Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Drive di HP Android

Cara Menggunakan Google Drive – Google Drive adalah salah satu dari banyak aplikasi bawaan di Hp Android yang berfungsi sebagai penyimpanan file dan dokumen gratis. Tentunya akan sangat berguna apabila pengguna memahami cara menggunakan Google Drive di Hp Android. Siapa pun bisa menggunakannya asalkan telah mengetahui berbagai fitur yang dimilikinya.

Aplikasi Google Drive ini juga memiliki banyak kegunaan yang dapat memudahkan pengguna untuk mengelola file. Jika penasaran bagaimana cara menggunakannya untuk membantu pekerjaan sehari-hari, maka simak ulasan berikut ini:

1. Menyimpan Berkas

Cara Menggunakan Google Drive Di Hp Android paling utama adalah untuk menyimpan berkas. Dalam hal ini, bukalah menu “File Manager” atau “File Explorer” di ponsel Android. Jika berkas yang akan disimpan adalah berupa video atau foto, maka buka galeri Hp. Pilih satu atau beberapa file yang ingin disimpan, lalu klik pilihan send yang ada pada bagian bawah file. Klik pada pilihan “Save to Drive” dan tunggulah hingga proses unggah selesai.

#TRENDING  5 Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid di Ponsel

2. Mendownload File dari Google Drive

Mengunduh berkas-berkas dari Google Drive ini pun mudah sekali. Tinggal Buka aplikasi Google Drive atau dapat langsung membukanya dari link file yang dibagikan orang lain. Lalu, pilih satu atau beberapa file yang ingin diunduh. Klik pada menu tiga titik yang ada pada sebelah kanan atas aplikasi, barulah klik download dan tunggu hingga prosesnya selesai.

3. Membuka dan Menambahkan File dari Excel atau Word

Sebenarnya untuk membuka file Spreadsheet atau Word memerlukan aplikasi tambahan. Biasanya pengguna perlu memiliki aplikasi Google Docs (Dokumen). Setelah aplikasinya terinstal, buka Aplikasi Google Drive dan klik pada berkas yang ingin dilihat. Setelah itu, dokumen tersebut akan muncul dan bisa dilihat melalui Google Docs. File itu juga bisa diedit melalui aplikasi tersebut secara mudah.

#TRENDING  Cara Mengatasi Layar HP Terlalu Sensitif agar Nyaman Memakainya

4. Melakukan Scan dan Convert File ke PDF

Google Drive ternyata juga bisa digunakan untuk scan dokumen menjadi PDF. Caranya yaitu dengan membuka Google Drive dan klik ikon(+). Kemudian arahkan ke dokumen yang ingin di scan. Klik tombol foto untuk mengambil gambar. Setelah itu, tinggal save foto tadi dalam bentuk file PDF.

Google Drive tidak hanya dapat mengubah file yang baru difoto saja, namun juga dapat mengubah file yang sudah tersimpan di Hp menjadi PDF. Caranya tinggal pilih dokumen yang ingin diubah melalui aplikasi Google Drive. Nantinya akan muncul laman aplikasi Google Dokumen. Klik pada titik tiga di kanan atas aplikasi satu ini, kemudian klik “Share & Export” dan Pilih “save as” pada pilihan PDF. File pun nantinya sudah berubah menjadi format PDF.

5. Mem-backup File Android di Google Drive

Fitur ini sangat berguna untuk mencadangkan file penting yang ada di Hp. Apabila perangkat hilang atau mengganti dengan yang baru, maka tinggal buka file yang sudah dicadangkan. Caranya cukup mudah, yaitu buka menu pengaturan di ponsel Android dan klik pada pilihan akun Google. Setelah itu, Klik “Backup” dan pastikan saklar “backup to Google Drive” menyala. Tunggu hingga proses back up selesai dan file pun bisa diakses kembali.

#TRENDING  Pilihan Game Penghasil Uang yang Sedang Menjadi Tren

Itulah beberapa cara menggunakan Google drive di Hp Android yang lengkap. Selain gratis, aplikasi ini pun banyak memiliki fitur pengolahan file, sehingga pengguna tidak perlu lagi menginstal aplikasi pengolah file lainnya dan tetap bisa melakukan backup berbagai file penting.