaringan menjadi lemot. Namun apabila sudah dekat router tapi masih lambat, pengguna perlu melakukan restart agar jaringan teratur ulang.

5. Memeriksa Berapa Perangkat yang Tersambung Pada WiFi

Ketika menggunakan WiFi, tentu tahu berapa perangkat yang tersambung dengan jaringan WiFi yang dipunya. Cara untuk mengatasinya adalah dengan masuk ke website resmi router yang digunakan. Disana akan terlihat informasi tentang IP router, jumlah perangkat yang tersambung, dan IP perangkatnya.

Jumlah perangkat yang tersambung sangat mempengaruhi kecepatan jaringan. Semakin banyak yang menggunakan maka akan semakin lambat jaringan. Jika jumlah perangkat yang tersambung melebihi dari perangkat yang terdapat di rumah atau ada IP yang tidak dikenal, pengguna bisa melakukan block atau ban IP. Hal tersebut perlu dilakukan agar perangkat lain tidak dapat tersambung lagi ke WiFi.

#TRENDING  Cara Reset Hp Samsung Lupa Pin yang Mudah Dilakukan

6. Mengecek ke Operator WiFi yang Digunakan

Jika semua cara sudah dilakukan namun jaringan pada HP Realme C2 tetap lemot, pengguna perlu mengecek ke operator WiFi. Menghubungi operator dilakukan untuk mengetahui penyebabnya. Karena bisa saja jadi sedang terjadi gangguan sehingga jaringan WiFi menjadi lebih lambat dari biasanya. Apabila hal ini terjadi, maka pengguna hanya bisa menunggu hingga jaringan stabil kembali.

Itulah 6 cara mengatasi WiFi lemot di HP Realme C2 dengan mudah dan anti ribet. Terkadang jaringan yang lemot tidak hanya bermasalah pada router, namun bisa juga berasal dari perangkat HP. Semoga ulasan diatas dapat membantu untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.