5 Solusi Mengatasi Nama Kontak Tidak Muncul di Hp Android

Kontak hp merupakan penghubung agar pengguna smartphone bisa berinteraksi dengan orang lain. Namun kendala yang sering dialami adalah nama kontak tidak muncul di hp Android. Hal ini tentunya cukup mengganggu terutama bagi mereka yang tidak tahu cara mengatasinya. Maka dari itu, pengguna perlu menggunakan bantuan aplikasi maupun mengatasi permasalahan tersebut secara manual.

Solusi Mengatasi Nama Kontak Tidak Muncul di Hp Android

Dengan bantuan aplikasi, maka diharapkan kontak bisa muncul kembali. Sebagai solusinya, pengguna bisa menggunakan beberapa cara berikut, yaitu antara lain:

1. Tambahkan Kontak Secara Manual

Berbicara soal  nama kontak tidak muncul di hp Android, maka solusi pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan kontak kembali secara manual. Cara ini mungkin terbilang merepotkan, namun hal tersebut cukup efektif terutama bagi mereka yang masih awam.

Namun bagi yang sudah lama menggunakan Android, ada cara yang lebih praktis untuk dilakukan. Caranya adalah dengan ekspor kontak ke ponsel. Hal ini bisa dilakukan ketika kontak yang sudah tersimpan sudah sinkron dengan akun Google. Pengguna hanya perlu masuk ke situs contacts.google.com dan klik ekspor. Selanjutnya, klik VCARD dan klik ekspor. Jika proses ini berhasil, maka kontak akan kembali seperti semula.

#TRENDING  Cara Merekam Layar HP Samsung dengan Suara Mudah dan Praktis!

2. Ubah Setting Tampilkan Kontak

Cara mengatasi kontak hilang selanjutnya adalah dengan cara mengubah settingan pada ponsel. Di setiap hp Android tentunya terdapat setting untuk memunculkan beberapa info termasuk kontak atau nomor telepon. Hal ini terbilang cukup efektif dan mudah dilakukan.

Cara melakukannya adalah dengan membuka aplikasi kontak terlebih dahulu. Setelah itu, klik menu setelan atau setting, disana akan muncul opsi untuk memunculkan semua kontak atau tidak. Klik tampilkan semua kontak dan kembali ke menu utama. Kemudian barulah masuk ke menu kontak dan cek apakah kontak yang tersimpan sudah muncul kembali atau belum.

3. Sinkronkan dengan Akun Google

Sinkronisasi dengan akun google merupakan solusi mengatasi nama kontak tidak muncul di hp Android paling efisien dan aman. Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa Google sudah menyediakan tools untuk menyimpan data apapun termasuk kontak di hp. Syarat utamanya jelas, yaitu harus memiliki email aktif yang tersinkronisasi dengan google.

#TRENDING  Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam OPPO

Jika sudah sinkron, maka kemudian lakukan langkah untuk mengembalikan kontak yang hilang. Hal ini cukup mudah dilakukan dan bukan perkara yang sulit. Kemudian jangan lupa masuk ke setting dan pilih menu akun. Setelah itu, klik akun Google dan sinkronkan sekarang. Setelah itu cek kontak apakah sudah muncul atau belum.

4. Hapus Cache

Cache merupakan sebuah data yang tersimpan sementara dan sering tidak terdeteksi. Selain membuat memori menjadi penuh, cache juga bisa menjadi penyebab kontak tidak muncul di hp. Ketika hal tersebut terjadi, maka langkah yang paling tepat adalah membersihkannya.

Cara membersihkan cache sangat simpel, yaitu masuk ke menu setting. Setelah itu, klik menu kontak dan akan muncul kolom cache yang menunjukkan jumlah memori terpakai. Klik hapus cache dan semua cache akan terhapus dengan cepat. Jika sudah, periksa kembali menu kontak.

5. Pakai Aplikasi Tambahan

Solusi menangani nama kontak tidak muncul di hp Android lainnya yang cukup efektif adalah dengan memakai aplikasi tambahan. Ini bisa menjadi opsi terakhir terutama saat aplikasi kontak bawaan tidak bisa dibuka atau mengalami error yang diakibatkan kegagalan sistem. Aplikasi tambahan ini bisa diunduh secara gratis di Playstore.

#TRENDING  Cara Pasang Tema Pihak Ketiga MIUI 10 Permanen Tanpa Ribet!

Langkah pertama adalah masuk ke Playstore dan klik kontak pada menu pencarian. Setelah itu, nantinya akan muncul beberapa opsi aplikasi dengan fitur masing-masing. Jika sudah diinstal, buka aplikasinya dan cek apakah kontak bisa terbaca atau tidak.

Berikut inilah beberapa solusi untuk mengatasi nama kontak tidak muncul di hp Android yang bisa dicoba bagi pengguna yang mengalami kendala tersebut. Cara di atas sangat mudah dan bisa dicoba sendiri bagi para pemula sekalipun. Semoga membantu dan selamat mencoba.