Cara Merekam Layar di HP Samsung A11 Biar Semakin Rajin Bikin Konten

Cara Merekam Layar di HP Samsung A11 – Galaxy A11 belum memiliki screen recorder bawaan, sehingga jika ingin menggunakan fitur tersebut harus memasangnya sendiri. Memang wajar akhirnya banyak pengguna yang kurang puas, alhasil harus belajar cara merekam layar di HP Samsung A11 secara mandiri. Pasalnya apabila tidak ada fitur tersebut, maka tidak banyak yang bisa dilakukan pada Pengaturan atau Setelannya.

Screen recorder yang bagus memiliki kualitas gambar yang dapat diatur sesuai keinginan, yakni ke HD maupun ke Full HD. Fitur penting ini dapat digunakan untuk merekam kegiatan yang ada di layar ponsel. Cara rekamnya pun dapat dilakukan baik melalui aplikasi tambahan maupun tidak.

Cara Merekam Layar di HP Samsung A11 Untuk membuat konten

Supaya lebih jelas dan paham bagaimana cara merekam layar di hp samung A11 , ikuti penjelasan di bawah ini.

1. Perekaman Tanpa Aplikasi

Screen recorder tanpa aplikasi merupakan cara merekam layar di HP Samsung A11 melalui fitur bawaan ponsel. Metode ini merupakan solusi yang tepat jika tidak ingin ribet dan mudah diterapkan. Fitur ini dapat dijumpai secara Default di bagian notifikasi bar pada HP. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa diikuti, yaitu:

  • Gunakan Swipe Down. Langkahnya adalah Swipe Down pada Status Bar > klik Rekam Layar atau Screen Recorder. Buka Setting > pilih Advanced Setting > ketuk Screen Recorder.
  • Aktifkan Pengaturan Suara. Pada menu ini ada opsi No sound, Media sounds serta Media sounds and mics. Pilih mana yang diinginkan, lalu ketuk Start Recording atau Mulai Merekam.
  • Mulailah Merekam. Saat merekam akan muncul tampilan hitungan mundur dan tunggulah beberapa saat hingga selesai. Selanjutnya, overlay kamera depan menampilkan menu Picture in Picture feature.
  • Ketuklah Tombol Stop. Ketuklah tombol Stop untuk menghentikannya, maka layar akan mati secara otomatis. Apabila ingin melakukan editing dapat masuk ke Fitur Lanjutan atau Advanced Features.
  • Lakukan Pengecekan. Video dapat dilihat di Folder My Files dan pilih Internal Storage. Apabila ingin menontonnya bisa lihat di Galeri atau Video Player.
#TRENDING  5 Cara Mengatasi System Launcher Tidak Menanggapi Pada Xiaomi

 2. Perekaman Menggunakan Aplikasi

Mobizen Screen Recorder merupakan cara merekam layar di HP Samsung A11 yang mudah digunakan dengan bantuan aplikasi. Jumlah fitur yang dimiliki cukup banyak dan dijamin tanpa root. Selain itu, Smartphone dapat juga dihubungkan ke PC untuk mengelola file yang ada, melihat foto, menyimpan dan menghapus berkas. Berikut ini adalah tutorial langkah menggunakannya, yaitu:

  • Lakukan Install Aplikasi. Unduh dan install Mobizen Screen Recorder di HP Samsung. Seperti biasa, cari aplikasi tersebut di Samsung Galaxy Store atau Google Play Store.
  • Lakukan Setup. Setelah berhasil diinstall, maka buka aplikasi tersebut serta lakukan proses setup. Bagi pengguna baru, biasanya akan ada penawaran untuk beralih ke layanan premium. Hal ini bisa disesuaikan tergantung kebutuhan masing-masing.
  • Mulailah Proses Merekam. Buka tampilan layar yang ingin direkam > klik Overlay > klik kamera Video.
  • Klik Tombol Stop. Bila ingin mengakhiri proses merekam > ketuk tombol Overlay > klik Stop yang terletak di sampingnya.
  • Lakukan Pengecekan. Hasil rekaman akan tersimpan secara otomatis di memori HP. Lakukan Pengecekan dengan membuka File Manager dan cari folder DCIM.
#TRENDING  5 Cara memperbaiki HP Android Macet Tanpa Mengeluarkan Biaya

Itulah tahapan terkait cara merekam layar di HP Samsung A11 yang perlu diketahui dan mudah dilakukan oleh pengguna. Jika tidak ingin ribet serta butuh metode yang simple, maka menggunakan aplikasi adalah solusi terbaiknya. Baik menggunakan pilihan aplikasi maupun tidak, cara di atas merupakan opsi yang menarik dan patut dicoba apabila ingin merekam layar.