Cara Mengatasi Pengisian Baterai Hp yang Lama

Saat ini Hp menjadi salah satu kebutuhan bagi setiap orang dalam menjalankan segala aktivitas dalam kesehariannya. Apa yang terjadi ketika Hp yang digunakan tersebut memiliki masalah pengisian baterai yang begitu lama. Tentunya pengguna Hp tersebut akan mencari cara mengatasi pengisian baterai Hp yang lama agar dapat diisi dengan cepat.

Penyebab Masalah Pengisian Baterai Hp Menjadi Lama

Sebenarnya ada penyebab mengapa pengisian baterai Hp menjadi lama dan membuat penggunanya menjadi tidak sabar ingin menggunakannya. Berikut ini beberapa penyebabnya:

  • Kualitas kabel yang buruk dan tidak original.
  • Terdapat kerusakan pada adaptor atau kepala charger.
  • Baterai dari Hp yang sudah rusak.
  • Sumber daya listrik yang kecil dan tidak kuat.
  • Usia Hp yang sudah terlalu lama.

Cara Mengatasi Pengisian Baterai Hp yang Lama

Penyebab yang telah disebutkan sebelumnya adalah penyebab secara umum yang dapat membuat pengisian baterai Hp menjadi lama. Untuk mengatasi pengisian baterai yang lama tersebut adalah sebagai berikut ini:

1. Menggunakan Kabel yang Berkualitas

Menggunakan kabel yang berkualitas baik atau kabel original dari Hp yang mengalami permasalahan tersebut. Dengan menggunakan kabel originalnya tentu akan lebih mempercepat dalam pengisian baterai Hp. Karena jika menggunakan kabel dengan kualitas buruk akan menjadikan lambatnya pengisian daya baterai.

Penggunaan kabel bawaan atau original tersebut perlu diperhatikan karena ada beberapa Hp yang memang tidak boleh sembarangan dalam menggunakan kabel charge. Hal tersebut dikarenakan memang sudah dari Hpnya sendiri dan menggunakan kabel yang original adalah cara yang tepat. Sehingga dengan begitu pengguna Hp tidak perlu berlama-lama menunggu pengisian baterai Hp agar segera penuh.

2. Mengaktifkan Mode Pesawat

Cara mengatasi pengisian baterai Hp yang lama saat di charge selanjutnya adalah dengan mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode. Dengan mode tersebut pengguna dapat memaksimumkan pengisian baterai menjadi lebih cepat penuh. Karena pada saat diaktifkan maka Hp tersebut tidak akan menangkap ataupun mencari sinyal sehingga baterai akan cepat terisi.

Mode pesawat ini juga dapat menonaktifkan semua fitur yang ada pada Hp saat dilakukan pengisian daya baterai. Fitur yang mati secara otomatis saat mode ini diaktifkan yaitu WiFi, bluetooth, jaringan, GPS dan lain-lain.

3. Nonaktifkan Hp Saat di Charge

Cara yang dapat dicoba selanjutnya adalah dengan menonaktifkan Hp saat dilakukan charge. Ketika Hp benar-benar mati saat dilakukan pengisian baterai maka akan terisi lebih cepat dibandingkan dengan cara yang sebelumnya. Hal itu disebabkan karena Hp tersebut tidak melakukan aktivitas apapun ketika dinonaktifkan sambil di charge.

4. Mengganti Baterai Hp dengan yang Baru

Ketika baterai Hp diisi begitu lama ada kemungkinan yang bermasalah adalah pada baterai Hp itu sendiri. Sehingga untuk cara mengatasi pengisian baterai Hp yang lama tersebut adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Dengan begitu pengisian dapat dengan dilakukan lancar tanpa ada kendala lama dalam pengisian daya baterai.

Mengganti baterai ini menjadi cara terakhir apabila cara yang sebelum-sebelumnya tidak berhasil. Jadi pengguna Hp jangan langsung mengganti baterai ketika lama dalam pengisian. Karena belum tentu baterainya yang menyebabkan pengisian bermasalah menjadi lebih lama.

Itulah penyebab dan cara mengatasi pengisian baterai Hp yang lama yang dapat digunakan agar pengisian menjadi lebih cepat. Pengguna Hp juga harus merawat dan menjaga komponen-komponen penting yang berhubungan dengan baterai Hp tersebut. Hal tersebut dilakukan agar tidak menimbulkan masalah seperti pengisian menjadi lebih lama tersebut.

Originally posted 2022-02-28 19:26:00.