Cara Memindahkan Data iPhone lama ke iPhone Baru Menggunakan iTunes, Simple!

Cara Memindahkan Data iPhone lama ke iPhone Baru – Pengguna perangkat dari Apple rata-rata memiliki tingkat loyalitas tinggi terhadap produk tersebut. Saat mengganti iPhone-nya, kebanyakan hanya akan beralih ke iPhone versi terbaru alih-alih smartphone dengan merek lain. Tentunya haruslah dipelajari cara memindahkan data iPhone lama ke iPhone baru menggunakan iTunes supaya file di perangkat terdahulu tidak hilang begitu saja.

iPhone sendiri dibekali berbagai cara untuk memindahkan datanya ke perangkat sejenis. Cara yang cukup banyak digunakan adalah memanfaatkan iTunes. Berbagai data dapat dipindahkan seperti foto, video, dokumen, kontak telepon hingga aplikasi yang pernah ada di iPhone lama. iTunes dapat digunakan pada versi Mac OS paling rendah 10.15.

Cara Memindahkan Data iPhone lama ke iPhone Baru

Berikut cara yang dapat di lakukan agar proses perpindahan data dari ponsel iphone lama ke iphone baru bisa berjalan dengan lancar :

#TRENDING  5 Cara Mengatasi System Launcher Tidak Menanggapi Pada Xiaomi

1. Hubungkan Perangkat iPhone Lama ke Laptop

Menggunakan iTunes memiliki kelebihan tidak perlu terhubung ke jaringan internet. Pengguna hanya memerlukan ponsel iPhone, laptop dan kabel USB. Untuk tahap awal, hubungkanlah iPhone lama pengguna pada laptop dengan menggunakan kabel USB. Setelah terhubung, silakan jalankan iTunes jika sistem tidak membuka iTunes secara otomatis ketika kedua perangkat terhubung.

2. Back Up Data dari iPhone ke Laptop

Pada aplikasi iTunes yang telah terbuka tadi, tekan pada iPhone pengguna. Jika iTunes telah mengenalnya, icon iPhone akan tampil pada bagian atas di layar desktop. Selanjutnya, pada menu Automatically Back Up tekan tombol yang ada di samping opsi “This Computer”. Pastikan terdapat titik biru pada tombol tersebut.

Jika pengguna menginginkan kata sandi, data Health and Activity dan data Homekit ikut dicadangkan, berikan centang pada boxEncrypt iPhone Backup”. Jangan lupa untuk membuat kata sandinya. Akhiri proses back-up dengan menekan tombol “Back Up Now” yang terdapat di bawah menu Manually Backup and Restore. Tunggu hingga proses pencadangan data selesai.

3. Putuskan Koneksi iPhone Lama dari Laptop

Lamanya back-up bergantung pada ukuran data yang tersimpan di perangkat. Jika sudah, pengguna dapat memutuskan sambungan dari kedua perangkat tersebut. Sebelum kabel USB dicabut, tekan “Eject” terlebih dahulu lalu cabutlah kabelnya. Matikan iPhone lama dengan menekan dan tahan tombol lock di kanan atas. Saat muncul bacaan “slide to power off”, geser tulisan tersebut ke kanan.

#TRENDING  6 Cara Mengatasi WiFi HP Samsung yang Tidak Bisa Connect

4. Nyalakan iPhone Baru

Sampai tahap ini, cara memindahkan data iPhone lama ke iPhone baru menggunakan iTunes hampir selesai. Pengguna dapat menyalakan iPhone baru dengan menekan dan tahan tombol lock. Saat awal menyala, akan ada pengaturan awal yang harus dijalankan seperti negara, preferensi layanan lokasi, bahasa dan lainnya. Aturlah pengaturan tersebut sesuai preferensi pengguna.

5. Lakukan Restore Data pada iPhone Baru

Kini saatnya memindahkan data yang sudah dicadangkan pada laptop. Silakan tekan “Restore from iTunes Backup” pada opsi yang muncul saat pengguna mendapatkan pilihan untuk memulihkan atau menyiapkan perangkat baru. Selanjutnya, hubungkanlah iPhone dengan laptop yang sebelumnya digunakan untuk back-up data. Gunakan kabel yang terdapat pada iPhone baru pengguna sebab kabel tersebut dapat berbeda.

Tekan tombol “Restore from this backup” dan pilihlah cadangan terbaru yang tersedia pada menu drop down. Akhiri dengan menekan tombol “Continue” sehingga iTunes akan mulai bekerja memindahkan data pada perangkat baru pengguna. Setelah iPhone dimulai ulang, artinya data telah dipindahkan dan siap digunakan.

#TRENDING  Cara Live Streaming Youtube Di Iphone / Android

Demikian uraian terkait cara memindahkan data iPhone lama ke iPhone baru menggunakan iTunes agar tidak ada satupun data di iPhone lama yang menghilang. Sebagai catatan, pengguna tidak dapat melakukan restore data dari perangkat baru ke perangkat produksi lama jika iOS yang berjalan masih versi lama. Untuk itu, pastikan melakukan update perangkat terlebih dahulu.