3 Cara Backup Kontak Android Ke iPhone Paling Parktis

Cara Backup Kontak Android Ke iPhone – Bagi pengguna android yang baru saja pindah ke iPhone, pastinya banyak sekali hal penting yang harus dilakukan. Misalnya, harus memindahkan kontak dari Hp Android sebelumnya. Memindahkan secara manual pasti rasanya merepotkan. Tapi tenang saja, ada cara backup kontak android ke iPhone yang praktis.

Cara Backup Kontak Android Ke iPhone

Cara-cara ini akan memudahkan pengguna dalam mentransfer data kontak. Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Gunakan Akun Google

Cara ini termasuk backup kontak android ke iPhone yang paling mudah. Bahkan, jika pengguna sudah lama menggunakan Android dengan akun google. Bisa jadi, semua data kontak sudah disinkronkan ke akun Google. Pastikan akun Google sudah mencadangkan data di perangkat android, lalu ikuti cara di bawah ini:

  • Buka Pengaturan Hp Android. Pastikan koneksi internet sudah aktif ketika melakukan cara ini. Buka “pengaturan” di Hp android. Gulir sampai ke pilihan “akun”. Kemudian, ketuk akun google yang biasa digunakan.
  • Sinkronisasi Data di Akun. Cara kedua, klik “sinkronisasi akun”. Kemudian, klik pada icon tiga titik untuk mensinkronkan semua data. Apabila ingin mencadangkan kontak saja, matikan saklar di pilihan kontak. Lalu, hidupkan kembali pada saklar pilihan kontak saja.
  • Buka Pengaturan di iPhone. Bukalah Hp iPhone, lalu buka menu Pengaturan. Klik pada pilihan “mail”. Kemudian, Klik pada pilihan “akun”. Klik pada pilihan “tambahkan akun”. Masukkan akun google yang digunakan untuk sinkron data di Android. Pastikan saklar di pilihan kontak dihidupkan. Maka data kontak android pun otomatis tersimpan di Hp iPhone.
#TRENDING  Cara Memindahkan Data iPhone lama ke iPhone Baru Menggunakan iTunes, Simple!

2. Gunakan VCF

VCF atau VCard File merupakan pilihan untuk pengguna yang sulit untuk mencadangkan data melalui cloud. Kelemahannya, pengguna harus memilih kontak yang ingin dicadangkan dengan cara manual. Namun, cara ini termasuk sederhana dan mudah. Berikut langkah-langkah membuat VCF untuk backup kontak ke iPhone:

  • Pertama, Buka aplikasi kontak di android. Buka perangkat Android Anda dan lanjutkan ke aplikasi Contacts.
  • Klik pada tombol menu yang berbentuk tiga titik. Pilih opsi Import/export > Export ke penyimpanan.
  • Nanti akan muncul, pop up “import vcf from your device.”
  • Klik Export, maka file VCard kontak telah dibuat. Opsi ini mungkin agak berbeda tergantung ponsel Android yang digunakan.
  • Selanjutnya, tinggal kirim VCF kontak ke iPhone melalui iTunes atau email.

3. Gunakan Aplikasi Move to iOS

Sebenarnya Apple membuat sebuah aplikasi khusus bernama Move to iOS di Google Play Store. Sesuai namanya, kegunaan aplikasi ini adalah memindahkan data-data di perangkat Android. Misalnya seperti kontak, dokumen, foto, email, dan video. Berikut cara menggunakannya ;

  • Unduh aplikasi Move to iOS melalui Aplikasi Google play store. Ketika sudah diunduh, install dan buka aplikasinya.
  • Ketika aplikasinya sudah terbuka, klik pada pilihan “Move Data from Android.”
  • Nyalakan ponsel iPhone yang baru di reset atau baru dibeli.
  • Lalu, masukkan pin yang ada di iPhone ke aplikasi move to iOS. Maka kedua perangkat tersebut akan terhubung dan melakukan proses data.
#TRENDING  6 Cara Mengatasi WiFi HP Samsung yang Tidak Bisa Connect

Tunggu hingga proses transfer selesai. Maka semua data di Hp android akan pindah ke iPhone. Sayangnya, cara ini juga memiliki kekurangan yaitu, fitur ini hanya dapat digunakan untuk perangkat yang baru dibeli saja.

Itulah cara backup kontak android ke iPhone yang praktis. Bagaimana, langkahnya cukup mudah, bukan? 3 Metode di atas pastinya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Pilihlah cara yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan pengguna. Selamat mencoba.