Cara Menghapus Akun Google di HP Xiaomi Paling Simple

Cara Menghapus Akun Google di HP Xiaomi – Tidak ada salahnya cara menghapus akun Google di HP Xiaomi perlu diketahui. Pasalnya, memang akun Google ini memberikan kemudahan bagi pengguna HP Xiaomi terhubung dengan berbagai layanan yang disediakan oleh pihak Google. Akan tetapi, akun Google ini bisa menjadi bumerang bagi pemiliknya, jika HP digunakan oleh pihak yang salah.

Akun Google memuat berbagai informasi terkait data pribadi yang penting, sehingga jika diketahui oleh pihak yang menyalahgunakan akan berbahaya. Maka dari itu, sangat disarankan jika ingin berganti HP atau perangkat, entah itu karena rusak dan alasan lainnya harus menghapus akun Google terlebih dahulu.

Cara Menghapus Akun Google di HP Xiaomi

Berikut ini akan diulas mengenai cara menghapus sebuah akun Google di HP Xiaomi:

#TRENDING  Cara Memperbaiki Kontras HP Xiaomi Tidak Berfungsi, Dijamin Berhasil!

1. Menuju ke Menu Pengaturan pada Perangkat HP Xiaomi

Mudah sekali sebenarnya cara menghapus akun Google di HP Xiaomi. Aplikasi dari Playstore juga tidak perlu didownload untuk melakukan cara ini. Jika sebelumnya, pada HP Xiaomi dilengkapi dengan sistem otomatis untuk menghapus akun Google. Sementara, pada HP Xiaomi versi terbaru tidak lagi demikian.

Diperlukan cara manual yang menggunakan menu pengaturan atau setting. Menu pengaturan ini merupakan menu bawaan dari sistem HP Xiaomi. Temukan menu pengaturan dalam daftar menu dan buka opsi menu tersebut.

2. Temukan Opsi Menu Akun dan Sinkronisasi

Setelah menu pengaturan dibuka, selanjutnya temukan opsi menu akun dan sinkronisasi. Bagi HP Xiaomi yang menggunakan Bahasa Inggris, temukan opsi menu Account and Sync. Caranya, dengan menggulirkan kursor ke bawah. Biasanya terletak pada bagian bawah.

Opsi menu Akun dan Sinkronisasi memuat pengaturan akun yang tersinkronisasi pada perangkat. Pada HP Xiaomi akun yang terpaut sama seperti pada sistem perangkat android. Seperti misalnya akun Google, email, dan akun-akun lainnya.

3. Pilih Opsi Menu Google

Pada opsi menu Akun dan Sinkronisasi terdapat menu-menu. Pilih menu Google. Pada menu tersebut kemudian akan ditampilkan beberapa akun-akun Google yang aktif dan berada pada posisi log in.

Biasanya akun Google akan terhubung dengan Playstore dan berbagai layanan milik Google. Seperti aplikasi layanan gmail, youtube, media sosial, dan masih banyak lagi. Inilah, mengapa jika akun google dihapus dari perangkat, maka layanan Google yang bisa diakses melalui perangkat itu menjadi terbatas. Seperti misalnya, pengguna yang telah menghapus akun Google tidak bisa mendownload aplikasi lain dari Playstore.

#TRENDING  6 Cara Mengatasi WiFi Lemot di HP Realme C2 Dengan Mudah

4. Pilih Akun Google yang akan Dihapus dari Perangkat

Setelah itu, akan ditampilkan beberapa akun Google yang terpasang dan tersinkron dengan perangkat HP Xiaomi. Pilih satu atau beberapa akun yang ingin dihapus. Ketuk pada bagian akun google yang dipilih.

5. Klik Hapus Akun

Kemudian, setelah memilih akun Google yang akan dihapus, selanjutnya pilih opsi menu “Hapus Akun”. Apabila perangkat HP Xiaomi yang memakai Bahasa Inggris, pilih opsi menu “Remove Account”. Lalu, akan muncul kotak dialog konfirmasi.

Kotak dialog yang muncul tersebut menyatakan konfirmasi persetujuan apakah akun Google benar-benar akan dihapus atau tidak. Terdapat dua opsi, ya dan tidak. Klik tombol “Ya” untuk memulai proses penghapusan akun Google. Tunggu sampai proses tersebut selesai. Setelah akun Google dihapus, akun tersebut tidak akan muncul pada perangkat tersebut.

#TRENDING  Cara Mengetahui Unlock Bootloader di Xiaomi dengan Mudah

Sangat mudah, bukan? Cara menghapus akun Google di HP Xiaomi wajib diterapkan supaya data-data pribadi yang ada pada tetap tersimpan dengan aman. Gunakan cara-cara tersebut ketika diperlukan saja, misalnya saat HP akan dijual. Pasalnya, jika HP Xiaomi masih dipakai, melakukan hal tersebut akan mengakibatkan terbatasnya penggunaan layanan dari Google.