5 Cara Mengatasi System Launcher Tidak Menanggapi Pada Xiaomi

Bagi pengguna ponsel Xiaomi pasti pernah mengalami system launcher pada ponselnya tiba-tiba tidak berfungsi dengan baik. Bahkan, lebih parahnya tidak mau menanggapi perintah yang pengguna inginkan. Hal tersebut pasti akan membuat panik para penggunanya, padahal ada cara mengatasi system launcher tidak menanggapi pada Xiaomi.

5 Cara Mengatasi System Launcher Tidak Menanggapi Pada Xiaomi

Pengguna dapat menggunakan cara berikut ini agar bisa mengatasi masalah tersebut :

1. Hapus Cache

Sampah yang menumpuk pada sebuah aplikasi atau sistem sering disebut dengan cache. Sampah cache ini sering dilupakan dan tidak dibersihkan secara rutin, sehingga hasilnya akan membuat kinerja ponsel menjadi lambat. Salah satunya yaitu berpengaruh terhadap sistem launcher yang bekerja di dalam ponsel Xiaomi.

Cara untuk membersihkan sampah cache begitu mudah serta bisa dilakukan oleh sebagian pengguna. Pengguna tinggal pergi menuju ke menu pengaturan pada ponsel lalu carilah menu “Peluncur Sistem” atau biasa disebut dengan “System Launcher”. Setelah itu bukalah menu tersebut dan lakukan penghapusan sampah cache. Nah, jika sudah bersih launcher akan bekerja kembali dengan normal.

2. Perbarui MIUI

Cara mengatasi system launcher tidak menanggapi pada Xiaomi adalah dengan memperbarui sistem MIUI pada ponsel. Sistem yang tidak pernah diperbarui pasti pada ponselnya akan terus mendapatkan pemberitahuan untuk memperbaikinya. Hal ini juga sering diabaikan oleh kebanyakan pengguna dan menganggapnya tidak terlalu penting.

Untuk memperbarui sistem MIUI pengguna bisa dengan menggunakan cara pergi ke menu pengaturan lalu cari menu tentang ponsel. Setelah itu pada menu tersebut akan muncul sebuah fitur untuk memperbarui sistem, ketuk menu tersebut untuk melakukan pembaruan. Pengguna juga bisa langsung memperbarui sistem jika tiba-tiba muncul pemberitahuan untuk melakukan pembaruan sistem.

3. Hapus Virus

Sebuah ponsel kadang memiliki banyak sekali virus dan tidak disadari oleh para penggunanya. Virus yang bersarang di ponsel ini bisa jadi muncul karena sebuah aplikasi yang tidak resmi. Bisa juga datang dari sebuah website yang sebelumnya pernah dibuka oleh penggunanya. Virus tersebut dapat menyebabkan system launcher di ponsel tidak bekerja dengan baik.

Agar virus tersebut bisa hilang, pengguna bisa menggunakan beberapa aplikasi penangkal virus yang sudah tersedia di Play Store. Pengguna juga bisa menggunakan aplikasi pembersih bawaan dari ponsel. Sebaiknya, bersihkan ponsel secara berkala agar tidak ada virus yang menyerang. Selain itu, dengan membersihkan ponsel dapat membuat ponsel bekerja lebih baik lagi.

4. Restart Ponsel

Cara berikutnya yaitu bisa dengan restart ponsel atau menghidupkan kembali ponsel. Teknik satu ini dianggap paling ampuh oleh sebagian orang. Selain itu, juga tidak memerlukan langkah lain untuk melakukannya. Cara ini bisa dicoba untuk mengatasi system launcher yang tidak mau menanggapi.

Pengguna hanya perlu menekan tombol power yang terletak di bagian pinggir ponsel. Setelah itu akan muncul beberapa opsi. Pilihlah menu restart atau hidupkan kembali, lalu tunggulah hingga ponsel mati dan hidup kembali dengan sendirinya. Jika sudah hidup lagi, cek kembali apakah system launcher sudah normal lagi atau belum.

5. Ubah ke Setelan Pabrik

Jika cara di atas tidak ada yang berhasil digunakan dengan baik. Maka, jalan keluar yang terakhir adalah dengan mengatur ponsel ke setelan awal pabrik. Namun, cara ini akan membuat semua data yang ada di ponsel hilang. Oleh karena itu, pengguna bisa memindahkan datanya terlebih dahulu.

Cara untuk kembali ke setelan pabrik adalah dengan menggunakan menu pengaturan di ponsel. Bukalah menu pengaturan lalu cari menu sistem dan carilah lagi menu reset ponsel. Jika sudah klik menu tersebut lalu pilih opsi untuk melakukan setelan pabrik. Ponsel akan mati secara otomatis, jika proses sudah selesai ponsel akan hidup kembali. Pengguna bisa langsung mengeceknya apakah system launcher sudah bisa bekerja atau belum.

Nah, itulah cara mengatasi system launcher tidak menanggapi pada Xiaomi yang bisa dilakukan oleh semua pengguna. Cara di atas sangat mudah dilakukan serta tidak perlu menggunakan aplikasi apapun untuk melakukannya. Selain itu, dengan menggunakan cara di atas juga dijamin dapat membuat ponsel dapat bekerja dengan lebih baik lagi.

Originally posted 2022-03-08 18:18:00.