5 Cara Menambah Memori Internal Hp Android Tanpa Root

Cara Menambah Memori Internal Hp Android – Saat ini handphone menjadi salah satu kebutuhan di era digital. Namun banyak sekali dijumpai memori internal yang cepat penuh terutama pengguna handphone android. Untuk itu pengguna perlu mengetahui cara menambah memori internal Hp android tanpa root. Karena Sebagian besar cara untuk menambah memori internal biasanya mensyaratkan device harus sudah root.

5 Cara Menambah Memori Internal Hp Android

Bagaimana caranya? Simak beberapa langkah cara ini:

1. Bersihkan Sampah Internal

Salah satu cara menambah memori internal Hp android tanpa root dengan mencoba menghapus folder dan file yang tidak perlu. Cara ini efektif untuk pengguna Android versi 5.0 ke bawah. Karena untuk versi diatasnya biasanya sudah lebih praktis tidak perlu sering menghapus berkas sampah.

Ini harus dilakukan karena ketika sistem android bekerja, sistem tersebut akan menyimpan sampah android yang dapat mengakibatkan internal mudah penuh. Karenanya perlu mengetahui cara mensiasati internal penuh meskipun aplikasi yang diinstal sedikit.

#TRENDING  Cara Merawat HP Android Agar Tidak Lemot

2. Gunakan Adoptable Storage

Cara menambah memori internal Hp android tanpa root selanjutnya adalah memanfaatkan fitur Adoptable Storage. Namun perlu digaris bawahi bahwa device yang dapat menggunakan fitur tersebut adalah device yang memiliki OS Android 6.0 Marshmallow ke atas. Fitur Adoptable Storage adalah pengembangan fitur oleh Google selaku pemilik sistem operasi android.

Menggunakan fitur penambah internal dengan Adoptable Storage adalah cara yang aman karena dikembangkan oleh Google sendiri. Maka dari itu sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Cara ini dikeluarkan Google sebagai contoh kepada device Pixel One. Meskipun demikian, banyak handphone dari Samsung, Asus, Sony dan lainnya dapat menggunakan fitur ini.

3. Cara Menambah Memori Internal Hp Android Dengan Memanfaatkan Cloud Storage

Selanjutnya adalah memanfaatkan Cloud Storage yang dapat melegakan memori internal android. Cloud Storage sendiri adalah penyimpanan yang memanfaatkan server lain dengan jaringan internet untuk menyimpan dan mengunduhnya. Pengguna yang memanfaatkan Cloud Storage untuk menyimpan file, maka memori internal di android akan lebih lega dan leluasa.

#TRENDING  Cara Live Streaming Youtube Di Iphone / Android

Banyak sekali jenis Cloud Storage yang bisa dimanfaatkan, sebagai contoh adalah memanfaatkan Google Drive. Selain itu, biasanya setiap device android memiliki Cloud Storage masing-masing. Jadi sudah tidak ada alasan lagi memori internal android penuh.

4. Gunakan OTG USB

OTG USB adalah semacam alat penyimpanan dan mentransfer data yang fungsinya semacam dengan flashdisk. Pengguna hanya peru menancapkan OTG USB ke android dan dapat langsung digunakan. OTG USB juga memiliki kapasitas memori yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan. Namun OTG USB dianggap kurang efektif karena harus menancapkannya di handphone terus.

Apabila dilepas data akan masuk di OTG USB, namun jika sering melepas dan memasang OTG USB dapat merusak port device tersebut. Karena itu cara ini dianggap riskan dan kurang direkomendasikan. Cara kerja dari OTG USB juga berbeda dengan membersihkan file dari internal android. OTG USB bekerja dengan memindahkan file ke dalam OTG tersebut.

5. Pasang Aplikasi Penambah Memori

Cara selanjutnya adalah dengan mendownload aplikasi penambah internal memori android. Aplikasi semacam ini mudah ditemukan di berbagai platform pengunduh aplikasi. Sebagai contoh di Google Play Store, Apk pure dan semacamnya. Namun cara ini harus dipertimbangkan dan diteliti terlebih dahulu apakah aplikasi yang akan di download worth it atau tidak.

#TRENDING  Inilah Cara Melewati Aktivasi iPhone dengan Mudah

Karena apabila keliru dalam memilihnya, bisa jadi aplikasi tersebut memberatkan dan memakan internal android lebih banyak. Banyak juga aplikasi penambah memori internal namun mewajibkan penggunanya untuk root Hp terlebih dahulu. Untuk itu perlu dipahami dan membaca deskripsi mengenai aplikasi tersebut.

Lima cara menambah memori internal Hp android tanpa root diatas dapat digunakan untuk melegakan internal handphone. Pengguna dapat memilih salah satu cara yang dirasa paling cocok. Apabila akan menggunakan kelima cara tersebut juga bisa.