Cara Merawat HP Android Agar Tidak Lemot

Cara merawat hp android – Memiliki HP pintar merupakan keistimewaan tersendiri bagi pemiliknya, tetapi masalah yang sering terjadi adalah ketika performanya menjadi lambat. Tentu saja hal ini seringkali mengakibatkan pengguna menjadi emosi, serta tidak bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan. Oleh karena itu, ada beberapa cara merawat HP Android agar tidak lemot harus diketahui oleh para penggunanya.

Untuk menjadikan HP tidak lemot, tentunya perlu mengerti apa saja penyebab dan cara merawatnya dengan benar. Berikut ini adalah informasi lengkapnya yang perlu disimak, yaitu antara lain:

Penyebab Lambatnya Performa Ponsel Android

Ada beberapa penyebab dari performa HP yang mengalami gangguan dalam kinerjanya. Kasus ini dapat terjadi karena adanya faktor dari internal dan eksternal yang membuatnya bekerja tidak maksimal. Berikut adalah faktor penyebabnya, yaitu:

  • Memori Internal Sangat Penuh. Setiap HP pasti memiliki memori internal yang biasa digunakan sebagai penyimpanan data dalam ponsel. Namun jika memori tersebut penuh, maka akan berakibat fatal dan menyebabkan penurunan performa ponsel.
  • Banyak Aplikasi yang Tidak Sesuai. Pengguna Android bisa dibilang selalu memasang aplikasi yang tidak sesuai dengan kondisi memori internal atau eksternal, sehingga ponsel akan terasa lebih lambat. Hal ini dikarenakan banyaknya aplikasi yang aktif, serta membuat penumpukan dan mengambil ruang penyimpanan pada slot memori internal.
  • Kualitas Baterai Mulai Menurun. Secara umum, ponsel yang baik dapat dilihat pada titik maksimal setelah 2-3 tahun pemakaian. Biasanya baterai akan terasa panas dan kinerjanya pun jadi menurun. Hal tersebut terjadi apabila proses charging yang terlalu lama, atau ketika baterai dalam keadaan habis total.
#TRENDING  Cara Mengatur Sensitif Layar Android Patut Dilakukan

Cara merawat hp android Agar Tidak Lemot

Setelah mengetahui penyebab dari lemotnya HP Android ketika digunakan, maka ada baiknya mengetahui beberapa hal mengenai cara merawatnya yang benar. Berikut ini adalah diantaranya yang perlu diketahui, yaitu antara lain:

1. Ketahui Kapasitas Memori Ponsel

Kapasitas HP Android dalam segala merek bisa dibilang cukup berbeda. Oleh karena itu, sesuaikan berapa kapasitas data yang akan disimpan dalam ponsel maupun data yang akan diletakkan dalam tempat yang berbeda. Jangan sampai HP mengalami kepenuhan memori yang mengakibatkan hp nge-lag.

2. Cara merawat hp android dengan update Software Pada HP

Cara merawat hp Android agar tidak lemot berikutnya ini dikhususkan untuk para penggemar game online. Hal ini dikarenakan game seringkali menghabiskan banyak RAM dan memori. Oleh karena itu, rajin meng-update software HP sangatlah disarankan agar performa maupun kinerja ponsel tidak menurun. Apabila dibiarkan secara terus-menerus, maka mengakibatkan HP mengalami lemot yang parah.

#TRENDING  Cara Mengetahui Unlock Bootloader di Xiaomi dengan Mudah

3. Kurangi Penggunaan Widget

Widget pada ponsel biasanya akan menghabiskan ruangan memori internal. Penyebabnya adalah karena aktifnya widget yang memerlukan banyak ruang. Meskipun akan terlihat cantik di dalam ponsel, tapi percayalah widget hanya akan memakan banyak ruang penyimpanan di ponsel. Jadi, pilihlah beberapa widget yang penting dan digunakan saja.

4. Hapus Aplikasi Yang tidak Pernah Dipakai

Terkadang memiliki Android yang canggih akan membuat pengguna menjadi rakus dalam menginstal berbagai macam kebutuhan. Hal inilah yang akan membuat memori ponsel cepat habis dan membuat performanya jadi menurun.

Cara merawat HP Android agar tidak lemot paling ampuh adalah melalui penghapusan aplikasi yang tidak terlalu penting untuk digunakan lagi. Jika diseleksi dengan benar, maka ruang penyimpanan pun menjadi semakin besar dan lebih lega dibandingkan sebelumnya.

#TRENDING  Pahami Arti OEM Pada HP untuk Keamanan

5. Lakukan Factory Reset

Jika HP pengguna telah mengalami hang atau lemot yang parah, maka Factory Reset bisa menjadi alternatif yang tepat untuk mengembalikan kecepatan performa ponsel. Langkah ini juga biasa digunakan dalam penyetelan awal pabrik ponsel untuk meringankan kembali kinerja HP Android. Namun pastikan terlebih dahulu menyimpan data yang ada agar tidak hilang atau terhapus.

Itulah ulasan mengenai beberapa penyebab dan cara merawat HP Android agar tidak lemot parah ketika digunakan. Pastikan tidak mengulangi kesalahan yang sama seperti berbagai penyebabnya di atas agar kinerja ponsel tidak menurun. Segala pekerjaan jadi bisa terselesaikan dengan mudah tanpa mengalami hambatan.