5 Cara memperbaiki HP Android Macet Tanpa Mengeluarkan Biaya

Mengalami HP mendadak macet pada saat digunakan bermain game atau menonton video tentunya sangat menjengkelkan. Pada umumnya, hal tersebut disebabkan oleh penggunaan yang terlalu berlebihan dan melebihi kapasitas ROM maupun RAM HP. Oleh karena itu, pengguna perlu mengetahui bagaimana cara memperbaiki HP Android macet ini tanpa harus mengeluarkan biaya.

5 Cara memperbaiki HP Android Macet

Penggunaan HP yang berlebihan memang rentan menyebabkan permasalahan, sehingga pengguna harus lebih berhati-hati. Lantas bagaimana cara memperbaikinya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

1. Gunakan Custom ROM

Semua jenis HP memiliki sistem yang disebut ROM. Sistem bawaan pabrik ini dinamakan Stock ROM yang berisikan fitur-fitur standar dan terkadang malah berisi aplikasi yang tidak diperlukan. Dengan begitu, aplikasi-aplikasi ini hanya akan membebani kinerja HP sekaligus membuatnya menjadi macet dan nge-lag

Untuk mengantisipasi hal ini, gunakan ROM yang telah mengalami modifikasi dan dinamakan Custom ROM atau CusROM. Menggunakan CusROM terbukti ampuh mencegah HP Android menjadi sering macet dan lemot. Hal ini dikarenakan sudah terdapat aneka fitur yang sudah di update, sehingga kinerja ponsel menjadi lebih ringan.

#TRENDING  Cara Blokir Otomatis Nomor Tidak Dikenal di Hp Samsung

2. Tutup Aplikasi yang Berjalan Bersamaan

Solusi lain yang dapat digunakan untuk memperbaiki HP yang macet adalah dengan menutup aplikasi-aplikasi yang berjalan bersamaan. Pengguna HP biasanya membuka beberapa aplikasi sekaligus tanpa memperhatikan kapasitas RAM yang dimiliki oleh ponsel yang digunakan. Hal ini akan menyebabkan HP langsung lemot dan macet.

Jika ponsel yang digunakan berkapasitas RAM besar, maka membuka banyak aplikasi secara bersamaan tentu bukan masalah besar. Namun jika HP memiliki RAM yang kecil, sebaiknya bijaksana dalam menggunakan aplikasi agar tidak melebihi kapasitas RAM yang dimiliki. Tutup semua aplikasi yang terbuka agar RAM menjadi lebih lega dan kinerja ponsel lancar kembali.

3. Hapus Aplikasi yang Kurang Penting

Cara memperbaiki HP Android macet berikutnya adalah dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang kurang penting dan jarang digunakan. Kehadiran aplikasi yang tidak penting ini hanya akan membebani ruang penyimpanan yang mengakibatkan HP menjadi macet.

#TRENDING  Cara Mengatasi Iphone yang Penuh Memori Paling Efektif

Masuklah ke pengaturan dan periksa beberapa aplikasi yang sudah tidak pernah dibuka dalam jangka waktu lebih dari 2 bulan. Jika terdapat aplikasi semacam ini, maka sebaiknya dihapus agar ruang penyimpanan menjadi lebih luas.

4. Update Sistem Android

HP tipe baru umumnya sudah terupdate otomatis dan selalu mengalami pembaharuan pada Sistem Operasi Android. Namun kadang kala ada beberapa jenis HP yang tidak mendapatkan pembaruan otomatis, sehingga jika  harus dilakukan update secara manual.

Caranya adalah pilih menu Setting di HP, kemudian klik pilihan About Phone. Barulah klik Versi Androiddan tap 3 kali pada versi Android yang tertera. Jika versi Android perlu diperbaharui, maka klik notifikasi pembaharuan tersebut. Hal ini akan membuat kinerja HP menjadi lebih ringan dan anti macet.

5. Lakukan Factory Reset

Cara terakhir mengatasi HP yang sering macet adalah dengan melakukan Factory Reset. Ini adalah cara yang ampuh, namun sebisa mungkin tidak dilakukan. Semua data akan terhapus dari penyimpanan ponsel apabila melakukan pilihan ini. Sebelum melakukan tindakan ini, maka sebaiknya cadangkan file terlebih dahulu atau pindahkan ke memori eksternal.

#TRENDING  Cara Mengubah Tulisan di HP Samsung Tanpa Aplikasi Berkat Inovasi SamsungOne

Demikianlah ulasan mengenai cara memperbaiki HP Android macet dan lemot yang dapat dilakukan sendiri tanpa mengeluarkan biaya. Dengan penggunaan yang wajar, maka ponsel akan terhindar dari masalah dan tentunya lebih awet dan tahan lama. Pastikan untuk lebih bijaksana dalam menggunakan HP dan tidak memakainya secara berlebihan.