5 Cara Mengatasi Sinyal Lemah Pada Hp Android Paling Mudah

Saat ini kebutuhan internet sangat penting dan tidak bisa ditinggalkan oleh sebagian besar orang. Namun jika sinyal internet lemah, itu menjadi hal sangat menyebalkan dan menghambat aktivitas. Untuk itu pengguna internet khususnya pengguna android harus mengetahui cara mengatasi sinyal lemah pada Hp android.

Cara Mengatasi Sinyal Lemah Pada Hp Android

Berikut langkah-langkah untuk cara mengatasi sinyal lemah pada hp android yang bisa anda coba , yaitu sebagai berikut ini :

1. Merestart Data Seluler

Cara mengatasi sinyal lemah pada Hp android yang paling mudah adalah dengan merestart data seluler. Cara tersebut merupakan yang paling sering dilakukan banyak orang . Terkadang ketika berada di kota yang jaringannya bagus, bisa saja sinyal Hp hilang tiba-tiba. Hal semacam ini bisa terjadi karena banyak yang menggunakan jaringan tersebut.

#TRENDING  5 Cara Agar Kamera Samsung Jernih Seperti Baru

Caranya sangat sederhana, pengguna hanya perlu mematikan data beberapa saat kemudian dihidupkan kembali. Memang terlihat mudah namun dampaknya bisa membuat sinyal menjadi lancar. Tujuan dari cara ini adalah merefresh kekuatan dari Android dalam menangkap sinyal.

2.Nyalakan Airplane Mode

Airplane mode juga sering disebut dengan istilah mode pesawat. Mode pesawat akan mematikan jaringan seluler sementara. Setelah dinyalakan, cobalah tunggu beberapa detik, atau hingga satu menit. Kemudian matikan lagi airplane mode tersebut. Tunggu hingga muncul Kembali jaringan dari provider, dan cobalah perbedaannya. Jika masih sama saja kemungkinan jaringan memang bermasalah.

3. Atur APN Provider

Cara mengatasi sinyal lemah pada Hp android yang lebih manjur adalah dengan mensetting APN dari provider jaringan tersebut. Sebelumnya, sebaiknya dalam membeli paket data disesuaikan dulu dengan jenis jaringan yang dimiliki android tersebut. Karena terkadang provider dengan paket data 4G akan kurang maksimal dan tidak bisa digunakan untuk jaringan 3G.

Cara mensetting APN adalah dengan membuka pengaturan di android tersebut. Kemudian pilih menu SIM and Network atau SIM dan jaringan internet. Pilih operator yang akan di setting dan atur sesuai settingan provider tersebut, karena setiap provider memiliki settingan APN masing-masing.

#TRENDING  Cara Flash Hp Samsung dengan Mudah dan Cepat

4. Ganti Provider Seluler

Cobalah mengganti provider atau operator seluler karena saat ini bisa saja jaringan sebuah provider sering bermasalah. Jika sebelumnya lancar saja, bukan berarti jaringan dari provider tersebut selalu baik. Cobalah dengan membeli perdana yang paling murah untuk mengecek kualitas sinyalnya.

Sebelumnya juga sebaiknya cek kekuatan sinyal dari operator tersebut. Mengeceknya bisa dengan membuka pengaturan, about me, dan pilih signal strength atau kekuatan sinyal. Nanti akan muncul angka dengan satuan dBm, semakin kecil dBm maka tandanya sinyal semakin baik.

5. Restart Hp Android

Cara yang terakhir adalah dengan melakukan restart pada android. Ini bisa menjadi salah satu alternatif karena bisa saja ada masalah dalam penangkap sinyal di android tersebut. Restart android dapat merefresh dan mensetting kembali penangkap sinyal di android.

Cara terakhir ini memiliki kemungkinan berhasil lebih banyak apabila empat cara sebelumnya hasilnya tidak memuaskan. Namun sebelum melakukan restart android pengguna harus mengetahui caranya terlebih dahulu. Sebaiknya mencari tutorial cara merestart android terlebih dahulu sebelum melakukannya.

#TRENDING  Cara Mengatasi HP Samsung Mati Hidup Sendiri, Lakukan ini

Jika sinyal android lemah, cobalah lima cara mengatasi sinyal lemah pada Hp android diatas. Barangkali dengan mencoba salah satu saja sinyal sudah normal. Jika sudah mencoba kelima cara tersebut namun masih gagal, kemungkinan yang bermasalah adalah Hp yang sudah rusak jadi sebaiknya coba cek ke tempat service untuk diperbaiki.