Cara Hapus Akun Telegram Permanen di Hp Android dengan Mudah

Apabila seseorang sudah pernah terdaftar sebagai pengguna Telegram, lalu ingin menghapus apk itu, apa yang harus dilakukan? Bila tidak dihapus dikhawatirkan bisa terjadi penyalahgunaan data pengguna oleh oknum tidak bertanggung jawab. Cara hapus akun Telegram permanen di Android bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Ulasan ini khusus membahas langkah menghapus Telegram di ponsel Android bukan lewat PC.

Cara Hapus Akun Telegram Permanen di hp

Di bawah ini beberapa langkah untuk menghapus akun telegram permanen di hp android dan di iphone yang bisa anda lakukan . yaitu sebagai berikut :

1. Membuka Apk Telegram

Telegram dengan simbol pesawat terbang ialah apk pesan singkat yang digandrungi oleh masyarakat karena dianggap bisa menjaga rahasia data pemakai dibandingkan beberapa apk pesan singkat lain seperti WhatsApp. Namun setelah tidak digunakan ada baiknya apk ini dihapus. Cara hapus akun Telegram permanen di Android diawali dengan membuka apk Telegram itu di ponsel pintar Android.

2. Melakukan Back-up Data

Sebuah konsekuensi yang timbul dari penghapusan akun Telegram ialah hilangnya data. Jika pemakai ingin menyimpan data yang pernah ada di Telegram sebelum menghapuskannya secara permanen maka perlu dilakukan pencadangan data.

Tujuannya supaya nantinya bisa didapat kembali setelah Telegram dihapus. Untuk mencadangkan data ini dibutuhkan bantuan PC, jika pemakai merasa data tidak usah dicadangkan teruskan dengan langkah no.3 Jika ingin mencadangkan data, lakukan cara ini:

  • buka Telegram Desktop pada PC.
  • Masuk akun Telegram dengan cara menscan QR Code menggunakan apk Telegram di smartphone.
  • Tap saja ikon tiga garis pada sebelah kiri dari Telegram di desktop.
  • Klik “Pengaturan”.
  • Tap “Lanjutkan” dan “Ekspor Data Telegram”.
  • Pop up “Ekspor Data Anda” terbuka, centang yang mau diekspor.
  • Sesudah selesai, scroll ke bawah sampai “Format dan Lokasi”.

Tentukan tepat saved file dan formatnya, lalu klik “Ekspor”. Muncul pop up notifikasi konfirmasi permohonan export, pilih “OK”. Kembali lagi ke apk Telegram di ponsel,  konfirmasikan permintaan export data. Buka percakapan Telegram, dimana pesan mengenai permintaan export ada. Pilih “perbolehkan” di bawah pesan. Balik ke desktop dimana proses export data berlangsung. Tunggu sampai selesai. Data akan tersimpan di folder yang dipilih.

3. Membuka Menu Settings

Cara hapus akun Telegram permanen di Android dilanjutkan dengan membuka menu “Settings” yang terletak di sudut kiri bagian atas untuk pengguna ponsel Android. Menu itu berupa tiga garis sejajar klik, lalu klik lagi “Pengaturan” dengan simbol roda bergerigi lalu cari privasi dan keamanan yang bersimbol gembok.

4. Mengklik “Privacy and Security”

Setelah privasi dan keamanan ditemukan, klik saja lalu gulir ke arah bawah hingga menemukan opsi “Hapuskan Akun Saya”. Disitu ada pilihan waktu 1,3,6 bulan atau satu tahun. Itu penghancuran akun otomatis yang akan dilakukan telegram. Pilih rentang waktu yang diingin.

Sebagai informasi, pemakai tak dapat mendelete akun secara sementara, tapi dapat mendiamkan akun sampai berstatus tidak aktif. Misalkan pemakai memilih akun tak aktif selama 6 bulan. Enam bulan kemudian akun akan hilang secara otomatis apabila pemakai tidak membuka Telegram. Pemakai bisa mempercepatnya dengan memilih satu bulan.

5. Menguninstal Apk Telegram

Setelah langkah no. 4 dilakukan, akun otomatis akan terhapus bila pemakai tak membuka akun Telegram di rentang waktu yang dipilih. Cara hapus akun Telegram permanen di Android berikutnya adalah menguninstal aplikasi dengan cara klik kiri dan tekan “hapus” yang berlogo keranjang sampah.

Demikian tadi cara hapus akun Telegram permanen di Android dengan lima langkah mudah. Yang penting di sini hapus data pribadi terlebih dahulu dan menanti dengan sabar sampai rentang waktu yang dipilih terlewati dan setelah itu bisa dilakukan uninstall atau mendelete apk Telegram. Selamat mencoba.

Originally posted 2022-03-01 20:12:28.