Cara Mengetahui Unlock Bootloader di Xiaomi dengan Mudah

Pada ponsel Xiaomi terdapat sebuah sistem yang disebut dengan unlock bootloader. Keberadaan dari unlock bootloader ini harus diketahui karena diperlukan untuk menginstall suatu sistem lain. Jika masih dalam keadaan terkunci maka akan sulit untuk melakukan modifikasi pada sistem ponsel Xiaomi yang dimiliki oleh pengguna.

Cara Mengetahui Unlock Bootloader di Xiaomi

Nah, cara mengetahui unlock bootloader di Xiaomi bisa menggunakan cara berikut ini:

1. Melalui Pengaturan Ponsel

Cara mengetahui unlock bootloader di Xiaomi yang pertama ini yaitu bisa melalui dari pengaturan ponsel itu sendiri. Jadi, sangat mudah dilakukan serta tidak perlu menggunakan bantuan dari perangkat lain. Tetapi, cara yang ini hanya bisa dilakukan pada ponsel Xiaomi yang sudah menggunakan sistem MIUI 8 ke atas. Jika menggunakan ponsel Xiaomi dengan versi 8 ke atas, bisa menggunakan cara berikut ini:

  • Bukalah ponsel Xiaomi yang akan diketahui keberadaan unlock bootloader-nya. Setelah itu pergilah menuju menu pengaturan pada ponsel tersebut.
  • Pada menu pengaturan tersebut, gulirkan ponsel sampai ke bawah hingga menemukan menu yang bertuliskan “About Phone” atau bisa juga “Tentang ponsel”.
  • Kemudian jika sudah masuk pada menu itu, pengguna dapat mengetuk pada bagian MIUI version. Ketuklah pada bagian tersebut sebanyak 7 kali agar bisa memunculkan sebuah menu yang disebut dengan “Developer Option”.
  • Selanjutnya pengguna bisa kembali lagi ke menu pengaturan dan bisa memilih lagi menu “Developer Options” yang tadi sudah diaktifkan. Pada menu tersebut pengguna harus memilih menu “Status Mi Unlock Or Unlock Mi Status”.
  • Ponsel akan menampilkan sebuah informasi tentang status bootloader pada ponsel Xiaomi yang dimiliki pengguna. Jika dalam keadaan terkunci maka pengguna bisa membukanya jika memang perlu diaktifkan serta ingin digunakan untuk keperluan menginstall.

2. Melalui Perangkat PC

Untuk cara yang kedua ini bisa menggunakan bantuan perangkat PC, cara satu ini bisa digunakan apabila ponsel Xiaomi belum memiliki MIUI versi 8 ke atas. Pengguna juga bisa menggunakan cara ini apabila di dalam ponselnya tidak ditemukan menu Developer Options. Untuk cara lebih lengkapnya, bisa mengikuti tutorial berikut ini:

  • Pada perangkat PC unduh terlebih dahulu software yang bernama Android Debug Bridge + fastboot. Jika sudah diunduh silahkan lakukan penginstalan agar bisa menjalankan software tersebut. Lalu jika sudah terunduh dengan sempurna, masuklah ke dalam bagian folder dan cari folder c:/adb, lalu pada keyboard tekan Shift + klik kanan pada bagian mana saja yang kosong lalu pilihlah sebuah menu yang bernama “Open Command Window Here.”
  • Setelah itu hubungkan juga ponsel Xiaomi dengan perangkat PC dengan menggunakan sebuah kabel USB. Jika sudah terhubung, pengguna harus mematikan ponselnya dan masuklah ke dalam mode fastboot di ponsel. Caranya yaitu dengan menekan tombol power serta volume bawah dengan bersamaan hingga muncul tampilan fastboot.
  • Kemudian kembali lagi pada perangkat PC, pada menu “Command Prompt” dan ketiklah pada sebuah pada kolom yang disediakan dengan perintah “Fastboot Device.” Ponsel langsung akan memunculkan sebuah kode atau nomor seri ponsel Xiaomi.
  • Lalu ketiklah perintah lagi “Fastboot Oem Device Info”, perintah tersebut akan memunculkan sebuah informasi mengenai status bootloader yang ada di ponsel pengguna. Jika yang muncul berupa sebuah tulisan “Device Unlocked: true” maka statusnya terkunci. Namun, jika bertuliskan “Device Unlocked: false” maka statusnya tidak terkunci.
  • Pengguna juga bisa mengetikan perintah “Fastboot Getvar Unlocked” jika perintah di atas tidak dapat dilakukan. Lalu jika ingin keluar dari menu fastboot maka bisa mengetikan perintah “Fastboot Reboot.”

Jadi itulah 2 cara mengetahui unlock bootloader di Xiaomi yang dapat dilakukan oleh masing-masing pengguna. Pengguna dapat menggunakan cara sesuai dengan tipe ponsel Xiaomi yang dimilikinya.

Originally posted 2022-03-08 09:12:18.