4 Cara Mengembalikan Keyboard Hp Realme Seperti Semula

Cara Mengembalikan Keyboard Hp Realme – Tampilan dari keyboard bawaan terlihat membosankan sehingga pengguna Realme mulai menginstal keyboard yang lebih menarik. Namun terkadang aplikasi keyboard ini juga menyebabkan masalah pada Hp seperti membuat Hp error. oleh sebab itu pengguna kembali menggunakan keyboard bawaan. Cara mengembalikan keyboard Hp Realme seperti semula, bisa dilakukan dengan cara berikut.

Cara Mengembalikan Keyboard HP realme Bawaan

Dengan alasan tertentu, pengguna mungkin ingin mengembalikan keyboard bawaan Realme dan menggantikan aplikasi keyboard yang diinstal. Untuk menggantinya tidaklah sulit. Selengkapnya simak penjelasan berikut ini:

1. Mengecek Pengaturan

Pertama, cara mengembalikan keyboard Hp Realme seperti semula bisa dilakukan melalui pengaturan di Hp Realme pengguna. Untuk melakukannya pengguna hanya perlu membuka pengaturan Hp kemudian pilih pada menu ‘bahasa dan masukan’. Selanjutnya akan muncul keyboard default.

Klik pada tulisan tersebut dan akan muncul pilihan keyboard yang ada di Hp. Untuk mengembalikan keyboard Realme seperti semula maka pilih keyboard bawaan Hp. Setelah itu keyboard akan kembali seperti semula dan sudah bisa langsung digunakan.

#TRENDING  Cara Mengubah Tulisan di HP Samsung Tanpa Aplikasi Berkat Inovasi SamsungOne

2. Mengecek Notification Bar

Selain melalui pengaturan, pengguna Realme juga bisa mengubah keyboard melalui notification bar. Untuk melakukannya juga cukup mudah. Geser notification bar ke bawah kemudian klik pada ikon keyboard.

Pilih keyboard yang akan digunakan. Jika ingin mengembalikan keyboard ke aslinya maka pilih keyboard bawaan dari Realme. Setelah itu keyboard sudah selesai diganti dan pengguna bisa langsung menggunakannya.

3. Menghapus Aplikasi Keyboard

Selain menggunakan cara di atas pengguna juga bisa mengembalikan keyboard Realme seperti semula dengan cara msnghapus keyboard yang diinstal pada Hp. Hapus semua aplikasi keyboard yang pengguna instal sendiri. Untuk mengetahui caranya simak berikut ini:

  • Buka menu pengaturan Hp.
  • Kemudian pilih pada bagian aplikasi.
  • Temukan aplikasi keyboard yang pengguna instal.
  • Klik aplikasi tersebut kemudian hapus data dan juga cache.
  • Setelah itu uninstall maka keyboard akan otomatis kembali ke keyboard awal dari Realme.
#TRENDING  Cara Pasang Tema Pihak Ketiga MIUI 10 Permanen Tanpa Ribet!

4. Mengembalikan ke Setelan Pabrik

Selanjutnya,  untuk mengembalikan keyboard Realme menjadi seperti semula bisa dengan mereset Hp. Mengembalikan ke setelan pabrik atau mereset Hp dapat membuat semua setelan yang ada di Hp kembali seperti setelan awal. Selain itu semua data yang ada di Hp juga akan hilang. Untuk selengkapnya simak caranya berikut:

  • Back up data terlebih dahulu.
  • Selanjutnya buka menu pengaturan.
  • Kemudian pilih tentang ponsel.
  • Klik tulisan ‘kembalikan ke setelan pabrik.
  • Tunggu hingga proses reset selesai dan Hp kembali menyala. Setelah itu maka keyboard akan kembali seperti setelan awal Hp Realme.

Cara Mengembalikan Keyboard Realme yang Bermasalah

Keyboard Realme juga seringkali mengalami beberapa masalah. Seperti lemot dan juga error yang disebabkan oleh adanya aplikasi keyboard yang pengguna instal dari Play Store. Meskipun terlihat keren nyatanya aplikasi keyboard semacam ini juga menyebabkan berbagai masalah. Untuk itu cara mengembalikan keyboard Hp Realme seperti semula bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Hapus cache Keyboard, sebab cache yang menumpuk dapat membuat kerja keyboard menjadi lebih berat. Untuk menghapusnya, masuk ke pengaturan kemudian pilih aplikasi. Setelah itu cari keyboard dan hapus cache.
  • Mematikan koreksi otomatis. Fitur koreksi otomatis yang ada pada keyboard bisa menyebabkan keyboard menjadi lemot. Hal tersebut karena fitur koreksi otomatis akan aktif terus selama pengguna mengetik.
#TRENDING  Cara Berhenti Berlangganan Viu Premium di iPhone dengan Mudah

Itu tadi adalah cara mengembalikan keyboard Hp Realme seperti semula. Realme sudah menyediakan keyboard bawaan dalam Hp, meski demikian banyak pengguna yang masih menginstal aplikasi keyboard lain. Meskipun memiliki tampilan yang lebih keren, keyboard semacam ini juga bisa membuat kinerja keyboard pada Hp jadi lemot.