6 Cara Mengatasi Hp Vivo Pengisian Daya Tidak Normal dengan Mudah

Cara Mengatasi Hp Vivo Pengisian Daya Tidak Normal – Masalah pada pengisian daya Hp dapat mengganggu aktivitas, tak terkecuali bagi pengguna Hp Vivo. Beberapa Hp android kini sudah dilengkapi dengan pengisian daya cepat, namun bagaimana jika pengisian daya berjalan lebih lambat dari biasanya?

6 Cara Mengatasi Hp Vivo Pengisian Daya Tidak Normal

Cara memperbaiki Hp Vivo pengisian daya tidak normal, bisa diatasi dengan beberapa hal berikut ini:

1. Gunakan Charger Asli Vivo

Menggunakan charger asli tentunya akan sangat berbeda dengan charger abal-abal. Oleh sebab itu agar pengisian daya berjalan normal seperti biasanya, sangat disarankan untuk menggunakan charger asli dari Hp Vivo.

Tidak menggunakan charger yang asli hanya akan membuat proses pengisian lebih lambat sebab kualitas charger yang kurang baik. Selain itu jangan biasakan gonta-ganti charger. Sebab hal tersebut dapat berisiko merusak port USB yang ada di Hp. Jika hal ini terjadi untuk mengatasinya harus dibawa ke service center.

2. Cara Mengatasi Hp Vivo Pengisian Daya Dengan Ganti Charger

Selanjutnya cara mengatasi Hp Vivo pengisian daya tidak normal adalah dengan mengganti charger. Hal ini dilakukan apabila terjadi kerusakan pada charger Hp baik itu kerusakan pada kabel maupun adaptor charger. Untuk mengganti charger sebaiknya beli charger original atau yang berkualitas.

3. Hapus Aplikasi Android yang boros

Masalah selanjutnya yang menyebabkan pengisian daya pada Hp Vivo berjalan tidak normal adalah adanya aplikasi android yang berjalan di latar belakang. Aplikasi semacam ini tak hanya menyedot lebih banyak kuota internet namun juga membuat konsumsi daya baterai lebih banyak. Oleh sebab itu membuat proses pengisian daya menjadi tidak optimal.

Untuk mengatasinya bisa melakukannya dengan 2 cara mudah. Pertama adalah dengan membersihkan RAM dan juga recent apps. Kedua adalah menghapus aplikasi yang sekiranya membuat Hp terlalu boros.

4. Jangan Gunakan Hp Sambil Dicas

Kebiasaan menggunakan Hp saat sedang di charge juga bisa menyebabkan proses pengisian daya lebih lama dari biasanya. Menggunakan Hp ketika sedang dicas membuat daya baterai yang terisi langsung digunakan lagi, sehingga menyebabkan proses pengisian daya kurang optimal. Oleh sebab itu untuk mengatasinya sebaiknya jangan gunakan Hp saat sedang dicas dan tunggu hingga terisi penuh.

5. Isi Daya Langsung Dari Sumber Listrik

Sumber daya listrik yang lemah akan menyebabkan proses pengisian daya menjadi lebih lambat. Biasanya hal ini terjadi ketika mengisi daya melalui port USB di laptop atau PC.Oleh sebab itu cara mengatasinya adalah dengan cas Hp melalui sumber daya listrik secara langsung. Selain itu gunakan charger bawaan agar proses pengisian lebih cepat.

6. Update Software

Selanjutnya cara mengatasi Hp Vivo pengisian daya tidak normal bisa dilakukan dengan cara update software ke versi terbaru. Sebab pengisian daya yang tidak normal bisa saja disebabkan oleh adanya bug pada software. Untuk mengetahui ada tidaknya bug pada software bisa dengan mengunduh aplikasi battery health.

Dengan aplikasi tersebut dapat mengetahui kesehatan baterai dan juga permasalah pada baterai. Jika ditemukan bug pada software maka bisa diatasi dengan cara mereset Hp atau update OS versi terbaru. Selain itu OS Hp yang sudah lama juga bisa berpengaruh pada proses pengisian daya, jadi pastikan bahwa Hp sudah menggunakan OS versi terbaru.

Itu tadi adalah cara mengatasi Hp Vivo pengisian daya tidak normal. Masalah pengisian daya memang hal yang umum terjadi terutama ketika usia pakai Hp sudah semakin tua. Jika masalah pengisian baterai ini tidak bisa diselesaikan dengan cara di atas maka langkah terakhir adalah dengan membawanya ke service center Vivo untuk mendapatkan bantuan.

Originally posted 2022-03-04 09:39:44.