Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Bisa Menerima SMS Termudah

Di zaman yang serba canggih ini tentu tidak bisa menerima pesan SMS ataupun Telepon bukanlah masalah yang besar karena sudah tersedia aplikasi lain. Namun, tentu ini akan menyulitkan pengguna untuk melakukan verifikasi yang kodenya dikirim melalui SMS sehingga kasus ini harus diatasi.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Bisa Menerima SMS

Berikut merupakan cara mengatasi kartu SIM tidak bisa menerima SMS dan Telepon yang bisa dicoba:

1. Hapus Cache

Cache merupakan sampah yang sangat merugikan bagi HP Android ataupun lainnya. Keberadaan cache ini harus segera dihapuskan guna memberikan performa yang terbaik untuk HPnya. Terkadang, cache ini juga mengganggu aplikasi Pesan dan Telepon sehingga tidak menerima SMS ataupun Telepon yang masuk. Apabila sudah demikian, maka pengguna harus menghapusnya secara berkala.

Pengguna yang ingin menghapus cache ini pun tidak perlu khawatir karena sangat mudah sekali dilakukan, yaitu dengan membuka menu Pengaturan. Pilihlah menu Aplikasi pada Pengaturan tersebut. Buka aplikasinya secara bergantian yaitu Aplikasi Pesan dan Telepon. Apabila terdapat menu Penyimpanan, maka masuk saja dan klik Hapus Cache.

2. Tunggu Perbaikan Sistem Operator Selesai

Tak jarang setiap operator memperbaiki sistemnya untuk memuaskan para pengguna setianya. kasus ini akan membuat sinyal menjadi hilang dan secara otomatis HP tidak dapat menerima SMS ataupun Telepon dari pihak manapun. Biasanya dari bagian sinyal akan bertanda silang sehingga tak ada pilihan lain selain menunggu.

Guna mengetahui apakah masalah yang terjadi dikarenakan gangguan sistem atau tidak, silahkan bertanya pada teman sesama operator. Apabila mengalami hal yang sama, maka besar kemungkinan bahwa sedang ada perbaikan jaringan. Biasanya, perbaikan ini juga diberitahukan melalui berita di internet agar pengguna dapat mempersiapkan apabila terjadi hal ini.

3. Tunggu Cuaca Buruk Reda

Cuaca yang sedang hujan bisa menjadi salah satu penyebab sinyal menjadi buruk. Hal ini tentu saja akan membuat SMS dan Telepon dari mana saja tidak akan masuk. Operator yang biasanya tergantung dengan cuaca adalah 3. Apabila sedang mendung atau hujan, sudah dapat dipastikan bahwa sinyalnya buruk dan tidak bisa menerima atau mengirim pesan.

Cara mengatasi kartu SIM tidak bisa menerima SMS dan Telepon yang bisa dilakukan adalah menunggu sinyal kembali baik. Perlu diketahui juga ketika cuaca sedang hujan lebat disertai petir juga tidak diperkenankan memegang ponsel ataupun alat elektronik lainnya karena berbahaya. Pengguna pun disarankan untuk istirahat saja.

4. Ganti Kartu SIM

Kartu SIM yang umurnya sudah terlalu tua ataupun kartu SIM yang sering dilepas pasang biasanya memiliki potensi untuk rusak sehingga tidak dapat dipakai lagi. Biasanya kartu ini tidak akan terdeteksi oleh HP sehingga ketika HP di lakukan muat ulang pun tetap tidak akan terdeteksi. Apabila sudah begini silahkan saja ganti kartu SIM pengguna.

5. Lakukan Factory Reset

Ini merupakan jalan terakhir yang bisa ditempuh oleh pengguna jika memang tidak menemukan titik temu untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, kerugian yang didapatkan oleh pengguna apabila menerapkan cara ini adalah semua file ataupun data yang disimpan pada HP akan menghilang secara permanen. Apabila masih diperlukan, lebih baik untuk dipindah terlebih dahulu.

Cara mengatasi kartu SIM tidak bisa menerima SMS dan Telepon yang sudah dijelaskan di atas terbukti efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Pilihlah cara yang paling tepat dan memungkinkan untuk diterapkan agar berhasil. Pastikan pula bahwa HP dalam keadaan baik-baik saja agar bisa melakukan cara tersebut.

Originally posted 2022-03-08 09:06:55.