Penyebab dan Cara Mengatasi Jaringan Wifi Lemot di HP Samsung

Bukan lagi rahasia jika wifi memiliki jaringan yang lebih kencang daripada data seluler. Seperti halnya ponsel Samsung, perangkat ini pun telah dilengkapi dengan wifi agar koneksi internet menjadi lebih stabil. Sayangnya, wifi pada HP Samsung terkadang bermasalah. Ketahui cara mengatasi jaringan wifi lemot di HP Samsung agar aktivitas menjelajahi internet kembali nyaman.

Sebelum mengatasi masalah ini, pengguna perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar masalah dapat diatasi secara tepat hingga ke akarnya. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi jaringan wifi lemot pada HP Samsung baik itu masalah internal maupun eksternal. Masing-masing penyebab tersebut tentunya dapat diatasi hingga tuntas.

Penyebab Jaringan Wifi HP Samsung Menjadi Lemot

Menggunakan wifi artinya menghubungkan jaringan internet secara nirkabel. Semakin dekat dengan pusat wifi, semakin kencang pula jaringannya begitu pun sebaliknya. Salah satu masalah yang sering muncul adalah jaringan yang lemot. Padahal, saat dilakukan pengetesan menggunakan perangkat lain, wifi tersebut tidaklah bermasalah. Beberapa penyebab wifi HP Samsung lambat di antaranya:

1. Operating System Belum Update

Setiap perangkat yang digunakan baik itu Android, iOS hingga Windows, sering kali diberikan sistem terbaru melalui versi teranyar OS-nya. Jika pengguna belum melakukan update Android ke versi terbaru, bukan tidak mungkin pengaturan wifi menjadi terganggu.

2. Router Tidak Support HP Samsung

Perhatikan router wifi yang dikoneksikan pada perangkat Samsung. Apakah router tersebut support pada HP Samsung atau tidak. Jika tidak, tentu wifi tidak akan berjalan baik atau bahkan tidak akan terkoneksi sama sekali.

3. Muncul Bug pada Software

Saat jaringan wifi lemot namun tidak ada masalah pada wifi tersebut, bisa jadi perangkat Samsung pengguna tercemari oleh bug. Masalah ini dapat diatasi dengan update software untuk menghilangkan bug tersebut. Dengan begitu, tidak ada lagi gangguan yang membuat wifi lemot.

4. Koneksi Mengalami Gangguan

Tidak melulu masalah dari perangkat, jaringan yang lemot pun dapat disebabkan oleh koneksi yang sedang dalam gangguan. Meski pengguna mengatasi perangkat Samsung dengan berbagai cara, jika yang terganggu adalah koneksinya maka hal tersebut akan sia-sia.

Atasi Jaringan Wifi HP Samsung yang Lemot dengan Cara Ini

Setelah diketahui penyebabnya, pengguna dapat memilih cara berdasarkan penyebab tersebut. Jika koneksi yang menjadi masalahnya, silakan hubungi pihak Internet Service Provider yang digunakan. Cara mengatasi jaringan wifi lemot di HP Samsung karena masalah router yang tidak support dapat mengubah pengaturan pada router atau mengganti router dengan yang baru.

Router pun kemungkinan telah rusak sehingga performa pancaran sinyalnya menjadi lemah. Untuk masalah bug dan OS yang belum update, pihak Samsung biasanya akan menyediakan update jika terdeteksi adanya bug. Selain itu, mengatasi wifi lemot bisa melalui cara berikut ini:

  • Masuklah pada pengaturan di HP Samsung.
  • Gulir ke bawah dan temukan opsi “General Management” atau “Manajemen Umum” di pengaturan tersebut lalu klik.
  • Pada jendela yang baru, tekan pada opsi “Reset”.
  • Selanjutnya pilih “Network Setting” lalu tekan pada “Reset Setting”. Proses ini akan menghapus pengaturan yang menjadi penyebab wifi lemot karena masalah internal perangkat.
  • Tunggu hingga proses reset sukses dan selesai.
  • Setelah itu, cek wifi dengan mencoba menggunakannya untuk mengakses internet.

Itu tadi uraian singkat terkait penyebab dan cara mengatasi jaringan wifi lemot di HP Samsung agar kembali lancar saat digunakan. Tahapan di atas dapat mengembalikan HP Samsung pada pengaturan awal seperti kondisi baru. Dengan mengatasi masalah sesuai penyebabnya, kecepatan wifi di HP Samsung akan meningkat dan tidak lagi menghambat browsing.

Originally posted 2022-03-04 18:46:00.