5 Cara Menghemat Kuota Telkomsel Saat Nonton YouTube, Mudah!

Cara Menghemat Kuota Telkomsel – Menonton video di YouTube memang aktivitas yang menyenangkan. Banyak konten menarik disajikan di sana dan dapat menjadi sumber inspirasi maupun hiburan bagi penontonnya. Semakin lama menonton YouTube, tentunya kuota akan semakin terkuras. Tidak perlu khawatir, pengguna Telkomsel harus mengetahui cara menghemat kuota Telkomsel saat nonton YouTube agar menonton dapat lebih tenang.

YouTube sendiri menyediakan adsense bagi kreator yang mampu menarik banyak subscriber maupun viewers di konten yang diunggah. Hasilnya, para kreator berlomba-lomba untuk menyuguhkan video menarik yang dibutuhkan banyak orang. Ada pula yang menayangkan live streaming untuk bercengkrama dengan para viewers. Jangan biarkan kuota cepat habis karena menonton YouTube dengan tips berikut ini:

Cara Menghemat Kuota Telkomsel saat nonton youtube

Di bawah ini sudah saya kumpulkan beberapa cara untuk menghemat kuota telkomsel saat nonton youtube , yaitu sebagai berikut :

#TRENDING  Cara Membuat Foto Menjadi HD Online

1. Setting YouTube Agar Tidak Menampilkan Kualitas Tinggi

Menonton video dengan resolusi High Definition memang sangat menyenangkan. Perlu diingat, kualitas tersebut tentunya akan menguras kuota lebih banyak sehingga akan cepat habis. Untuk itu, kurangi resolusinya agar menjadi standar. Meski tidak setajam dan sejenis kualitas HD, resolusi standar pun tetap nyaman di tonton melalui ponsel.

Untuk mengaplikasikan tips ini pengguna dapat masuk ke menu “Setting” di aplikasi YouTube lalu pilihlah opsi “General”. Selanjutnya, pengguna dapat mengaktifkan mode “Limit mobile data usage” dengan menggeser simbol di sebelahnya agar menjadi berwarna biru. Dengan begitu YouTube akan otomatis menampilkan video dengan kualitas standar saat memakai kuota atau data seluler.

2. Kurangi Durasi Preview Menjadi Lebih Singkat

Agar penonton mengetahui garis besar dari video yang ingin ditonton, YouTube telah menghadirkan fitur preview selama 10 detik. Cara menghemat kuota Telkomsel saat nonton YouTube kali ini dapat dengan mengurangi durasi tersebut menjadi lebih singkat yakni 5 detik saja. Tips ini ampuh untuk menurunkan konsumsi data.

Caranya, buka YouTube dan masuklah ke menu “Setting” melalui Profil. Tekan opsi “General” lalu pengguna dapat memilih pilihan “Double-tap to seek”. Pada kotak baru yang muncul, ubah menjadi 5 yang menandakan preview hanya akan berjalan selama 5 detik.

#TRENDING  3 Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Masa Tenggang Agar Tetap Aktif Tanpa Perlu ke Grapari

3. Skip Advertisement pada Awal Video Secara Otomatis

Saat video YouTube akan diputar, biasanya muncul iklan terlebih dahulu. Banyak yang belum tahu bahwa iklan awal yang muncul ini akan menguras kuota lebih banyak. Untuk mencegah hal ini, gunakanlah aplikasi Cygery Adskip for YouTube bagi pengguna Android agar iklan dapat dilewati secara otomatis setelah tombol “Skip Ad” tersedia.

Bagi yang menonton YouTube melalui browser desktop, dapat menggunakan ekstensi dari Google Chrome dan Mozilla Firefox. Terdapat sebuah plugin bernama YouTube Ad Auto-Skipper pada kedua browser ini. Fungsinya sama yakni agar iklan pada awal video dapat di-skip otomatis.

4. Cara Menghemat Kuota Telkomsel dengan Manfaatkan Aplikasi YouTube Go

Pengguna smartphone diberikan kemudahan jika ingin menonton video YouTube tanpa menguras banyak kuota. Terdapat sebuah aplikasi bernama YouTube Go dengan fitur spesifik untuk mengurangi konsumsi data. Aplikasi ini dirancang dengan tampilan super minim dan opsi pemilihan resolusi video sebelum ditonton.

#TRENDING  Cara Mengubah Kuota Indosat Tiktok Menjadi Kuota Utama

5. Gunakan Fitur Offline Video

Tips kali ini dapat diterapkan bagi yang sering kali menonton video yang sama secara berulang. Daripada kembali mengonsumsi data saat video diputar, pengguna dapat mengunduh video tersebut agar dapat ditonton lagi secara offline. Dengan begitu, kuota dapat dihemat untuk menonton video terbaru.

Demikian 5 cara menghemat kuota Telkomsel saat nonton YouTube dengan menerapkan berbagai tips dan trik dari aplikasi YouTube. Selain pengguna provider Telkomsel, cara ini pun dapat diterapkan oleh provider lain. Menonton video dengan konsumsi kuota yang lebih sedikit tentu akan membuat pengguna lebih tenang dan tidak khawatir video terhenti karena kehabisan kuota.